March 10, 2016

Ciri Ciri Komentar Yang Mengandung Spam

Tags

triknews - Bagaimana cara mengatasi dan mencegah komentar spam di blog? Berikut ini saya ulas secara tuntas untuk mengetahui Ciri-Ciri Komentar Yang Mengandung Spam dan langkah tegas untuk mengantisipasinya.! Memiliki sebuah website dengan reputasi jumlah pengunjung yang tinggi tentu menjadi kebanggan tersendiri, di tambah lagi dengan banyaknya saran dan comentar yang masuk, tapi apa jadinya jika comentar-comentar tersebut tanpa kita sadari ada yang sembunyi-sembunyi bahkan ada yang terang-terangan menyertakan link aktif,

Cara-cara seperti ini biasanya di lakukan untuk mencari backling . Lantas apa yang kita lakukan untuk mencegah spamer-spamer ini ? Memasukkan link aktif pada kolom komentar sangat tidak di benarkan dan merupakan aktivitas SPAM, jika hal tersebut dibiarkan berlarut-larut, bisa jadi Blog kita akan dianggap sebagai blog penampung SPAM. Maka dari itu kita harus ambil langkah tegas.

Inilah Ciri Ciri Komentar Yang Mengandung Spam

Ciri Komentar Spam

Baca juga : Cara Mengganti pesan pada Link Aktif di Komentar Blog

Pengertian SPAM menurut wikipedia:
Spam adalah penggunaan perangkat elektronik untuk mengirimkan pesan secara bertubi-tubi tanpa dikehendaki oleh penerimanya secara otomatis, atau biasa di lakukan dengan manual untuk mencari backling untuk tujuan komersial tertentu, Kebanyakan blogger khususnya pemula menganggap bahwa komentar tersebut sepertinya genit legit dan menarik sehingga mereka menyetujuinya, tetapi mereka tidak menyadari dengan komentar spam yang sebagian besar mengandung link yang bertujuan misalnya ke situs download, k@sino, game atau perj..dian website. Di sini kita akan mencoba menganalisa bagaimana untuk mengidentifikasi dan mencegah komentar spam di blog .

Beberapa contoh lain dari spam, yaitu sederetan teks iklan, atau informasi berisi promosi prduks yang tidak terkait dengan artikel blog, untuk mencari popularitas dengan membagikan URL tertentu, ini perbuatan yang sangat tidak di anjurkan dalam dunia blogging,

Komentar spam memperburuk citra komunitas Blogger
Menurut saya pribadi, seorang blogger tidak hanya bertanggung jawab pada blognya sendiri namun juga kepada seluruh dunia blogger. Jika sebuah blog memperbolehkan komentar spam dan membiarkannya berlarut-larut, maka artinya dia memberikan pemahaman pada para spammer bahwa mereka boleh melakukan apapun yang mereka suka pada blog-blog lain.

Jika seorang blogger memiliki kebiasaan melakukan spam, maka dia memberi signal pada dunia internet bahwa semua blogger juga boleh melakukan hal yang sama, sekaligus memberi contoh negatif bahwa melakukan spam pada komentar adalah hal wajar. Semua berawal dari satu, kemudian menjamur menjadi sebuah kewajaran dan menjadi tontonan yang asyik. Ini tentu benar-benar melukai dunia Blogger dimana para blogger seharusnya bisa bertemu, berdiskusi, berbagi ide, dan bersosialisasi secara nyaman.

Cara Mengidentifikasi Komentar Spam
Cara-cara seperti moderasi tidak akan efektif apabila anda tidak dapat mencermati dan menyelektif komentar secara mendalam. Bisa jadi sebuah komentar spam akan lolos karena seolah-olah tampak natural. Berikut ciri-ciri yang jelas maupun samar:

1- Komentar berisi link.
Jangan pernah komprormi dengan komentar berisi link sebagus apapun itu. Sebab komentar berisi link sudah jelas memiliki tujuan tersendiri meskipun sang komentator tampak tulus dan memuji.

