Cara mengaktifkan meta Deskripsi blog

Tags

triknews - Cara mengaktifkan meta Deskripsi blog. Berbicara tentang trik seo terkadang kita juga merasa bosen , hari-hari selalu ngomongin soal seo, namun diakui atau tidak masalah seo sangat berhubungan erat dan besar pengaruhnya terhadap kwalitas dan popularitas sebuah situs. Begitu pula Dalam membuat dan meletakkan Meta deskripsi blog tidak boleh asal-asalan, Meta deskripsi pada umumnya bisa kita sandingkan dengan meta keywords, meta deskripsi merupakan atribut HTML yang berisi tentang penjelasan singkat yang mewakili isi niche blog secara keseluruhan,  fungsi dari meta deskripsi adalah membantu menyajikan informasi singkat dihasil pencarian google, dari meta deskripsi akan ditampilkan di hasil pencarian google atau SERP,  jika kata kunci yang dijadikan kriteria pencarian memiliki relevansi dengan text yang terdapat dalam meta descripsi dari isi blog yang bersangkutan.

 Cara mengaktifkan meta Deskripsi blog

Jumlah karakter yang terdapat didalam meta deskripsi sebaiknya tidak sembarangan, jumlah karakter optimal yang bisa kita masukan didalam meta deskripsi dianjurkan tidak lebih dari 150 karakter.
 meta deskrispi biasanya diletakan diantara kode <head> dan </head>, dan sangat dianjurkan dari sebagian kata karakter descripsi ada didalam setiap artikel.

meta deskripsi tidak ditampilakan didalam halaman posting, namun masih bisa dibaca oleh mesin pencari untuk di tampilkan sebagai pendamping judul blog di hasil pencarian, jadi sangat dianjurkan sekali menambahkan meta description di tiga tempat yang berbeda.

Baca juga : Cara membuat blog menjadi lebih SEO Friendly 100%

1- Menempatkan meta descripsi di Gadget header halaman
Meta descripsi juga bisa di artikan sepintas mengenai topik atau pembahasan isi daripada blog anda (niche). Caranya sebagai berikut,
  • Buka dasbor blog anda.
  • Pilih blog yang akan di aktifkan meta deskripsinya jika blog anda lebih dari satu .
  • Pilih Tata letak
  • Pilih Gadget header halaman
  • Isikan meta Deskripsi blog pada kotak Gadget header, sebelum menyimpan pengaturaan meta Deskripsi copi meta tersebut untuk proses selanjutnya nanti.
  • Klik simpan
 Cara mengaktifkan meta Deskripsi blog
2- Menempatkan meta descripsi di kode HTML blog anda
Berikut adalah contoh penulisan meta deskripsi silahkan paste biasanya terletak di dalam program trik seo html di area (bagian paling atas) <head> dan </head>
<meta content=' ---Paste Meta Deskripsi disisni---- ' name='description'/>
<meta content='-----Tambahkan Meta keywords disini----' name='keywords'/>

3- Cara Mengaktifkan Fasilitas Input Meta deskripsi diblog blogspot.
Pada umumnya blog terutama untuk blogspot, ketika pertama kali digunakan, fasilitas untuk menambahkan meta deskripsi secara default belum aktif, sehingga kita tidak bisa memasukan meta deskripsi niche topik pembahasan blog yang kita buat, oleh karena itu untuk dapat memasukan meta deskripsi , maka kita harus mengaktifkan fasilitas input meta deskripsi terlebih dahulu
 Cara mengaktifkan meta Deskripsi blog

langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Masuk ke akun blog anda, pilih dan klik salah satu judul pada daftar blog anda, jika anda memiliki 1 blog dalam satu akun.
  • pada bilah menu sebelah kiri, silahkan anda pilih menu "stelan" kemudian pilih submenu "Preferensi Penelusuran"
  • Pada bagian tag meta untuk deskripsi, klik Edit
  • Pada tulisan "Aktifkan Deskripsi Penelusuran" Silahkan anda pilih "Ya

  • Masukan deskripsi blog anda pada kotak yang disediakan, sesuai dengan topik blog anda. kemudian klik simpan.

Dengan mengaktifkan fitur tersebut diatas, sekaligus akan mengaktifkan fasilitas input meta deskripsi di blog.
Demikian penjelasan kami mengenai artikel Cara mengaktifkan meta Deskripsi blog Semoga bisa menjadi referensi serta bermanfaat bagi anda.

5 komentar

Rinci banget penjelasannya mas :) ini sangat berguna dan bermanfaat untuk blogger pemula seperti saya ini :) terimakasih mas..

This comment has been removed by a blog administrator.

kalo saya sendiri sih udah mengaktifkan meta deskripsi, ini memang sangat pening banget mas meta ini, seperti rangkuman gitu garis besarnya yah :)

mantao mas tutorialnya, meta deskripsi memang perlu di aktifkan ya sebagai deskripsi di blog kita yang akan tampil di search engine...


EmoticonEmoticon