Cara Memilih Domain Yang Baik dan Seo

triknews - Berikut ini adalah beberapa tips cara memilih DOMAIN yang baik dan SEO untuk situs anda, Memilih nama domain website merupakan hal mendasar yang paling krusial bagi anda yang ingin membuat situs baik itu untuk keperluan pribadi maupun bisnis. Nama domain yang SEO Friendly dapat memudahkan anda menjaring trafik dari Search Engine. Oleh karena itu, nama domain yang SEO friendly dapat meningkatkan trafik blog anda.

Jika anda seorang pembisnis online ataupun seorang blogger profesional, memiliki sebuah situs dengan domain yang unik adalah sesuatu yang anda inginkan karena akan menjadi identitas anda dan situs anda. Diskusi online pun sudah sering dilakukan di forum-forum tentang pembahasan bagaimana cara memilih dan membeli domain yang baik untuk sebuah situs. Kendati demikian masih saja banyak para komunitas blogger yang mungkin masih pada kurang tahu, sebenarnya apa sih pengertian domain itu? Di bawah ini adalah pengertian domain menurut wikipedia:


Cara Memilih Domain Yang Baik dan Seo

Berikut Cara Memilih Domain Yang Seo Untuk Situs Anda


Domain adalah nama unik yang kita buat untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet lainya ,Tetapi bagaimana atau seperti apakah standard domain yang baik itu? Domain yang baik adalah, Domain yang ketika muncul dari berbagai pertimbangan mulai dari segi brand untuk perusahaan dan pribadi maupun dari segi SEO. Domain yang berstandard akan lebih mudah dioptimasi daripada domain yang asal-asalan.

Fungsi lain dari Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan dan angka yang rumit,juga dikenal sebagai IP address. Selain itu nama domain ini juga dikenal sebagai kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya www.triknews.id , Nama domain bisa juga disebut dengan istilah URL, atau alamat website.

Pelajari Cara Menyeting Custom Domain Niagahoster ke Blogspot : lihat selengkapnya...

Berikut ini pertimbangan-pertimbangan untuk memillih domain yang baik dan seo menurut analisa saya

1- Pilihlah nama domain yang singkat mudah diucapkan, di mengerti, dan di ingat.
Ketika anda memberitahukan ke seseorang nama domain anda secara lisan– misalnya melalui telepon – domain yang terlalu panjang dan sulit di mengerti sdah pasti akan susah diingat atau bahkan bisa membuat orang lain justru menjadi bingung, nama domain yang relatif pendek akan membawa dampak positif untuk digunakan dan akan lebih mudah di ingat para pembaca blog anda,
Jika domain anda singkat serta mudah diingat, inilah merupakan langkah awal dimana Anda akan membangun sebuah website serta brand yang lebih mudah dan cepat.

2- Mudah diketik – dengan nama yang mudah diketik akan memudahkan para pencari blog anda,
nama blog yang panjang dan rumit bisa dipastikan calon pengunjung yang tadinya ingin berkunjung ke blog Anda, eeh malah tersangkut ke blog lain, ini kerugian yang fatal
Hindari tanda hubung (-),seperti nama yang panjang dan menggunakan angka atau penghubung kalimat, contoh: www.sa3yoganteng.com, www.zona-cewek-cowok.com,
hindari kata yang pengucapannya hampir sama, seperi desainer dan designer,atau Icshan budiyono dan Iksan budiono . Contoh domain tersebut dapat mempengaruhi dan mengurangi kekuatan SEO sebuah situs. Tapi bila memang harus terpaksa menambahkan karakter pada domain, maka sebaiknya anda menggunakan tanda minus (-).

3- Pilih nama domain yang sesuai dengan nama anda atau bisnis anda.
Bila anda membuat sebuah website/ blog untuk tujuan promosi atau menjual produk/ jasa – misalnya menjual produk baju dan pakaian, maka akan lebih baik jika anda memilih nama domain yang berhubungan dengan toko baju. misalnya membuat website/ blog untuk promosi atau menjual baju, maka sebaiknya anda memilih domain: www.tokobaju.com |www.fashionstory.com dan lain-lain.

Sebaiknya anda melakukan riset kata kunci terlebih dahulu sebelum memilih nama domain, usahakan agar domain anda mengandung kata kunci bisnis anda, memiliki pencarian yang cukup banyak di search engine, dan persaingan kata kuncinya tidak terlalu sulit. Gunakan bantuan Google Adwords: Keyword Tools Google Keyword Planner untuk membantu anda menemukan keyword yang cocok untuk nama domain anda.
Bila anda membuat website/ blog seputar tips dan trik blogger maka sebaiknya anda menggunakan nama anda atau nama panggilan anda sebagai domain, misalnya www.triknews.com

4. Sebaiknya anda menggunakan TLD (Top Level Domain) berekstensi dot com untuk nama domain anda.
TLD .com adalah eksetensi domain yang paling mudah diingat orang. Misalnya ketika ada domain dengan kata yang sama – misalnya parfum original – biasanya orang akan mencoba membuka situs berekstensi dot com terlebih dahulu. Untuk mengecek ketersediaan nama domain, anda bisa menggunakan bantuan situs ini www.domainsbot.com

5. Jangan pernah menggunakan nama domain yang berbaru S@RA atau P*RN0
karena ini akan memberikan dampak buruk pada situs anda dan tentunya image anda sendiri. Search engine seperti google biasanya berorientasi pada kata kunci, bila domain anda mengandung kata-kata yang berbau S@RA, hal ini dapat mengakibatkan situs anda diblacklist oleh search engine, yang akhirnya akan berdampak pada jumlah pengunjung situs anda.

6. Jangan membeli nama domain yang sudah menjadi merek dagang,
misalnya: www.cocacola.com jangan pernah berpikir untuk membeli domain yang mirip dengan domain tersebut karena kemungkinan besar anda akan dituntut oleh perusahaan pemilik merek dagang tersebut.

7. Buatlah nama domain yang sama dengan nama email anda atau nama account twitter dan fanpage anda,
seperti blog ini misalnya, judul blog ini triknews , alamat asli blog ini http://triknews.blogspot.com ,sekarang diganti dengan domain
www.triknews.id
, semua samakan ? Nah inilah yang akan menjadi satu kekuatan seo, jika anda bisa menciptakan nama domain blog yang sama seperti trik yang saya pakai ini ,bisa jadi nama domain blog anda akan di jadikan anak emasnya google amiii...

Demikian penjelasan kami mengenai "Tips Cara Memilih Domain Yang Seo Untuk Situs Anda" Semoga bisa menjadi referensi serta bermanfaat bagi anda.

1 komentar so far

Artinya domain saya juga sudah SEO ya, mas, soalnya namanya sama dengan subdomainnya.


EmoticonEmoticon