Cara Mudah Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog

triknews - Bagaimana Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog - Traffic Pengunjung Blog adalah hal yang perlu di perhatikan dalam dunia blogger, Untuk lebih detielnya Di artikel ini saya akan coba jelaskan beberapa cara untuk meningkatkan trafik potensial untuk website kita, baik itu secara gratis ataupun dengan cara berbayar. Walaupun ada banyak cara yang bisa kita lakukan, tapi tidak semua cara bisa cocok dengan jenis blog atau website yang kita miliki. Kita harus bijak dalam memilih sumber trafik agar hasilnya lebih maksimal.

Satu hal yang tidak kalah pentingnya dalam dunia blogger adalah ketika seorang pengelola blog yang disebut juga sebagai webmaster adalah Bagaimana cara meningkatkan pengujung blog dengan cepat dan tepat. Bagaimana tidak, ketika webmaster memiliki sebuah blog dengan konten tertentu yang menjadi tujuan utama adalah pengunjung yang menjadi target dari blog tersebut. Ini sama saja menjadi tujuan utama, jika tidak, maka seorang webmaster telah gagal mengelola blog. Karena blog tanpa pengunjung berarti blog tidak sampai pada target audiens.

Berikut Cara Cepat Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog

Cara Cepat Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog

Baca juga : Cara Jitu Agar Blog Tampil di Halaman Pertama

Bagi seorang blogger atau pebisnis online, trafik adalah hal yang sangat penting karena semua blogger atau internet marketer pasti ingin websitenya terkenal dan bisa menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membantu meningkatkan jumlah pengunjung ke situs kita. Beberapa upaya meningkatkan trafik ke situs kita bisa kita lakukan secara gratis, tapi ada juga sumber trafik yang memang butuh modal. Strategi seperti apa yang paling cocok untuk blog/ website Anda?


Meningkatkan Trafik Blog/ Website Dengan Cara Gratis

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, kita bisa mendapatkan trafik menuju situs bisnis atau blog kita secara gratis. Tapi dibutuhkan upaya yang terus menerus dan dengan cara yang benar agar trafik yang didapatkan sesuai dengan yang kita harapkan. Berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan pengunjung traffic pengunjung blog/ website secara gratis:

Selalu Aktif di Blog Walking
Blog walking adalah kegiatan mengunjungi blog/ website orang lain yang masih berhubungan dengan blog kita, lalu meninggalkan komentar di blog/ website tersebut. Ada banyak blog yang menyediakan kolom untuk meninggalkan URL website bagi orang yang memberikan komentar di situs mereka, inilah yang harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Jangan pernah meninggalkan komentar SPAM pada blog orang lain karena hal itu hanya akan memberikan citra yang buruk pada Anda sebagai seorang blogger atau internet marketer. Biasakan untuk membaca artikel yang ditulis terlebih dahulu sebelum meninggalkan komentar agar Anda mengerti memberikan komentar yang sesuai dengan topik artikel.

Dengan berkomentar dengan baik dan meninggalkan URL blog kita di kolom yang telah disediakan, maka Anda akan mendapatkan backlink menuju situs Anda. Selain itu, kemungkinan besar pengunjung lain di blog tersebut juga akan mengunjungi situs Anda ketika mereka melihat komentar yang Anda berikan. Dari proses blog walking ini kita bisa mendapatkan cukup banyak trafik, tapi memang dibutuhkan usaha ekstra dengan memberikan komentar di blog-blog lain terlebih dahulu.

Share Artikel anda ke Social Bookmarking
Situs-situs social bookmarking awalnya dibuat untuk membantu netter menyimpan alamat website yang mereka sukai, sehingga akan memudahkan mereka ketika ingin membuka website tersebut di kemudian hari. Pada perkembangannya, situs social bookmarking sering digunakan untuk optimasi SEO dan juga untuk mendapatkan trafik. Nah, yang saya tulis di sini adalah trafik langsung dari Social bookmarking-nya, bukan efeknya ke SEO sebuah situs.

Kita bisa menyimpan URL blog/ website atau URL postingan artikel blog milik kita ke situs-situs social bookmarking, dengan harapan pengguna yang lain akan tertarik dengan URL yang kita submit dan mengunjungi situs kita dengan media social bookmarking tersebut. Selain itu, situs social bookmarking juga sering mendapatkan trafik dari mesin pencari. Jadi, menurut saya kemungkinan untuk mendapatkan trafik dari situs social bookmarking cukup potensial dan harus dimanfaatkan dengan baik, selain trik Social Bookmarking kami sarankan alangkah lebih bagusnya jika blog anda di tambah dengan beberapa widget misalnnya fanpage facebook, atau follow twitter

Cara Memasang Widget Follow Twitter di Blog : lihat selengkapnya...

Hubungkan blog anda dengan mesin pencari:
Pastikan artikel blog anda terindeks secara total di tiga mesin pencari terbesar, yaitu google, yahoo dan bing dengan memanfaatkan mesin mereka,

Submit Url Artikel ke Google

“webmaster tools”. Tujuannya agar blog anda digandeng oleh 3 mesin pencari dalam 24 jam sehingga blog anda di anak emaskan di halaman pencarian.

Cara agar artikel cepat terindeks di google dengan webmaster tools
lihat selengkapnya ...

