Duwit habis pasca lebaran ini yang harus kamu lakukan

triknews - Selama bulan Ramadan dan menjelang hari raya Idul Fitri peningkatan harga kebutuhan pokok memang banyak dijumpai di pasar pasar tradisiinal ataupun di pusat perbelanjaan mewah. Munculnya keinginan keinginan untuk persiapan lebaran yang membuat pengeluaran cenderung meningkat. Mulai nyiapin baju baru, diskon besar-besaran berbagai promo menarik di pusat perbelanjaan, bikin aneka kue dan segala macam tetek bengeknya hingga kemudahan dalam berbelanja online.


Nah hal-hal seperti inilah yang patut kita waspadai, karena jika tidak pandai mengontrol diri, maka pengeluaran selama Ramadan hingga lebaran akan jadi tidak terkontrol debit keuangan menjadi tinggi. Tetapi apa boleh buat karna hal ini merupakan tradisi dan kebutuhan tahunan yang mau tidak mau harus di sediakan. Namun jika sudah terlanjur terjadi yang menyebabkan uang menipis bahkan sampai terkuras habis setelah lebaran, apa sih yang harus di lakukan... ? Pinjem tetangga apa gadaikan barang ? Upss tunggu dulu.!!!

Bagi yang belum terbiasa dengan pola pengaturan keuangan, biasanya setelah Lebaran, THR dan gaji habis ketika pulang mudik. Sekarang mari kita memulai mengevaluasi serta membayangkan Lebaran untuk tahun depan, agar masalah keuangan di bulan Ramadan dan bulan syawal (Lebaran) yang saat ini tidak terulang lagi di tahun yang akan datang dan bisa kita pecahkan masalahnya.

Baca juga : Cara hemat liburan pasca lebaran

Langkah pertama adalah merencanakan Ramadan dan Lebaran dari sekarang Secara kalender masehi, Menurut perhitungan Tahun Hijriyyah dan tahun Masehi, Lebaran maju 10 hari dari hari Lebaran tahun ini untuk itu, kita sudah mulai menghitung semua pengeluaran untuk tahun depan dengan melihat apakah ada kemungkinan kita akan berlebaran di mana di jonggol atau di kampung.

Jika tahun ini berlebaran dikediaman tempat tinggal kita sudah begitu banyak debit dan pengeluaran uang kita, bagaimana jika tahun depan kita berlebaran satu keluarga di kampung halaman yang memang jauh dengan tempat kerja atau tempat tinggal kita yang sekarang ini ? nah anggaran yang tinggi kebutuhan yang berlipat jelas sudah menanti.

Untuk mengantisipasi kebutuhan yang diprediksi semakin meningkat, pengeluaran duwit semakin tinggi yang bakal terjadi lebaran tahun depan, kita siapkan mulai dari sekarang yaitu dengan giat bekerja rajin menabung, utamakan kebutuhan ketimbang keinginan, bergaya hidup sesederhana mungkin dan jangan banyak tingkah.

Jika ditanya bagaimana kalau duwit habis setelah lebaran apa yang musti dilakukan, yang memang kondisi keuangan sudah menipis, mau tidak mau kita
siapkan linggis cangkul atau alat berat lainya pergi ke ATM. mau ngapain coba ? membobol ATM ..? husss jangan! maksudnya ambil duwit di ATM gitu lhoo itupun kalau kita memiliki tabungan, kalau tidak bagaimana coba ?. yaaa terpaksa hidup dengan sisa duwit dengan menghemat sehemat mungkin sebelum gajian datang. Namun yang harus diusahakan jangan sampai berutang. Nah, sebelum terjadi defisit maka kamu harus benar-benar pandai mengatur keuangan untuk kebutuhan penting serta lebaran di tahun berikutnya . Semoga tips ini bermanfaat ya.

3 komentar

Kalo habis ya sudah, jgn nangis.. Heheh

kenapanggak sekalian menyiapkan bom molotof dari botol kaleng bekas bir atuh mang, jangan lupa ke ATM nyapake sarung doang yah

harus kerja semangat lagi cari duit....


EmoticonEmoticon