Mengenal lebih jauh apa itu link BUILDING Untuk SEO

triknews - Mengenal lebih jauh apa itu link BUILDING Untuk SEO .Apa itu link building ? link building adalah sebuah link yang mengarah ke beberapa halaman blog kita yang sengaja dibuat sendiri secara manual menggunakan link-link terkait lainya, yang di makhsud disini link terkait adalah artikel dalam satu label atau berbeda label, tatapi semua Link BUILDING yang saya terapkan lebih kebanyakan link artikel dalam satu label, bisa beda label tetapi masing-masing artikel tersebut masih ada hubunganya.

Tujuan Link BUILDING tidak lain adalah untuk meningkatkan posisi SERP (Search Engine Result Page)halaman blog utama( homepage). Lalu bagaimanakah cara membuat link building yang bagus ? Mungkin itulah pertanyaan dari sebagian orang pada tahap awal belajar SEO, link building merupakan faktor yang sama kuatnya dengan on page SEO, dan link building merupakan salah satu hal yang sangat di perlukan untuk mengoptimisi website. Untuk mengetahui lebih jelasnya tentang Link Building mari kita simak uraian berikut ini :


inilah Mengenal lebih jauh apa itu link BUILDING Untuk SEO


pengertian link BUILDING Untuk SEO

Baca juga : Cara Membuat Konten Yang Ideal dan Berkualitas

Bisakah Link BUILDING didapatkan dari situ lain?
Definisi link building bisa Anda dapatkan di berbagai situs yang membahas SEO, namun secara garis besar menurut pemahaman saya link building merupakan penanaman link di berbagai situs lain yang mengarahkan url tersebut ke URL anda dengan berbagai keyword. Ilustrasi sederhananya seperti berikut : website YOUTUBE.COM memberi link ke FACEBOOK.COM maka facebook mendapatkan suatu backlink dari youtube, atau website YOUTUBE.COM memberi link ke Twitter maka Twitter mendapatkan suatu backlink dari youtube ataupun bisa sebaliknya

Link merupakan penghubung antara dua halaman web, Link dapat menghubungkan antara halaman utama dengan sub halaman yang lain ataupun sebaliknya. Dan link dapat pula menghubungkan antara sub halaman dengan sub halaman yang lainnya. Halaman itu dapat berupa post maupun article page . Link yang demikian biasa disebut dengan internal link.

Pengertian Internal Link dan External Link lebih lanjut
Internal Linking berarti usaha membangun hubungan antar halaman yang sifatnya satu arah di dalam website ataupun blog itu sendiri. Semakin baik internal link yang dibangun, maka semakin baik navigasi web anda di mata search engine dan di mata pengunjung. Pengunjung akan menjadi lebih mudah dalam menemukan artikel yang diinginkan maupun dalam mencari artikel dengan isi yang saling berkaitan. Search engine juga dapat dengan mudah memetakan link-link dalam web ataupun blog anda.

External Linking berarti usaha membangun hubungan antar halaman dari suatu web ataupun blog melalui link yang mengarah ke halaman web ataupun blog yang berbeda. Web ataupun blog yang memiliki link itu, berbeda dengan web ataupun blog yang dituju dari link tersebut. Hubungan saling keterkaitan tersebut menunjukan bahwa isi suatu web ataupun blog itu penting dimata web ataupun blog yang lain. Makin banyak dan berkualitas external link yang mengarah ke halaman di dalam web ataupun blog anda, maka semakin kuat visibilitas halaman tersebut di mata search engine. Halaman yang dianggap penting oleh search engine akan diberi peringkat yang baik di halaman search engine serta akan diberi pagerank

Baca juga: Tips membuat content menjadi super seo

External link bisa juga berupa link yang menuju ke suatu halaman website, namun lokasi link tersebut berada di website yang berbeda dengan website yang di tuju. Sebagai contoh, saat anda mensubmit artikel anda ke suatu situs direktori artikel dan mencamtumkan link artikel di website maupun blog Anda, maka terjadi hubungan dari halaman direktori ke halaman artikel anda melalui link yang anda cantumkan. Itulah yang dimaksud dengan external link.

Jadi intinya setiap halaman blog terdapat beberapa link yang mengarah kepada halaman blog utama dan halaman blog lainnya, semakin banyak halaman blog yang saling terhubung maka blog utama kalian akan semakin mudah muncul pada SERP,secara pribadi saya menyebutnya link mata rantae kalau dalam dunia blogger biasa dikatakan Link BUILDING, jadi ciptakan blog dengan link mata rantae sebanyak banyaknya.


Demikian penjelasan kami mengenai Mengenal lebih jauh apa itu link BUILDING Untuk SEO Semoga bisa menjadi referensi serta bermanfaat bagi anda.

6 komentar

Wah besar juga ya pengaruh link.

Terimakasih ilmunya Mas,lengkap bener.
memang sih namanya link karan semakin diperluas pastinya akan mudah juga untuk ditemukan :)
apalagi sudah punya nice :)

Penting banget melakukan link building kalau saya sih yang gampang saja dari komentar dan jaringan blog sendiri

link building sangat penting urusannya dengan SEO, caranya gimana sih kang, aslinya sayah mah nggak paham sampe kesituh atuh

Setuju mas Dwi...cara yg mas dwi terapkan sama dengan saya...karena caranya mudah dan simple

Di baca atuh mang di baca...haha


EmoticonEmoticon