March 17, 2016

Apa penyebabnya Rating Blog Turun Secara Tiba-Tiba

Tags

triknews - Apa penyebabnya Rating Blog Turun Secara Tiba-Tiba ! Bagaimanakah cara mengatasi pengunjung atau Rating blog yang merosot turun secara tiba-tiba? cari tahu apa penyebabnya..! faktor penyebab nya pun sangat beragam, hal ini pernah terjadi pada blog saya yang lain yang raib entah kemana dari posisi pencarian goole sekitar 1 bulanan. Bagi seorang blogger atau pun yang berprofesi sebagai internet marketing atau pembisnis online sekalipun, kehilangan trafik dari search engine secara mendadak adalah sesuatu yang sangat merugikan, menurut saya kasus ini bisa di katakan sebagai musibah. Kenapa saya mengakatakan demikian ?

Sama halnya seperti sebuah toko non online atau ruko yang anda kelola , ketika trafik pengunjung yang datang ke toko tersebut mendadak tidak ada lagi karena suatu hal – bilanglah jembatan menuju ke toko itu ambrol rusak parah dan membutuhkan perbaikan dalam waktu yang lama, tentu saja toko itu akan sepi dan tidak ada aktifitas penjualan. Dan kalau hal ini terjadi terus menerus dalam kurun waktu yang cukup lama maka toko itu bisa dipastikan akan bangkrut total.

Peringkat dari mesin pencari Google adalah sesuatu yang sangat berharga bagi kalangan pembisnis atau pun perusahaan yang dikembangkan secara online, lebih-lebih jika website tersebut berada pada 10 besar di halaman pertama hasil pencarian google. Jumlah pengunjung yang datang ke website tentu tinggi.

Sebagai internet marketing atau pembisnis onlin yang memperioritaskan website sebagai media berpromosi dan memasarkan produk unggulanya, seharus nya jeli untuk lebih memperhatikan presentasi rating blognya melalui halaman shearch google, karna statistik rating blog sangat berpengaruh dan sekaligus bisa menjadi bahan tolak ukur incam sebuah perusahaan.

Apa penyebab blog atau website kita mengalami penurunan posisi di SERP Google secara tiba-tiba ? berikut ulasanya.

Berikut 5 faktor penyebab menurunnya trafik pengunjung blog secara tiba-tiba


  Apa penyebabnya Rating Blog Turun Secara Tiba-Tiba
Apa penyebabnya Rating Blog Turun Secara Tiba-Tiba


1. Tersaingi Oleh Blog Lain yang lebih populer :

problem pertama penyebab yang umum terjadi rating blog di SERP menurun akibat tersaingi oleh blog lain. Biasanya blog yang menyaingi adalah blog yang memiliki pagerank tinggi. Atau pemilik blog tersebut mempunyai ilmu SEO yang ampuh yang lebih tinggi, sehingga mereka dengan mudahnya mampu mengambil alih dan menempati posisi halaman satu di SERP, Persaingan Kata Kunci pada materi artikel di era algoritma hummingbird memang sangat saangat ketat ,kalau saya mengatakan ini adalah era perang adu artikel ,ini artinya secara tidak langsung memaksa kita sebagai pengelola blog mau tidak mau harus jenius dan membekali blog kita dengan ilmu SEO yang super canggih yang mampu menghalau blog-blog yang berusaha menyalip angka pagerank blog kita, kaya arena balap motor saja ya... lantas kemanakah kita mencari ilmu seo yang sakti dan super canggih itu ? apa bisa keparanormal seo ? jawabanya ada di bagian bawah... anda tenang saja, baca artikel ini sampai selesai !

Artikel penting : Cara Membuat Blog SEO Friendly 100%

Persaingan kata kunci/kywords ini sebenanrnya sangat tidak dianjurkan bagi blog yang masih baru atau belum memiliki modal apapun untuk bersaing di dalam SERP. Jika anda nekat, tidak menutup kemungkinan maka blog akan tertindas masuk ke bagian terpencil di Halaman Google (ini sangat ironis) Atau, kita tetap maju pantang mundur dan percaya diri serta lebih mempelajari tentang kesaktian ilmu seo dan harus mampu bersaing dengan Postingan Blog lain yang telah berumur dan populer untuk tetap bertahan dalam SERP . boleh nekat tapi harus pake politik dong mas...

2. Efek Dari Google Sandbox :
Google Sandbox adalah hukuman yang diberikan search engine Google pada blog/ website yang menyalahi standard Google search engine. Yang paling banyak mengalaminya adalah situs-situs yang melakukan kegiatan SPAM, baik dari internal maupun dari external website tersebut. Pada saat sebuah blog/ website telah masuk ke dalam Google Sandbox maka blog/ website tersebut tidak akan muncul dalam hasil pencarian Google. Bayangkan efek yang akan terjadi pada bisnis online bila situs kita mengalami Google Sandbox, woow efeknya sangat kejam lhoo..

Situs-situs bisnis di luar Inddonesia , misalnya Amerika, sangat banyak yang terkena efek dari Google Sandbox ini. Kalau untuk situs berbahasa Indonesia saya belum pernah mengalaminya tapi satu dari blog saya trikpos pernah mengalaminya beberapa waktu lalu. Yup, mungkin waktu itu saya menyalahi TOS dari mesin pencari Google.

Untuk mengembalikan situs yang terkena Google Sandbox kembali ke halaman pencarian Google bukan sesuatu yang mudah dan cepat. Walaupun banyak webmaster yang berhasil mengembalikan situsnya ke ‘jalan yang benar’, proses dan effort yang dilakukan ternyata cukup banyak. Biasanya webmaster situs yang terkena hukuman ini melakukan beberapa upaya seperti perbaikan konten menjadi lebih baik, membangun backlinks dari situs-situs authority, dan lain-lain.

