Apa yang membedakan Page view dengan visitor blog?

triknews - Apa sih yang membedakan antara Page view dengan visitor blog...? perbedaan Page view dengan visitor ini sepertinya sangat mengganjal dipikiran bagi anda blogger kemaren sore yang baru saja iseng belajar ngeblog, atau bagi anda blogger goblog kurang cerdas yang bertahun tahun ngeblog tetapi belum juga memahami apa perbedaan Page view dengan visitor blog.

Oky Sebelum membahas lebih jauh mengenai Apa perbedaan Page view dengan visitor blog?, ada dua hal yang perlu diketahui yaitu kata dasar dari visitor(pengunjung) dan page view (tampilan halaman - PV ), karena saya lihat sendiri masih banyak yang beranggapan benar tetapi keliru mengenai istilah visitor dan page view, bahkan masih ada dari para blogger perpendapat dengan seenaknya bahwa page view itu adalah pengunjung blog, atau visitor itu sama dengan Page view dan sebaliknya.

Perlu diketahui bahwa kedua istilah tersebut adalah beda tipis, tipis tetapi beda anggap saja sebelas dua belas. visitor adalah jumlah pengunjung yang membuka blog anda, sedangkan page view (PV) adalah jumlah halaman yang ditampilkan atau dilihat oleh pengunjung blog anda baik itu robot atau manusia, pintu masuk pengunjung ke blog anda bisa datang dari berbagai sumber diantaranya bisa dari mesin pencari (pengunjung organik), bisa dari link yang anda sebar atau dengan mengunjungi url blog anda secara langsung yang sebelumnya telah menyimpan alamat blog anda (Bookmarks), ketika user ID mengunjungi blog anda, bisa jadi pengunjung tersebut melihat beberapa artikel anda yang lainnya karna mereka tertarik dengan artikel tersebut, nah jika orang tersebut membuka lagi halaman yang lain maka angka Page view bertambah, semakin banyak artikel yang dilihat oleh setiap pengunjung blog anda maka page view akan semakin tinggi.

Perbedaan Page view dengan visitor yang sebenarnya

Perbandingan visitor dengan page view minimal 1 banding 1, saya sedikit beri gambaran sederhana.

Keterangan: 1
A- Ada 1 seorang pengunjung blog anda yang hanya melihat 1 dari halaman blog anda,
Maka nilai page view 1 - visitor 1

B- Pengunjung blog tersebut setelah melihat halaman yang pertama kemudian membuka lagi 3 halaman blog anda berikutnya.
Maka Nilai page view 4 - visitor 1



Keterangan: 2
A- 5 orang pengunjung blog anda masing masing hanya melihat 1 dari halaman blog,
Maka nilai page view 5 visitor 5

B- Jika misalnya Dari 5 Pengunjung blog tersebut masing masing melihat 3 halaman blog anda.
Maka Nilai page view 15 - visitor 5


Kesimpulanya jika setiap pengunjung melihat lebih dari satu artikel blog anda maka jumlah page view akan lebih tinggi dari jumlah visitor blog anda. artinya jumlah page view yang tinggi belum tentu jumlah pengunjungnya banyak, namun jika jumlah pengunjung blog banyak maka dapat dipastikan jumlah page view (PV) bisa semakin tinggi. anda mengerti ? saya harap demikian.

Perhatikan gambar berikut,!


Gambar visitor.

Gambar diatas menunjukan jumlah user ID pengunjung atau visitor blog masing masing yang bersumber dari tiga mesin pencari.
  1. https://www.google.co.id/ (search engine Google)
  2. https://www.google.com/ (search engine Google)
  3. http://www.bing.com/ (search engine Yahoo atau bing)


Gambar Page View.

Gambar diatas menunjukan jumlah Page View atau tayangan halaman yang dilihat pengunjung blog.

Baca juga : Cara meningkatkan trafik blog dengan pengunjung organik

Demikian penjelasan kami mengenai artikel Cara membedakan pengunjung organik blog dengan visitor Semoga bisa menjadi referensi serta bermanfaat bagi anda.

4 komentar

OOOOhhhhhh... sudah 7 bulan ngeblog. saya masih dung dung banget nihhh...makanya saya suka banget ubek-ubek blog ini... jadi seperti itu toh perbedaan page view dan visitor... sangat informatif...

tapi lama lama akan pintar serta menguasai ilmu seo neng

Perbedaan yang tipis soal pageview dan visitor blog bisa membuat salah kaprah ya mas, tapi dengan penjelasan yang lengkap disini semoga semuanya jadi terang benderang...

aku baru tahu bedanya makasi sharenya


EmoticonEmoticon