Tips Perawatan Wajah Terbaik Menggunakan Alat Cosmetik

triknews - 5 Perawatan Wajah Terbaik Menggunakan Alat Cosmetik Perwatan Kulit . Tahukah Anda bahwa keberhasilan dalam menggunakan produk perawatan apapun bergantung bagaimana cara Anda menggunakannya dan kapan Anda melakukannya. Sudah menjadi sesuatu yang wajar jika ada perbedaan hasil antara satu orang dengan yang lainnya dalam menggunakan satu produk yang sama. Para ahli dermatologi menemukan bahwa hal ini terjadi karena berbedanya kimia tubuh masing-masing individu. Sederhananya orang sering mendapatkan hasil yang berbeda karena cara mereka menerapkan produk perawatan kulit dengan cara yang berbeda pula.

Apakah Anda sudah terbiasa menggunakan produk perawatan wajah dan kulit? Jika iya lalu bagaimana dengan hasilnya? Jika hasil yang Anda dapatkan belum terlalu baik, bisa jadi hal tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor yang bisa mempengaruhi di antaranya cara menerapkan produk tersebut, cocok tidaknya produk tersebut, atau pemilihan waktu yang kurang tepat.

Jika Anda sudah menemukan produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda, berarti Anda telah memenangkan setengah pertempuran. Mengetahui bagaimana cara menerapkannya merupakan kunci keberhasilan yang lainnya. Tubuh Anda memiliki siklus sirkadian selama 24 jam yang sering dipengaruhi oleh kadar hormon dalam tubuh, lingkungan, serta produksi melatonin dalam tubuh yang mampu melindungi Anda dari sinar matahari dan menyuplai kebutuhan tubuh untuk meregenerasi sel-sel kulit di malam hari.

 Tips

Marilah kita sejenak menyimak mengapa waktu dan metode penggunaan produk perawatan kulit akan menghasilkan sebuah perbedaan. Sederhananya, produk perawatan kulit biasanya bisa berbentuk, gel atau lotion dan krim. Beberapa produk tersebut mengandung bahan aktif dan juga bahan nonaktif. Efektivitas produk bisa bergantung pada bahan-bahan aktif yang terkandung, daya tembus dan serap pada kulit, dan jumlah atau takaran pemakaiannya. Kulit memiliki sistem yang dinamis di mana sifat dan kondisinya bergantung pada suhu, tingkat hidrasi, lingkungan, dan faktor lainnya. Oleh karena itu, kemampuan kulit untuk menyerap bahan-bahan dalam produk dapat sangat bervariasi.

Penelitian yang dilakukan di Institut Riset Biomedis di Barcelona menemukan bahwa jika ada ketidakstabilan pada ritme sirkadian tubuh dalam stem sel-sel kulit, maka sel-sel kulit akan menua akan mengalami penuaan. Oleh karena itu mengatur pola sirkadian tubuh sangatlah penting saat menggunakan produk perawatan kulit.

Ikuti siklus jam di bawah ini untuk mengetahui waktu terbaik untuk menerapkan produk perawatan kulit dan menempatkan rutinitas perawatan kulit Anda pada jalurnya.

Baca juga : Kiat Merawat Wajah Di Malam Hari

Pukul 6 Pagi. Kulit biasanya sangat sensitif pada saat pertama kali Anda bangun. Aktivitas hormon kortisol pada pagi hari akan menghasilkan reaksi histamin berupa sensitivitas, peradangan, atau bahkan alergi. Oleh karena itu di waktu ini Anda disarankan untuk menggunakan krim yang menenangkan atau yang mengandung anti iritasi

Pukul 8 Pagi .Kebanyakan orang biasanya menggunakan produk di pagi hari seperti serum dan pelembab untuk menghidrasi kulit sepanjang hari. Faktanya, kulit sebenarnya tidak membutuhkan produk-produk tersebut di jam ini karena kulit sudah memproduksi sebum alaminya di pagi hari sehingga tidak membutuhkan kelembaban alami. Penggunaan pelembab yang mengandung antioksidan dan tabir surya di jam ini bertujuan untuk melindungi kulit Anda dari radiasi sinar UV, polusi, dan stres.

