Cara Tepat Mengurangi Presentasi Bounce Rate Blog

Tags

Apa itu bounce rate, Apa pengaruhnya bounce rate dengan seo blog? . Bounce rate adalah jumlah rata-rata pengunjung yang langsung kabur tanpa permisi meninggalkan blogmu setelah membaca satu artikel pertama yang ia baca. Jadi karena merasa sudah cukup jadi ia langsung menutup blogmu dan langsung pindah ke blo lain, Ini akan memperburuk terhadap SEO blog anda ,Algoritma Google menilai blog kamu akan dianggap sebagai blog yang tidak berkualitas.

Lalu bagaimanakah cara mengeahui bounce rate di blog ? bounce rate di blog dapat di ketahui menggunakan situs statisik blog Saya menyarankan menggunakan Google Analytic untuk menganalisa nilai bounce rate blog Anda. Cek secara berkala nilai bounce rate ini, dan lihat apakah ada perubahan dari waktu ke waktu?

Pelajari laporannya. Cari mana halaman yang memiliki nilai penayangan tertinggi dan juga terendah. Pelajari. Bandingkan. Dari situ Anda akan menemukan banyak ide, kira-kira artikel seperti apa yang bagus di mata pembaca blog Anda. dan berikut inilah

Cara yang tepat mengurangi presentasi Bounce Rate Blog

1- Hindari menulis artikel tunggal
Artikel tunggal maksudnya adalah Anda menulis artikel dengan tema tertentu tapi hanya 1 artikel dan tidak ada lagi artikel pendukung lainnya yang memiliki keterkaitan dengan artikel tersebut. Misalnya saja ketika menulis soal Cara Mendesain Blog Bergaya Profesional , maka setelah selasai mempublish artikel tersebut jangan langsung pindah menulis artikel dengan tema yang lain, misalnya langsung pindah ke tema Resep. Tapi sebaiknya buat lagi judul yang kira-kira ada kaitannya dengan artikel cara mendesain blog tersebut, contoh nya Cara Membuat Logo dan judul Blog Keren karna Mendesain Blog itu ada kaitannya Logo dan judul Blog, Nah dengan demikian pengunjung tidak bisa menolak untuk membacanya karena hal itu adalah artikel yang berkaitan dan masih ada hubungannya dengan isi materi dari artikel pertama.

Baca juga : Hindari 3 penulisan artikel yang kurang seo ini

2- Potong penjelasan artikel
Memotong sebagian penjelasan artikel Ini sangat beralasan untuk mengurangi bouncerate blog. Sebagai contoh kamu buat tutorial cara meningkatkan pengunjung organik, maka sebisa mungkin jika seandainya ada 10 cara cukup sebut 5 dulu dan cara 5 selanjutnya dijelaskan di artikel berikutnya. Ini juga akan memaksa pembaca untuk tidak meninggalkan blogmu sebelum menyelesaikan membaca artikel keduanya sehingga bounce ratenya juga akan berkurang secara berlahan.


3- Sesuaikan Judul artikel dengan isi
Setiap judul artikel haruslah menarik dan sesuai dengan konten. Jangan membuat pembaca kecewa membuka sebuah artikel karena tertarik dengan judulnya, namun setelah dibaca tidak sesuai dengan isi dan hal ini menyebabkan pengunjung langsung kabur tanpa meninggalkan jejak.

4- Sisipkan link internal
Dengan memasang link antar artikel , pengunjung jadi tahu artikel lain yang masih ada hubunganya tanpa harus mereka bersusah payah mengscrol mencarinya sendiri . Ini memungkinkan membuka ruang pengunjung membuka halaman kedua, ketiga dan seterusnya setelah selesai membaca satu artikel. Tetapi, link artikel lain yang benar-benar terkait dan relevan. Buatlah 2 sampai 3 link ke posting lama setiap Anda membuat artikel baru. Begitu juga sebaliknya, kalau saya menyebutnya link berantai atau link BUILDING. Anda bisa mengupdate posting lama atau link BUILDING untuk memasukkan link ke artikel terbaru. Dengan adanya keterkaitan antar artikel ini, dapat menurunkan nilai bounce rate secara signifikan.

Pelajari lebih lanjut tentang : Mengenal lebih jauh apa itu link BUILDING Untuk SEO

5- Buat variasi tautan dalam artikel
Sebisa mungkin jangan hanya menggunakan metode menautkan artikel dalam satu blog dengan satu cara saja, misalnya di sela-sela paragraph hanya disisipkan kata misalnya ‘Baca juga….”. atau ‘Artikel penting lainya .”. ,tak hanya itu anda perlu berekplorasi dengan berbagai trik mulai dari yang saya disebutkan di atas sampai menyisipkan Anchor Text ke dalam paragraph dalam bentuk kata kunci atau label anchort text dari kategori blog anda yang mungkin belum diketahui pembaca. Ini akan berpengaruh kuwat karena mau tidak mau visitor pasti akan mengunjungi link tersebut.

