Cara Mengirimkan Peta Situs ke Webmaster


triknews - Cara Membuat dan mengirimkan peta situs ke Webmaster atau Google Search Console
. Artikel ini adalah lanjutan postingan kami beberapa waktu lalu pada artikel Cara Mengverifikasi Blog di Google Webmaster Tool . Apakah URL dan postingan blog anda ingin terindeks di Google Search secara keseluruhan ? Jika iya, silahkan segera kirim sitemap / peta situs ke Google Webmaster Tools ( Google Search Console ).

Search Google merupakan mesin pencari yang paling banyak di gunakan oleh internet user untuk mencari berbagai informasi di semua website. Karena informasi yang di sajikan di Search Google lebih lengkap jika di bandingkan search engine yang lain. Tentu saja, apabila anda seorang master blogger, anda harus bisa menguasai teknik seputar SEO. Tujuannya agar blog anda bisa muncul di halaman pertama Google, sehingga berpotensi mendatangkan ribuan pengunjung ke situs anda. ini adalah tahap paling akhir dalam upaya dan strategi untuk memaksimalkan SEO blog anda, mulai mendaftarkan, mengverifikasi hingga pada tahap mengirimkan peta situs blog anda ke Google Search Console.

Nah, sebelum anda mengirim sitemap ke Google Webmaster Tools, blog anda harus sudah di daftarkan di Google Webmaster. Jika belum, silahkan pelajari selengkapnya tentang Cara Mendaftarkan Blog ke Google search console atau Webmaster Tools Apabila sudah terdaftar, silahkan segera kirim peta situs nya Google Search Console. sebelum melanjutkan proses pengiriman peta situs blog anda ke Google Search Console perlu kami jelaskan,


  Cara Mengirimkan Peta Situs ke Webmaster
Cara Mengirimkan Peta Situs ke Webmaster

Apa makhsud dan pengertian Peta Situs? apakah sama dengan peta situs sitemap atau daftar isi blog?


jawabanya berdeda!

Pertama: pengertian Peta Situs versi Webmaster atau Google Search Console adalah, rangkaian seluruh URL dalam blog anda baik URL dari artikel yang sudah terposting maupun URL artikel yang belum terposting dan se waktu-waktu akan anda terbitkan di masa yang akan datang. Google Search Console akan menambahkan secara otomatis setiap kali terjadi pembaharuan URL baru anda kedalam database. Google Search Console akan lebih mudah mengenali dan mengindeks lebih cepat seluruh rangkaian URL blog anda di banding URL blog yang tidak mengirimkan Peta Situs Google Search Console.

Kedua : pengertian Peta Situs ( sitemap ) versi Menu navigasi atau biasa disebut daftar isi. fungsi Peta Situs ini lebih mengarah untuk memudahkan para pengunjung menelusuri dan menyeleksi artikel yang mereka cari, Peta Situs ini akan menambahkan secara otomatis daftar artikel setiap kali anda menerbitkan post baru.

Format peta situs
Google mendukung beberapa format peta situs, di sini kami akan menjelaskan secara rinci serta tahapan2 yang anda akan lebih mudah mengerti. Secara opsional, Anda dapat membuat file indeks peta situs (file yang merujuk pada daftar peta situs blog anda) dan mengirimkan file indeks tunggal itu ke Google Search Consol. Jika Anda memiliki blog dengan umpan RSS atau Atom, Anda dapat mengirimkan URL umpan sebagai peta situs. Sebagian besar perangkat lunak blog dapat membuat umpan untuk Anda, tetapi ketahuilah bahwa umpan ini hanya memberikan informasi tentang URL terbaru.

Perlu diperhatikan bahwa pengiriman lalu lintas situs hanya berhasil jika seluruh situs telah di verifikasi dalam Webmaster atau Google Search Console. Untuk menghosting peta situs lalu lintas situs blog anda dalam satu lokasi, ikuti langkah berikut:
Pastikan Anda memiliki kepemilikan website / blog yang telah diverifikasi terhadap semua situs.

Silahkan log in dengan menggunakan username dan pasword anda

1- Silahkan kunjungi beranda search console https://www.google.com/webmasters/tools/home?hl=in

2- Silahkan klik url blog/website anda
Cara Mengirimkan Peta Situs ke Webmaster

3- Pilih menu Perayapan dan kemudian silahkan pilih sub menu Peta Situs.
kemudian klik tombol TAMBAHKAN/UJI PETA SITUS
Mengirimkan Peta Situs ke Webmaster

Mengirimkan Peta Situs ke Webmaster

4- Isikan kode berikut pada form yang telah disediakan !

atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

kemudian tekan tombol kirim peta situs.

5- Selamat !! Anda sudah berhasil mengirim Peta Situs Blog anda di Google Webmaster Tool dengan di tandai tampilan baru grafis peta situs anda, lihat gambar


Sumber data: https://support.google.com › answer

Cukup mudah bukan? Demikian penjelasan kami mengenai Cara Membuat dan Mengirimkan Peta Situs ke WebMaster Semoga bisa menjadi referensi serta bermanfaat bagi anda.

3 komentar

Thanks gan infonya, sangat bermanfaat, ...

Perlu di uji coba kapan2 ini. makasih gan !!!

Terima kasih atas trik-nya ... sya sudah mencoba dan berhasil.


EmoticonEmoticon