March 11, 2016

Kode etik dan cara yang baik saat berkomentar

Tags

triknews - Kode Etik dan Cara yang baik Saat Berkomentar. Berkomentar adalah kegiatan utama saat kita melakukan aktifitas blogwalking, ada banyak macam fariasi komentar saat aktifitas blogwalking berlangsung, ada yang sekedar basa basi, sekedar bertanya, saling colek, bercanda,berdiskusi, dan shering, atau bahkan ada komentar yang sangat singkat dan terkesan buru-buru, komentar yang seperti ini bisa di artikan orang tersebut hanya asal nongol sekedar nimbrung dengan tujuan mengharapkan si admin berkunjung balik ke blog mereka.

Secara hukum blogger memang tidak ada aturan atau pun Undang-Undang secara tertulis yang merinci tata cara dan etika tentang berkomentar, namun kita sebagai seorang blogger yang bermoral tentunnya harus bisa menciptakan suasana kondusif, nyaman dan rasa persahabatan saat berkomentar. jadi jangan sampai melupakan fungsi utama berkomentar yaitu sekedar ingin menanyakan atau ingin memberikan pesan kepada si pemilik artikel/blog. Lalu Seperti apakah Kode Etik dan Cara Unik Saat Berkomentar?

Berikut Kode Etik dan Cara yang baik Saat Berkomentar di blog orang lain:


Baca juga : Cara Mengganti pesan pada Link Aktif di Komentar Blog

1- Sapa terlebih dahulu Admin blog:
Menyapa pemilik blog di awal kunjungan bukan menjadi sebuah keharusan atau wajib, tetapi akan lebih bagusnya kalau anda orang baru bolehlah sebagai awal perkenalan misal : Assalamu alaykum, selamat malam bang Admin... JIka anda sebagai blogger pemula , anda adalah orang baru di dunia para blogger , sebaiknya anda bisa berakting seoal-olah memperkenalkan diri, anda tidak perlu malu beri salam kepada pemilik blog. Namun berbeda dengan para blogger yang sudah pada saling kenal dan akrab mereka bisa asal nylonong ,pada saling ejek mengejek , ngledekin satu sama lain tetapi masih dalam batas kewajaran, terkadang komentar mereka suka yang aneh-aneh dan sesekali di campuri dengan kata humor ataupun kata-kata lucu.

2- Utamakan saran ketimbang kritikan:
Dalam dunia blogger, terkadang seorang Admin tidak luput dengan yang namanya kesalahan misalnya kesalahan karakter pada penulisan artikel maupun tata letak pada desain blog yang kurang pas, nah kita sebagai pengunjung yang ingin menyampaikan kesalahan tersebut sampaikan saja dengan baik sopan dan ramah, bisa juga anda saling bertukar pikiran, ide ataupun gagasan seputar trik blogger atau apalah, tetapi jangan sekali-kali menyampaikan komentar dengan nada mengkritik secara tidak ramah karna akan memicu kesalah fahaman yang mengakibatkan perselisihan antar blogger.

3- Tunjukkan bahwa anda seorang humoris:
Seperti kita ketahui aktifitas blogwalking adalah tempat dimana mereka para blogger saling bertemu dan berdialog secara online, saling colek, bercanda,berdiskusi saling shering. Bolehlah sesekali kita menyisipkan kata-kata humor dan banyolan untuk sekedar menghangatkan suasana agar kegiatan berkomentar serasa menyenangkan rileks dan ada canda tawa ngakak yang sedikit mengocok perut. ha..ha...kwek.kwek.kwek...kaburrrrr...!


4- Saling bertukar pendapat dan berdiskusi:
bisa jadi di kolom komentar kita jadikan sebuah konverensi meja bundar (kalau bahasa politik di DPR ) kita bisa memcahkan masalah bersama dan berdiskusi misalnya tentang pengalaman ngeblog, tentang penghasilan dalam kegiatan ngeblog yang kita jalani. namun anda jangan terlalu terbuka soal penghasilan anda selama ngeblog karna akan menimbulkan kecemburuan sosial, tetapi jika terpaksa anda harus membahasnya secara pribadi, anda bisa membicarakan melalui via telephone dan ini akan lebih tertutup dan rapi.

Demikian penjelasan kami mengenai "Kode Etik dan Cara Unik Saat Berkomentar" Semoga bisa menjadi referensi serta bermanfaat bagi anda.

2 komentar

Saya kurang bisa humor mas..hehe

Paling kesel mas kalau ada yg comment satu dua kata saja...apalagi hanya bilang NICE INFO saja, biasanya yang comment seperti itu dia nggak baca postingannya hanya mengharapkan KUNJUNGAN BALIK


EmoticonEmoticon