Cara memulai membuka bengkel las

triknews - Cara memulai membuka usaha bengkel las. Kepadatan penduduk Indonesia saat ini yang semakin meningkat tentunya memungkinkan pengembang sarana pemukiman juga meningkat secara signifikan. Dengan meningkatnya pemukiman-pemukiman baru yang sedang dibangun ataupun pemukiman lama yang direnovasi, maka peluang usaha bengkel las merupakan salah satu peluang usaha yang tidak bisa dianggap enteng.

Karena berbagai kebutuhan dalam pembangunan suatu pemukiman tentunya membutuhkan beberapa produk yang membutuhkan jasa bengkel las seperti misalnya pembuatan tralis, rolling door, canopy, pagar besi tralis maupun tangga besi dan lain sebagainya.

Jika anda berniat memulai usaha bengkel las ini maka sebaiknya anda mengetahui trik dan cara persiapanya dengan detil mulai dari Cara penempatan lokasi membuka bengkel las yang setrategis, peralatan mesin las yang harus di sediakan, alat bantu perlengkapan mesin las sampai teknis pengelasan yang baik, agar usaha bengkel las yang anda kelola mampun bersaing dan berkembang sesuai harapan.
Berikut ini adalah awal persiapan yang bisa anda lakukan jika anda ingin menjalani usaha bengkel las :

Cara memulai membuka usaha bengkel las

Cara memulai membuka usaha bengkel las

Baca info : Harga Mesin Las Listrik Lakoni Terbaru 2017

1- Modal
Setiap usaha pastilah memerlukan modal untuk operasional usaha tersebut. Modal dalam usaha bengkel las meliputi beberapa hal seperti peralatan las, trafo, gerinda, cutter, fasilitas listrik yang memadai dan sebagainya, modal skill dan kompetensi yang kaitannya dengan skill dalam mengelas besi yang tepat dan terampil, agar hasil produk las di bengkel anda bagus dan berkualias sesuai dengan kenginan konsumen. Jika konsumen puas dengan hasil kerja bengkel las anda maka tidak menutup kemunkinan konsumen akan kembali menggunakan jasa bengkel las anda, atau bahkan merekomendasikan bengkel las anda kepada orang lain sehingga secara tidak langsung anda membuat jaringan marketing melalui konsumen anda.

2- Lokasi
Ada beberapa syarat lain yang harus dipenuhi untuk membuka bengkel las listrik yaitu Lokasi. Setelah anda siap dengan modal yang cukup kedua adalah lokasi. Lokasi yang diperlukan buat bengkel kerja tak terlalu luas. Ada yang melakukan usaha ini hanya memakan lokasi 3x3 meter persegi. Tapi, carilah lokasi yang strategis di pinggir jalan raya. Hal ini bertujuan mempermudah orang mencari posisi bengkel las anda.

3- Manajemen
Pengelolaan dan pengaturan keuangan dalam setiap usaha sangatlah penting. Dengan manajemen keuangan yang rapi dan bagus serta kejelian dalam memasok bahan dan sarana las maka usaha bengkel las anda akan memperoleh keuntungan yang maksimal.

4- Karyawan yang Profesional
Persyaratan penting berikutnya adalah karyawan yang profesional. Selain anda pakar dan sudah ahli dalam pengerjaan las anda juga perlu tenaga mekanis las yang sudah berpengalaman. Hal ini untuk meminimalisir kecelakaan kerja. Karena usaha ini bila dilakukan secara sembrono dapat mengakibatkan kecelakaan bahkan kematian. Misalnya ketika melakukan las beton rangka ataupun kanopi rumah dilakukan dengan sembarangan tanpa kehati-hatian. Dampak yang terjadi, rangka atau kanopi kemungkinan bisa ambruk sehingga menimbulkan kerugian.

5- peralatan
Las Mesin listrik atau sering disebut pesawat mesin las dapat digunakan pada bermacam-macam pengelasan busur listrik manual, alat yang satu ini adalah alat pokok dalam pengerjaan las
 peralatan las

Baca juga : Daftar Harga Mesin Gerinda Semua Merk

6- Marketing
Strategi marketing dan promosi ini bertujuan untuk mengenalkan usaha bengkel las anda kepada masyarakat luas. Usahakan untuk mempromosikan usaha bengkel las anda secara menarik sehingga bisa membuat konsumen tertarik untuk menggunakan jasa bengkel las anda. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan usaha bengkel las anda yang istimewa, selain itu anda juga bisa memasang iklan di media cetak maupun radio sebagai sarana promosi anda.

Selain itu juga cara marketing lain yang bisa anda lakukan adalah terjun langsung ke lapangan yaitu menawarkan jasa bengkel las anda kepada konsumen yang sedang membangun rumah atau sedang melakukan renovasi rumah. Anda juga bisa meloby kontraktor yang ada di kota anda untuk diajak bekerjasama sehingga mau menggunakan jasa usaha bengkel anda secara kontinyu, dengan begitu diharapkan usaha bengkel anda akan mendapatkan order secara terus menerus. Itulah beberapa cara mengembangkan peluang usaha bengkel las yang bisa anda coba, semoga bermanfaat dan semoga berhasil.