3. Perubahan Algoritma Google
Google memang sangat perduli dengan hasil pencarian search engine mereka. Ini terlihat dari perubahan yang cukup besar yang mereka lakukan pada algoritma mereka. Kalau dulu situs-situs ‘robot/ automatic’ sering mendapatkan posisi yang baik di search engine, sekarang situs-situs ‘robot/ automatic’ tersebut sudah banyak yang hilang dari mesin pencari mereka dan lebih mengutamakan situs-situs yang memiliki konten yang original dan terupdate, lantas apa langkah kita untuk mengantisipasi dampak Perubahan Algoritma Google...?

Baca juga : Cara Mengelola Blog di era algoritma hummingbird agar tetap eksis

4. Website Anda Mengandung Malware
Inilah salah satu kecanggihan mesin pencari Google, mereka bisa mengetahui bahwa sebuah blog/ website mengandung malware – kode/ script yang berbahaya bagi pengunjung. Search engine Google akan memberikan peringatan kepada calon pengunjung bahwa website itu mengandung malware yang berbahaya, dan calon pengunjung itu tentu saja tidak mau mengambil resiko membuka sebuah situs yang berbahaya bagi komputernya. Situs-situs yang mengandung malware akan memiliki reputasi yang buruk, baik dari mesin pencari ataupun user. Pada akhirnya situs ini akan ‘terlempar’ dari halaman pencarian di Google.

5. Akibat perubahan alamat domain
Ini sering kali tidak di pikirkan mereka pemilik website , perubahan pada alamat url blog dengan domain bisa membuat pengingat sherp google sedikit terganggu , tetapi ini bersifat sementara karna begitu konsistenya sherp engine memegang memori rating dan posisi sebuah blog dengan mengfilter berdasakan kata kunci pencarian dan kyword

Pindah server atau hosting, dengan pindah server atau hosting ini, biasanya website kita akan menghilang untuk sementara waktu. Jadi sebisa mungkin pastikan server / hosting yang anda pakai sejak awal.


Demikian penjelasan kami mengenai Kenapa Rating Blog Turun Secara Tiba-Tiba ! Apa penyebabnya Semoga bisa menjadi referensi serta bermanfaat bagi anda.

21 komentar

Saya juga pernah mengalami hal ini mas...ketika saya ganti domain..tapi tidak lama kok, setelah itu malah meningkat tajam...

Oh jadi ini faktor penyebabnya, website saya semua turun om ga tahu kenapa. Tapi kemungkinan besar karena pengaruh SEO terbaru mungkin. Karena di website, saya suka menerapkan sistem SEO agar cepat terindeks oleh mesin pencari.

kalo blog saya masih segitu-segitu aja nih mas, padahal dulu rajin bw tapi tetep ya dikit mungkin keyword yang kena cuman dikit kali yah. dan saya masih harus belajar seo nih mas trik, pengunjung turun drastis pernah tuh waktu dulu saya perubahan alamat domain.

wah pngen juga ganti domain mas,heehe gak permanen ya efeknya

saya pernah itu mas kna sandbox, waw kelelep blog saya hehe

Kalo kecepatan blog berpengaruh nggak mas?... Dan boleh tanya rada di luar topik nggak mas, kalo bikin blog loading cepat versi sellular gimana ya? Makasih mas... :)

Kalau template yang sudah di costum ke seluler berarti lambat dan cepat loading nya biasanya sama , ada bebera kasus memang ada perbedaan sedikit antara template versi dekatop dan seluler, terkecuali template yng versi seluler masih defauld ....cek aja di Developmen insig speed mas....nanti akan tahu jelas...

Saya pernah mengalami ini Mas, terkena pinalty google/sandbox. :)

salam kenal dari blogger newbie gan :)
follow google plus ku ya gan hehehe

no 1-3 mngkin prnah saya alami, tp nggak parah2 bnget si

no 1-3 mngkin prnah saya alami, tp nggak parah2 bnget si

Sangat bermanfaat sekali kunjungan saya kali ini ke blog Anda, makasih banyak ya gan? :)

Bahasan yang menarik kang,,, dulu blog saya agak gado - gado,, campur aduk pokonya,,, tapi trafiknya lumayan gede,, kemudian setelah saya merubah blog dan menghapus beberapa artikel yang tidak sesuai denga bahasan blog,, trafiknya turun drastis sampai sekarang,, ah tapi gak apa - apa,, lagian blognya juga bukan buat bisnis heheheh

Menurut saya 5 faktor diatas ada betulnya, karena memang sangat banyak faktor kenapa rating bisa turun tergantung jenis blognya juga. Tambahan dari saya yg masih awam, pergantian template permanen yg terlalu sering juga dapat menyebabkan rating blog turun. :)

iya ada perbedaan mas, kalo versie web cepet, tapi kalo versie selluler agak lambat,,,, makasih mas... :)

ya kunci penting mas agar artikel seluruhnya terindeks di search pencari

blog saya mengadung malware ga ya. cara taunya gimana mas

This comment has been removed by a blog administrator.

Blog saya jiga akhir2 ini turun terus peringkatnya mas, mungkin terkena salah satu faktor di atas.

Terimakasih atas pencerahan via artikelnya. Pasalnya beberawa waktu kebelakang sampai sekarang page view blog terjun bebas dar 10rb/mggu ke 2rb pv/mggu.. Tragiss


EmoticonEmoticon