Silahkan pelajari tentang : Cara menyisipkan Anchor Text di postingan

6- Analisa nilai bounce rate blog Anda
Saya menyarankan pelajari Cara mengetahui bounce rate blog dengan Google Analytic. Cek secara berkala nilai bounce rate ini, dan lihat apakah perubahan dari waktu ke waktu? Pelajari laporannya. Cari mana halaman yang memiliki nilai tertinggi dan juga terendah. Pelajari. Bandingkan. Dari situ Anda akan menemukan banyak ide, kira-kira artikel seperti apa yang bagus di mata pembaca blog Anda.

7- Optimalkan ruang sidebar
Buang saja semua widget tak berguna dan hanya membuat loading halaman menjadi lambat. Isi sidebar dengan artikel terpopuler, artikel terbaru, atau juga kategori atau label. Intinya optimalkan sidebar untuk menunjukkan konten hebat Anda kepada pengunjung.

8- Buang sesuatu yang mengganggu
Yang saya maksud, buang pop-ups, toolbar eksternal, iklan widget yang melayang atau lainnya yang menutupi sebagian ruang halaman yang justru membuat pengunjung merasa terganggu. Hindari pula text link ads (iklan yang merubah kata-kata dalam artikel menjadi sebuah link yang menampilkan pop-ups apabila ditunjuk dengan mouse), ketahui lah itu menurunkan pageview.
Oky saya rasa sudah cukup jelas dan cukup sampai disini.

Demikian penjelasan kami mengenai artikel Cara Tepat Mengurangi Presentasi Bounce Rate Blog Semoga bisa menjadi referensi serta bermanfaat bagi anda.

16 komentar

satu lagi mas, buatlah artikel yang selalu membuat penasaran #BAPER heehee

bisa dikurangi juga dengan memaksimalkan loading blog. semakin cepat terbuka akan semakin baik.

Nomor 2 bener banget tuh kang kesan nya maksa banget untuk berkunjung ke halaman berikut nya, semacam itu sama sengan mempermainkan si pembaca :D

Pengunjung tipe seperti itu ya mas yang bisa membuat SEO yang sudah kita bangun akan menjadi buruk kalau ngelihat efeknya ngeri juga ya mas, kita membuat artikel secara hati hati eh malah diperburuk dengan sikap yang seperti itu, sepertinya bisa saya coba nih mas.

Mantap juga euy bahasannya mang,,, jadi nambah wawasan,,, kayaknya Saya jarang menulis artikel tunggal,,, pasti selalu Saya hubungkan dengan artikel lainnya,, cuman enggak semuanya...

saya jarang memperhatikan artikel tunggal nih mas, biasanya kalo beres artikel tentang diet langsung loncat pembahasan, saya mau coba praktekan dulu point satu aja dulu mas. tq

iya ni mas, akhir-akhir ini bounce rate blog membengkak, entah mungkin jarang update kali, tapi makasih tipsnya coba di praktekan dulu

Saya sendiri belum pernah nge-cek bounce rate blog, selama ini hanya melihat statistik pengunjung blog yang ada di dashboard aja.

Ngomong-ngomong nomor 3 tuh saya sering banget tuh saya baca suatu artikel tertipu karena judul saja.. dari judul nya sih menarik banget untuk di baca.. tapi pas di perdalam ehh malah garingdan gak nyambung dengan judul

Ini sangat bermanfaat sekali bagi para blogger!

wah aku trmsuk bounce rate nih.haha
sering nemu jwaban di google yg dicari ya gak pke koment di blognya kdng. hehe
tpi kok blog mreka ttep di number pejwan jg ya mas..

bahkan aku sring buat artikel tunggal mas. krena ngerasa bosen klo buat artikel tema itu aja, akhirnya gnti pandangan lain :D
ohya, buat link baca jg jarang :D haduhh,hehe

Makasih sharingnya ya mas, saya jd tau. bermanfaat postingannya :))

Gak enak banget ya kang kita udah membangunnya dengan susah payah ehh malah ambruk oleh pengunjung tipe seperti itu..

mulai sekarang terapakan trik ini biar visitor makin makjleb mang...

makanya sering-sering mampir ke Triknews neng pasti tahu info-info terupdate...sweerrrr


EmoticonEmoticon