Pukul 12 Siang.Pada jam-jam ini, tubuh akan memproduksi sebum di kulit sebagai upaya perlindungan alami kulit terhadap sinar UV, terutama jika Anda sering terpapar sinar matahari di luar ruangan. Anda bisa mengoleskan ulang tabir surya di jam-jam ini.

Pukul 4 Sore. Beberapa orang mungkin akan merasa kulitnya yang terlalu kering dan dehidrasi pada jam ini. Hal ini terjadi terutama jika pelembab yang Anda pakai tidak menghidrasi kulit dengan baik. Anda bisa menggunakan serum dan masker pada jam ini karena kulit akan mudah menyerap zat di atas permukaan pada waktu ini.

Pukul 9-12 Malam .Pada malam hari, kulit akan mulai meregenerasi sel-selnya dan memulai periode peremajaan. Ketika tubuh dalam keadaan tertidur si malam hari, tubuh dan kulit akan memperbaiki beberapa kerusakan yang terjadi pada sepanjang hari. Oleh karena itu, persiapkan kulit sebelum tidur. Anda bisa menggunakan krim yang mampu merangsang pertumbuhan kolagen. Pada jam-jam ini, produksi kolagen akan meningkat, radikal bebas akan dinetralisir, serta sel-sel akan dipulihkan.

Setelah mengetahui beberapa waktu terbaik untuk menggunakan produk perawatan kulit, berikut ini beberapa tips bagaimana menggunakan produk skincare Anda dengan tepat:

Bersihkan wajah Anda sebelum mengoleskan produk skincare Anda. Waktu terbaik untuk menerapkan produk perawatan kulit adalah setelah Anda mandi dengan air hangat atau air dingin karena kondisi kulit lebih lembab dan mampu menyerap dengan baik. Jangan pernah menggunakan air panas karena hal itu dapat mempercepat proses penuaan pada kulit. Namun, jika Anda ingin menerapkan produk yang berpotensi komedogenik, percikkan beberapa air dingin saat membilas wajah untuk menutup pori-pori. Jangan menghabiskan terlalu banyak waktu di kamar mandi untuk menghindari paparan klorin dalam air yang berlebihan.

Lebih baik untuk menerapkan produk yang paling ketika kulit lembab karena bahan aktif dapat menembus lebih dalam ketika kulit sedang lembab.

Kulit yang hangat akan menyerap bahan-bahan produk perawatan kulit lebih baik. Oleh karena itu, sebelum menerapkan produk perawatan Anda pastikan kulit Anda tidak dalam keadaan dingin. Jika dalam kondisi dingin, basuhkan atau tepuk-tepuk kulit Anda dengan handuk hangat.

Lapisan kulit paling atas disebut korneum stratum. Lapisan ini terdiri dari sel-sel mati dan kering. Jika lapisan ini terlalu tebal maka kulit akan mengalami penuaan dan kusam dan bahan-bahan aktif dalam produk yang Anda pakai akan susah menembus hingga lapisan terdalam kulit. Oleh itu, lakukan pengelupasan yang ringan dengan scrub ringan.

Ada cara untuk mengetahui apakah bahan dalam produk Anda bisa diserap dengan baik oleh kulit atau tidak. Beberapa bahan alami tertentu akan menciptakan efek atau sensasi kesemutan ketika mencapai lapisan dermis kulit. Anda bisa mengoleskan krim alami (bukan di daerah mata) untuk menguji apakah kulit Anda menyerapnya dengan baik atau tidak.

Dengan mengetahui waktu yang tepat dan bagaimana cara menggunakan produk Anda dengan benar, Anda akan merasakan perbedaan hasil dari penggunaannya. Semoga bermanfaat.

Demikian penjelasan kami mengenai artikel Tips Semoga bisa menjadi referensi serta bermanfaat bagi anda.

2 komentar

Wah ini tips yang sangat bermanfaat mas, sebagian besar belum mengetahui akan hal ini. dengan adanya artikel ini wanita harus tahu kapan waktu yang tepat untuk merawat wajah :)

dari semua waktu diatas untuk merawat wajah, saya sringnya yg pagi sore dan malam mas..


EmoticonEmoticon