Kelebihan dan Kekurangan blog Domain Gratis Blogspot

Tags

Kelebihan dan Kekurangan Blog Gratis bawaan blogger – Seperti yang kita tahu bahwa setiap hari banyak sekali blog baru kian bermunculan, ada blog yang gratis ada juga yang berbayar ? Apa perbedaan antara blog gratis dan berbayar?

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger yang masih memakai alamat defauld blogspot.co.id dan tidak di perlukan biaya atau pajak apapun. Semua data serta dokument blog seperti artikel posting, gambar, video, dll sudah di tampung dan disimpan oleh hosting dari penyedia layanan blog gratis yang anda gunakan. Platform blog gratis yang populer antara lain Blogger atau Blogspot dan WordPress. Blog gratis ini masih menggunakan subdomain atau masih ada embel-embel @blogspot.co.id atau @wordpress.com di akhiran domain blog gratis.

Kelebihan dan Kekurangan blog Domain Gratis Blogspot
(Poto dari Blogger dan Wordpress) Kelebihan dan Kekurangan blog Domain Gratis Blogspot


Blog geratis adalah blog yang tidak memerlukan biaya seperti membeli domain dan hosting setiap tahunya. Jadi besarnya file blog, bandwidth dan tingkat trafik blog pasti sangat di perhatikan oleh pemilik blog berbayar dari segi kapasitas hosting. Besarnya biaya yang di keluarkan tergantung dari paket hosting yang kita pilih dengan mempertimbangkan kapasitas penyimpanan hosting, jika kapasitas hosting sudah tidak mencukupi maka si pemilik blog perlu melakukan upgrade dan mengeluarkan biaya tambahan lagi. Untuk biaya dari segi domain saya rasa tidak jadi masalah karena harga sewa pertahunnya tetap sama, sedangkan hosting pasti akan berbeda seiring perkembangan blog. Jika ada blog gratis kenapa memilih yang berbayar? apa alasanya..? ingin tahu beberapa kelebihan blog dengan domain dan web hosting geratis ? baca artikel ini sampai selesai ..!

Kelebihan dari Blog Gratis


Bebas Kapasitas Hosting
Semua file yang kita unggah ke internet atau semua informasi web data di internet semuanya pasti ada tempat untuk menampungnya yang di sebut web hosting. Kapasitas hosting secara umum terbagi menjadi file penyimanan (disk space), bandwidth, CPU dan Physical Memory, semakin tinggi/besar semakin tinggi biaya sewanya.

Jika kita menggunakan blog gratis misal dari Blogger, maka semua file yang kita unggah ke blog akan ditampung oleh hosting dari Blogger. Sehingga kita bisa bebas mengupload foto atau video dengan ukuran apapun tanpa memikirkan kapasitas penyimpanan file blog kita.


Membuat Blog Gratis Lebih Mudah.
Jika kita membuat blog berbayar atau blog self hosted sendiri maka kita harus melakukan beberapa pengaturan atau konfigurasi antara lain mengarahkan nameserver domain, install CMS di cPanel, dan lain sebagainya. Jika anda masih pemula dalam hal ngeblog maka hal ini bisa jadi sangat merepotkan, karena di lain hal anda juga sadar bahwa yang anda lakukan tersebut tidaklah gratis memakai duwit,... bukan pake daun iya kan..?

Berbeda dengan blog gratis untuk membuat dan melakukan pendaftarannya cukup mudah karena sudah ada panduannya. Jika anda merasa ada yang salah atau kurang puas dengan blog anda, maka anda tinggal menghapus blog tersebut dan anda bisa membuat blog baru lagi.

Blog Gratis Cocok Untuk Coba-coba bagi pemula.
Hampir semua blogger pasti pernah menggunakan blog gratis lebih dari satu di awal belajar ngeblog. Blog gratis memang sangat cocok untuk belajar blogging karena tidak di pungut biaya sepeserpun ?? Lalu apakah blog berbayar tidak boleh untuk belajar dan coba-coba? boleh saja namun saya rasa kurang efektif dan mungkin saja bisa saja merugikan kalau kita masih tahab pembelajaraan. Jika kita sudah memahami menu-menu di dalam dasbor blog, maka jika suatu saat nanti berpindah atau menggunakan platform/CMS blog lain dengn Domain TLD tentunya akan lebih cepat beradaptasi.

Blog Gratis Bisa Migrasi ke Blog Self Hosted
Jika anda merasa blog gratis anda memiliki potensi yang baik kedapannya, maka anda bisa ber-migrasi ke blog berbayar di mulai dengan membeli domain dengan menggunakan TLD dan melakukan custom domain untuk kemudian setelah trafik mulai stabil dan domain sudah terindeks dengan sempurna anda bisa membeli hosting, atau bisa juga langsung membeli domain dan hosting dan langsung ber-migrasi namun tidak saya sarankan, apa alasanya ..? Pelajari Kekurangan blog yang menggunakan domain TLD.

Blog Gratis Juga Bisa Populer, Besar dan Menghasilkan Uang
Apapun blognya jika di kelola dengan baik pasti bisa tumbuh besar dan populer, dalam hal ini blog gratis maupun berbayar tidak ada bedanya. Semua mempunyai peluang dan potensi yang sama untuk berkembang, populer dan sama-sama bisa menghasilkan uang dari blog. Kalau soal memonetasi blog mungkin ada sedikit perbedaan antara blog gratis dan berbayar, jadi tergantung cara mana yang anda gunakan untuk mendapatkan uang dari blog. Contoh saja anda ingin menghasilkan uang dari blog dengan cara membuka iklan mandiri, maka blog berbayar sedikit lebih unggul dari blog gratis dari sudut pandang si calon pemasang iklan tetapi itu dulu, namun seiring populernya jasa layanan periklanan Google Adwords, pemasang iklan lebih memilih ke Google Adwords ,

Google Adsense dan Google Adwords adalah jasa Advertiser terbesar di dunia sehingga si calon pemasang iklan lebih meyaQini dengan pempercayakan iklanya di Google Adwords sangat menguntungkan dan tepat sasaran, jadi pada intinya blog gratis maupun berbayar tidak ada bedanya

Blog Gratis akan terus aktif seumur hidup
jika cara anda mengelola blog wajar sesuai ketentuan blogger.com maka blog saya rasa aman-aman saja, blog akan terus eksis selama artikel di kunjungi orang dan di sukai pengguna , jika blog berguna bagi para penggunanya maka blog akan terus aktif sepanjang masa.

Lanjutkan membaca Kekurangan Serta Kelemahan Blog Gratis >> lihat selengkapnya...

Demikian penjelasan kami mengenai artikel Kelebihan dan Kekurangan blog Domain Gratis Blogspoti Semoga bisa menjadi referensi serta bermanfaat bagi anda.

4 komentar

Wah wah banyak juga ya kelebihan blog gratis itu mas, tapi itu kenapa kelemahannya harus di lanjut ke berikutnya mas ? Trik mungkin ya :-)

kelebihan yang paling terasa dari blog gratis adalah tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa hosting atau sewa domain mas

setidaknya kita cukup di blogger saja mas, kemarin mencoba ke wp tapi tidak bisa leluasa mengatur tampilan untuk blog gratisnya. beda dengan blogger

setidaknya kita beli domain saja mas ya


EmoticonEmoticon