June 30, 2016

Tips aman meninggalkan rumah saat sholat idul fitri

triknews - Tips aman meninggalkan rumah saat sholat idul fitri. Lebaran tidak lama lagi akan segera tiba. Momen ini dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat terutama kaum muslim-muslimah untuk menunaikan ibadah sholat sunnah idul fitri.

Mengingat sholat idul fitri adalah ibadah sholat sunnah satu kali dalam setahun dan hukumnya sunah muakkad sehungga kita di anjurkanya untuk tetap melaksanakan. Satu kali dalam setahun inilah yang orang tidak rela untuk meninggalkan nya demi melaksanakan ibadah sholat sunnah idul fitri bersama-sama dalam satu keluarga yang mengakibatkan rumah menjadi kosong.

Tak jarang kekosongan ini dimanfaatkan oleh pelaku tindak kejahatan untuk menyasar rumah-rumah kosong yang ditinggalkan oleh penghuninya ke masjid melaksanakan sholat sunnah idul fitri . Selain tindak kejahatan, ancaman lain yang menghantui rumah-rumah kosong adalah kebakaran rumah akibat kebocoran gas atau konsleting listrik. Namun ancaman-ancaman tersebut dapat dihindari dengan beberapa tindakan dan kiat berikut ini :
  Tips aman meninggalkan rumah saat sholat idul fitri

Baca juga : Tata cara dan bacaan niat Sholat Idul Fitri

  • Simpan barang berharga ditempat yang paling aman. Simpan barang-barang berharga seperti surat-surat penting, uang dan perhiasan ditempat yang paling aman.

  • Cabut listrik dan gas untuk meminimalisir resiko kebakaran. Untuk menghindari resiko kebakaran akibat kenaikan daya yang menyebabkan konsleting listrik, matikan semua perangkat elektronik yang tidak diperlukan, cabut kabel dari stop kontak. Jangan lupa mencabut selang regulator dari tabung gas dan kompor untuk menghindari kebocoran gas.

  • Kunci semua pintu dan jendela. Sebelum meninggalkan rumah pastikan semua pintu dan jendela dalam keadaan terkunci. Bila perlu pasang pengamanan rangkap pada bagian yang sering menjadi incaran penjahat seperti lemari, kamar tidur dan pintu bagian belakang. Jangan meninggalkan kunci penting seperti kunci motor, mobil dan lemari di rumah. Selain itu, hindari kebiasaan meletakkan kunci cadangan dibawah pot, dibawah keset, karpet atau ditempat lain yang mudah dijangkau oleh penjahat. Pada pintu bagian depan, usahakan tidak menggunakan gembok yang mencolok. Gembok yang terlihat dari luar akan menarik perhatian penjahat, karena pintu yang tergembok menandakan rumah dalam keadaan kosong.


Demikian penjelasan kami mengenai artikel Tips aman meninggalkan rumah saat sholat idul fitri Semoga bisa menjadi referensi serta bermanfaat bagi anda.


13 komentar

Kang, klo pintu dan jendela udh ditutup dluan trus nyimpan barang berharganya dimana kang? :D

Nah ini yg kdng kita kurng sadar ya kang, kejahatan msh saja ad meski pada bulan Ramadhan dan waktunya Lebaran. Minggu lalu nih kang di daerah rumah saya, tetangga samping rumah dan rumhnya dket lho sm masjid, eh ya ampun itu maling gk ad segen segennya kang, dijebol jg rumah dket masjid loh..

Udh dket aja ya kang lebarannya, klo gtu saya mau bersih" rumah dan skitarnya dlu ben resik, adem, dan anteng. Tips diatas hrus dilakukan jg, biar shlat ied ntinya bs fokus dan fkiran aman ya kang. Terimakasih kang udh mengingatkan kita.. mhon maaff lahir bathin kang TP.

ini kadang disepelekan, padahal klo kejadian sangat merugikan, tips yg sangat berguna mas

simpan aja di dalam brangkas....neng di janin aman sulaiman....

Iya betul mas kejahan itu bisa datang kapan saja termasuk dibulan yang begitu bahagia menurut agama islam yaitu hari raya idul fitri, mungkin harus lebih hati hati lagi ya mas kalau mau berpergian dan tidak hanya pada mudik saja.

ini tips yang penting nih, soalnya kalau udah pada sholat ied kampung jadi sepi,,

terlalu fokus ke sholat eidznya...weeee maling masuk rumah....

makasih tipsnya om, tau aja nih yang mau mudik, haha

wah kebangetan banget ya kang kalau sampe ada maling pada saat hari raya. orang lain pada ke mesjid eh dia malah ke rumah orang. itu bener banget tuh cabut listrik dan gas biar terhindar dari resiko kebakaran :)

Salah satu tips supaya aman juga biasanya saya titip rumah sama petugas keamanan yang selalu setia berjaga, itu jauh lbh aman, mas...


EmoticonEmoticon