Demikian penjelasan kami mengenai artikel Cara memulai membuka bengkel las Semoga bisa menjadi referensi serta bermanfaat bagi anda.

30 komentar

baca artikel ini ngingetin kerja saya dulu, meski gak profesional ya tahu lah teknik nge-las

masalah ukuran mungkin asal tidak terlalu kecil boleh lah mas, hanya memilih tempat strategis yang minim persaingan itu yang agak sulit.

selain itu kwalitas tetap nomor satu mas, biarpun harga lebih tinggi jika kwalitasnya oke, pelanggan tetep ke kita.

waduh, aku malah gk bisa ngelas mas :3

Modal skil itu yang lebih utama. Punya karyawan kalau kitanya tidak punya skil bisa-bisa kita ditipu atau ditinggal kabur karyawan. Bisa berantkan usaha kita.

Diperumahan sering dicari bengkel las mas biasanya dapat pesanan bikin pagar rumah

Usaha yang begini sebenarnya lumayan banyakyang membutuhkan lho, ditempat saya saja jarang ada.

Usaha yang begini sebenarnya lumayan banyakyang membutuhkan lho, ditempat saya saja jarang ada.

wah, pemasarannya gemana gitu yah bang kalau masalah bengkel...
menurut saya sih kalau karyawannya profesional, bakalan menanjak tuh konsumennya :)

Kayaknya modal yang lebih penting deh mas,,, kemudian juga promosinya harus bagus, sama harganya juga harus bersaing

iya mas pertimbangan soal tempat yang tepat dan strategis di mana kita membuka suatu usaha memang lah penting selain kwalitas ..

emang bisanya apa semua mas..?

inilah mas yang perlu kita antisipasi untuk menyeleksi karyawan yang handal tidak nakal ....

memang dari sekian banyak nya pelanggan rata-rata dari pemukiman perumahan mas..

mudah-mudahan begitu ..dan tingkat omset sesuai harapan mas...

Usaha yang sangat menggiurkan sekali kang, tapi harus punya modal, peralatan dan juga tempatnya kang :D

Menurut saya yang paling utama adalah skil mas..kalau yg lain bisa menyusul...Karena dengan kita punya skil tanpa modal pun kita bisa jual jasa kita ke orang lain atau mungkin JOIN sama orang...

Bicara tentang nge-Las..sedikit-sedikit sich bisa, walau belum bisa rapi...hehe

diluar kemampuan saya..... saya nyerah pak nggak mau bikin bengkel las.... :D

Lambaikan tangannya dulu nanti diampuni.

Kalau menurut saya mas skil dan tempat sangat diperlukan karena percuma kalau punya skil tapi pemilihan tempatnya salah kan otomatis tidak akan ada pengunjung, dan misalkan kalau punya tempat yang bagus dan tidak punya skil maka itu juga tidak akan efektif nantinya malah kewalahan melayani konsumennya. Memang skil dan tempat memiliki peran penting.

bener juga tuh jangan lupa mau memulai usaha apapun perkaara manajemen jangan sampai lupa, karena tak sedikit juga yang sudah maju usahanya, gulung tikar gara-gara manajemen yang tidak benar :)

Oh ya terimakasih ilmunya Mas.;

betul banget itu mas skil dan penempatan lokasi bengkel yg paling terpenting

Yang lulusan STM/SMK jurusan Pengelasan harus berani buka bengkel kaya gini krn sdh punya modal ilmu yang cukup. ya nggak gan!

memulai usaha bengkel snagat menjanjikan

Ternyata membukan usaha benkel juga memiliki potensi yang cukup besar ya mas apabila orang yang membuka usahanya memiliki skil dan pengetahuan yang luas tentang bagaimana memikirkan nanti buat kedepannya seperti : tempat yang strategis untuk dijangkau oleh calon pelanggan, memilih calon tenaga kerja yang berkualitas, fasilitas yang memadai untuk tempatnya sehingga bisa membuat pelanggan nyaman dan mau berkunjung ke tempat kita lagi, dan masih banyak lagi deh hal yang harus dimiliki oleh calon yang ingin membuka usaha dibidang otomotif yang pasti sangat potensial ini.

Modal memang yang paling utama ya mas :) tetapi niat juga penting lho mas .hhe

Keren.. Bisa di coba nih..
http://strategi123.com

Mantaf Mas...
Paling tidak, untuk jadi bos-nya juga harus punya ilmu tentang nge-las juga ya...
Salam,

ingat ketika belajar ngelas sampai mata perih ngga bisa tidur hehhee..

salam..


EmoticonEmoticon