December 07, 2016

Apa Itu Gempa Bumi

Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa Bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak Bumi (lempeng Bumi). Frekuensi suatu wilayah, mengacu pada jenis dan ukuran gempa Bumi yang di alami selama periode waktu.

Gempa Bumi diukur dengan menggunakan alat Seismometer. Moment magnitudo adalah skala yang paling umum di mana gempa Bumi terjadi untuk seluruh dunia. Skala Rickter adalah skala yang di laporkan oleh observatorium seismologi nasional yang di ukur pada skala besarnya lokal 5 magnitude. kedua skala yang sama selama rentang angka mereka valid. gempa 3 magnitude atau lebih sebagian besar hampir tidak terlihat dan besar nya 7 lebih berpotensi menyebabkan kerusakan serius di daerah yang luas, tergantung pada kedalaman gempa.


pengertian dan maksud Gempa Bumi


Gempa Bumi terbesar bersejarah besarnya telah lebih dari 9, meskipun tidak ada batasan besarnya. Gempa Bumi besar terakhir besarnya 9,0 atau lebih besar adalah 9,0 magnitudo gempa di Jepang pada tahun 2011 (per Maret 2011), dan itu adalah gempa Jepang terbesar sejak pencatatan dimulai. Intensitas getaran diukur pada modifikasi Skala Mercalli.

Jenis-jenis Gempa Bumi

Gempa bumi tektonik.
Gempa Bumi ini disebabkan oleh adanya aktivitas tektonik, yaitu pergeseran lempeng-lempeng tektonik secara mendadak yang mempunyai kekuatan dari yang sangat kecil hingga yang sangat besar. Gempa bumi ini banyak menimbulkan kerusakan atau bencana alam di Bumi, getaran gempa Bumi yang kuat mampu menjalar keseluruh bagian Bumi. Gempa bumi tektonik disebabkan oleh pelepasan tenaga yang terjadi karena pergeseran lempengan plat tektonik seperti layaknya gelang karet ditarik dan dilepaskan dengan tiba-tiba.


Gempa bumi tumbukan.
Gempa Bumi ini diakibatkan oleh tumbukan meteor atau asteroid yang jatuh ke Bumi, jenis gempa Bumi ini jarang terjadi


Gempa bumi runtuhan.
Gempa Bumi ini biasanya terjadi pada daerah kapur ataupun pada daerah pertambangan, gempabumi ini jarang terjadi dan bersifat lokal.


Gempa bumi buatan.
Gempa bumi buatan adalah gempa bumi yang disebabkan oleh aktivitas dari manusia, seperti peledakan dinamit, nuklir atau palu yang dipukulkan ke permukaan bumi.


Gempa bumi vulkanik (gunung api).

Gempa Bumi ini terjadi akibat adanya aktivitas magma, yang biasa terjadi sebelum gunung api meletus. Apabila keaktifannya semakin tinggi maka akan menyebabkan timbulnya ledakan yang juga akan menimbulkan terjadinya gempa bumi. Gempa bumi tersebut hanya terasa di sekitar gunung api tersebut.

Sumber data: wikipedia

Demikian uraian kami pengertian dan maksud Gempa Bumi Semoga bisa menambah pengetahuam serta bermanfaat bagi anda.

13 komentar

terima kasih mas, pengetahuan umumnya tentang gempa, minimal mengenal macam macam gempa dan awalnya :( . semoga saudara kita di aceh diberi kekuatan dan kesabaran menghadapi ini

Banyak sekali jenis gempa bumi, dan hari ini gempa menimpa saudara di Aceh, semoga mereka tabah dengan musibah hari ini. Amin.

Banyak juga jenis - jenis gempanya yah,,, 6,5 aja udah bisa merusak segalanya,, apalagi 9 ?

Ngeri mas saya tidak mau mengalami lagi gempa bumi karena selain bikin pusing juga bisa mengancam keselamatan.

kalau 9, udah babat bingkas sumatera kang -_-. ngeri

Jadi ingat gempa beberapa waktu lalu di Malang. Saking lelapnya, aku nggak terasa, padahal lumayan kencang.

Semoga saudara2 kita di aceh diberi kesabaran dan ketabahan

Aku masih kurang paham tentang gempa bumi runtuhan

Jadi inget pelajaran kelas 5 SD. Ironisnya, baru ingat setelah baca postingan ini

Kalau nggak salah, waktu tsunami aceh dulu kekuatan gempanya sampai 9 skala ya?

Aku paling takut sama gempa. Apalagi kalau sedang berada di bangunan bertingkat. Request posting tentang keamanannya boleh?

dlu prnh ngerasain jg gempa/lindu di rumah dan di skolah mas, jd takut dan lgsg keluar dri ruangan.
pengetahuan yg spt ini wajib dipelajari, biar kita bs dekat dgn alam, jd cinta dengan alam.


EmoticonEmoticon