Cara Mudah Mendaftarkan Blog ke Google Search Console

triknews - Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Console . Kata seo adalah sesuatu yang sangat erat hubunganya dengan status dan posisi peringkat sebuat blog dan ini perlu mendapat perhatian khusus bagi setiap admin, Ada berbagai macam cara yang bisa anda lakukan sebagai upaya dan strategi agar blog anda terindeks secara cepat oleh google dan muncul di hasil pencarian google, fasilitas layanan untuk memaksimal kuwalitas seo blog anda google telah menyediakan sebuat Tool secara geratis, dan Google telah resmi mengganti nama Google Webmaster Tool menjadi Google Search Console. Alasan Google mengganti nama tersebut karena alat tersebut bukan hanya untuk para webmaster, melainkan untuk semua orang yang memiliki situs untuk keperluan pemasaran, usaha kecil maupun Optimation seo blog. Google Search Console sendiri menawarkan berbagai macam tool yang bisa kita gunakan sebagai penunjang situs kita.

Apa itu Google Search Console dan apa fungsinya ?

Search Console merupakan sebuah layanan gratis dari google yang dapat membantu anda untuk mengoptimalkan keberadaan blog anda pada hasil pencarian google. Tentunya agar situs kita bisa terindeks di Google dengan cepat atau bahasa para webmaster “SERPs” Seacrh Engine Results Pages. Salah satu cara agar situs yang kita miliki dapat terindeks diGoogle dengan cepat adalah dengan mendaftarkan situs kita ke Google Search Console

Cara Mudah Mendaftarkan Blog ke Google Search Console
Cara Mudah Mendaftarkan Blog ke Google Search Console

Baca juga : Cara Mendaftarkan Blog ke Yahoo dan Bing

Dengan layanan ini anda dapat memastikan kalau google bisa mengakses dan merayapi seluruh isi konten dalam blog anda, tak hanya itu, anda juga dapat memantau apakah ada yang salah dengan blog anda, salah satunya yang biasa tidak di sadari atau bahkan tidak diketahui oleh admin adalah broken link ( link rusak ), sehingga link tersebut jika diakses tidak bisa di temukan dan akan terjadi error 404, dengan Tool Google Search Console anda bisa sesegera mungkin untuk memperbaikinya.

Selain itu , dengan Tools Google Search Console anda dapat mengetahui kueri apa saja yang mendukung agar blog anda muncul pada hasil penelusuran. Masih banyak lagi manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menambahkan/mendaftarkan blog anda di Google Search Console. Karena Tools Google Search Console , merupakan salah satu layanan google, maka untuk dapat masuk ke Google Search Console anda harus memiliki akun google, saya rasa jika anda seorang blogger pasti sudah pada tau cara membuat account google kan ?

Untuk memaparkan lebih lanjut bagaimana cara menambahkan blog anda ke Google Search Console Tools. Anda dapat mengikuti petunjuk di bawah dan melihat contoh screenshotnya, jika anda serasa mengalami kesulitan yang mengakibatkan kepala anda pusing silahkan brik sejenak dan minum copy....oops jadi nglantur niih , oky silahkan ikuti beberapa ulasan dibawah ini!

Pertama: pastikan anda sudah masuk menggunakan account google anda, lanjutkan masuk ke Google Search Console
Klik tombol “TAMBAHKAN PROPERTY” bagian atas kanan

Mendaftarkan Blog ke Google Search Console
Cara Mudah Mendaftarkan Blog ke Google Search Console

Kedua : Masukkan alamat blog anda, kemudian klik tombol “continew”

Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Console
Cara Mudah Mendaftarkan Blog ke Google Search Console

tunggu bebeapa saat maka akan muncul tema screenshot blog anda, ini tanda notifikasi dari sistem bahwa anda berhasil Mendaftarkan Blog anda ke Google Search Console.

Untuk membuktikan kalau trik Search Console ini sudah lama saya praktekkan saya coba menelusuri artikel ini dengan kata kunci cara mendaftarkan blog ke google search console di menu pencarian satu hari setelah saya terbitkan ,dan hasilnya sungguh mencengangkan ,artikel ini saya temukan pada halaman pertama urutan nomer 3, screenshot ini tanpa rekayasa hanya sedikit saya edit untuk menambahkan icon petunjuk. Anda bisa membuktikan sendiri pengindeks kan artikel ini di search google dengan kata kunci cara mendaftarkan blog ke google search console, dan anda juga boleh memberikan testimony tentang artikel ini dari hasil pencarian yang anda lakukan pada bilah kolom komentar, lihat gambar klik untuk memperbesar.


Jika anda menggunakan blogspot, biasanya anda tidak perlu melakukan verifikasi. Namun jika anda menggunakan TLD atau alamat Domain anda sendiri. Anda dapat langsung melakukan verifikasi, atau memilih verifikasi nanti dengan mengklik “Not now”. anda bisa mempelajari lebih lanjut panduan Cara Mengverifikasi Blog di Google Webmaster Tool atau Search Console .

Demikian penjelasan kami mengenai "Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Console" Semoga bisa menjadi referensi serta bermanfaat bagi anda.

4 komentar

Ini mah udah jadi makanan wajib saya tiap udah update artikel mas :-)

cara uploadnya gmn mas pengguna baru ini..

Betul kang google search console sangat penting, agar artikel kita mudah dirayapi search engine..


EmoticonEmoticon