2- komentar yang relevan tetapi menyisipkan link didalamnya.
Biasanya dilakukan secara manual. Contoh "Tutorial yang bagus mas, ijin kopas ya gan" Jadi mereka tahu cara mengemas bagaimana cara membuat permalink supaya tidak di curigai untuk mengelabuhi admin ." Tidak ada tujuan lain selain mencari popularitas dan mengarahkan backlink demi memuja "sang dukun SEO"

3- Komentar yang cukup singkat dan seolah memuji.
Di atasnya nama komentator dengan keyword tidak relevan sama sekali. Biasanya seperti ini, "Nice site!", "Nice blog", "Keren", "Makasih gan", dll. Saya menganggap komentar demikian terkesan mengada-ada.

4- Nama komentator mode (anchor text)
Nama komentator mode anchor tex terlalu generik atau simpel, dan juga menggunakan keyword-keyword umum. Biasanya didominasi nama #bat-#batan, g@mbling, kata Free atau download gratis,

5- Komentar jauh dari topik tanpa basi-basi.
Misal... "Ada berita bagus nih. Bisnis online yang terbukti membayar, jangan lewatkan kesempatan ini, hubungi segera klik Disini". hati-hati dengan komentar semacam ini agar anda tidak mudah terjebak.

6- Nama komentator berisi link referral affiliate.
Ini sudah jelas, tak ada toleransi sedikitpun! Dan masih banyak lagi contoh kasus yang lainya, Lantas apa yang kita lakukan untuk mencegah spamer-spamer ini ? untuk meminimal kan kasus-kasus Spam tersebut, cara yang sangat efektif kalau menurut saya yaitu dengan menambahkan fitur widget Recent Comments di blog, dengan cara ini akan memudahkan anda mengontrol sekaligus memantau setiap kali ada komentar yang masuk, pelajari Cara membuat Widget recent comments di sidbar blog

Baca juga : Kode etik dan cara yang baik saat berkomentar

Catatan:
Komentar bisa menjadi sumber bahan informasi yang baik dan menjadi alat berdiskusi antara Admin dengan para pembaca, atau sesama blogger. Pengunjung yang Menyampaikan komentar secara beretika, mencerminkan bahwa orang tersebut adalah orang yang berakhlak dan berwawasan,berpendidikan serta berbudi luhur,sebagai wacana dan saran, sebaiknya anda mereview kembali fitur komentar blog anda demi kebaikan dan perkembangan blog Anda di masa depan,

Demikian penjelasan kami mengenai Inilah Ciri Ciri Komentar Yang Mengandung Spam Semoga bisa menjadi referensi serta bermanfaat bagi anda.

3 komentar

Saya masih sering dapat komentar spam mas walaupun manual dan sepertinya sudah menjadi budaya cirinya ada kata kata ..."Kunjungi juga ya www.blabla... padahal dari profil sudah ketahuan blognya mana

Ulasannya sangat membantu saya sebagai Blogger pemula yang belum sepenuhnya mengerti tentang apa itu Spam. Namun setelah membaca artikel mas ini saya sudah mempunyai bayangan bahwa Spam itu bagaimana Rupanya. Kaya nya ada beberapa Spam deh pada artikel saya seperti 'Nice Artikel Gan'. Itu gak tau di baca dulu gak tau enggak. Padahal yang saya inginkan dia itu membaca dan menghargai tulisan saya. Dan saya pun hargai tulisan mereka apalagi tulisannya yang bermanfaat dan membantu seperti ini

Komentar spam memang mengganggu saya saja waktu dulu pernah di datangi oleh komentar spam dan paling banyak yang mengomentar spam adalah agen poker mas, tapi alhamdulillah sekarang tidak dan semoga kedepannya juga tidak dikunjungi komentar spam.


EmoticonEmoticon