Melalui Situs Social Media
Banyak orang bilang, sekarang itu jamannya media sosial dan itu sangat benar. Pertumbuhan pengguna media sosial di Indonesia saja sudah mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Ditambah lagi perkembangan smartphone di Indonesia sudah sangat pesat. Kebanyakan pengguna smartphone pasti punya akun di situs-situs media sosial, paling tidak salah satu dari situs media sosial. Nah, tentunya ini adalah potensi trafik yang cukup besar bagi kita pemilik blog/ website.

Bisnis yang populer di media sosial pasti tidak akan kesulitan untuk mendapatkan perhatian dari pengguna media sosial lainnya. Itulah sebabnya mengapa banyak bisnis mengalami peningkatan profit setelah mereka mengoptimalkan media sosial untuk bisnis mereka. Beberapa media sosial yang sering digunakan untuk mendapatkan trafik adalah:

1-Facebook,
2-Twitter,
3-Google plus,
4-YouTube,
5-LinkedIn,
6-Pinterest.

Sebenarnya masih ada beberapa media sosial yang bisa digunakan, tapi berdasarkan pengalaman saya, 6 situs yang saya sebutkan itu adalah media sosial yang paling populer.
Situs forum diskusi sering digunakan para internet marketer sebagai media untuk mendapatkan trafik menuju blog/ website bisnis mereka. Ada banyak situs forum yang memperbolehkan link di dalam thread atau pada signature para member mereka. Tentunya ini harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

Satu hal yang harus kita perhatikan adalah tetap menjaga nama baik di dalam forum tersebut, bacalah rules dalam forum tersebut sebelum bertindak lebih jauh. Jangan membuat thread yang tidak berguna atau thread yang bisa membuat reputasi Anda tercoreng. Manfaatkan fasilitas link signature forum dengan sebaik-baiknya, manfaatkan fasilitas link di dalam thread forum dengan wajar. Ada beberapa forum yang tidak memperbolehkan link di dalam thread, jangan melanggar aturan tersebut.

Beberapa forum yang saya rekomendasikan untuk mendapatkan trafik dan backlinks adalah pengusaha.co, bersosial.com, forum.kompas.com, forum.detik.com, kaskus.co.id, dan lain-lain. Masih ada banyak forum yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan referral trafik, tapi saya sarankan untuk fokus pada beberap forum yang paling potensial untuk bisnis Anda.

Posting di Blog Lain
Ada banyak blog yang memberikan kesempatan pada orang lain untuk mengirimkan artikel/ konten dan memasang link di blog mereka. Tentunya artikel/ konten yang kita posting di blog tersebut harus sesuai dengan kriteria yang mereka tentukan. Kita bisa memasang link situs bisnis kita di bagian author, beberapa blog memperbolehkan penulis mereka untuk memasang link di dalam artikel. Selain memberikan efek SEO, referral trafik dari blog-blog tersebut tentu cukup banyak, apalagi bila kita menulis artikel di blog yang sudah terkenal.

Sebenarnya masih ada banyak cara gratis lainnya untuk mendapatkan pengunjung menuju situs kita. Tapi lima cara yang sudah saya sebutkan di atas sebenarnya sudah sangat baik bila kita bisa mengoptimalkannya. Saya sendiri fokus pada empat cara tersebut karena selain memberikan trafik langsung, keempat cara yang sudah saya sebutkan di atas terbukti memberikan dampak SEO yang baik pada blog saya. SEO yang baik tentunya akan memungkinkan situs kita akan mendapatkan trafik gratis dari mesin pencari, misalnya Google.

Kita harus memahami tentang situs kita sendiri terlebih dahulu, dengan begitu kita bisa tahu strategi yang mana lebih efektif untuk meningkatkan trafik pengunjung blog/ website kita. Kadang cara gratis lebih efektif, namun pada banyak kasus, cara berbayar lebih cepat dan efektif dalam memberikan trafik yang potensial bagi blog/ website bisnis kita. Selain itu, kita juga harus memperhatikan hal-hal yang berhubungan dengan kualitas website kita, seperti kualitas konten, sistem navigasi, kecepatan loading, dan lain-lain.

Demikian penjelasan kami mengenai Cara Cepat Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog Semoga bisa menjadi referensi serta bermanfaat bagi anda.

4 komentar

Memang bener tuh ke 6 situs medsos itu sangat berguna juga, makanya tak jarang dalam sebuah blog pasti ada aja icon medsos tersebut ya Mas :)
meningkatkan traffic itu memang tidak mudah namun bukan berarti tidak mungkin, apalagi jikalau mengikuti langkahnya si Mas Ini pasti dah traffic bertambah pesat :)

Kalau menurut saya yang paling berpengaruh adalah dengan aktif di blogwalking mas karena saya merasakannya sendiri bila di bandingkan dengan social bookmarking yang baru akan terasanya dalam jangka waktu sebulan kedepan.

Dari tips diatas sudah di jelaskan secara detail tentang bagaimana cara meningkatkan kunjungan ke blog kita. Memang hal itu di perlukan usaha yg extra jika kita ingin sukses menjaring visitor yg melimpah...

Blog saya akhir2 ini sepi mas.... , rame in ya... :) makasih


EmoticonEmoticon