Begini Cara Agar Memory Local Disk C Tidak Cepat Penuh

Triknews - Bagaimana sih agar Memory Local Disk C Tidak Cepat Penuh - Local disk C pada PC komputer atau laptop penuh itu adalah masalah serius yang segera di selesaikan. Untuk memastikan laptop dapat berjalan dengan baik, kamu harus memiliki ruang bebas pada harddisk kamu khususnya local disk C. Pasalnya, OS membutuhkan banyak ruang untuk menjalankan berbagai tugas. Jika local disk C kamu hampir penuh dan sudah ada peringatan tanda merah, artinya kamu harus segera menghapus beberapa file agar ruang Local Disk C bisa longgar, lalu bagaimana Cara Melapangkan Local Disk C Komputer ?

Berikut ini ada 7 opsi cara melapangkan local disk C, tanpa harus repot-repot instal ulang, Agar PC komputer atau laptop kamu tidak berjalan lambat.

1. Identifikasi Local Disk C
Pertama, cari tahu dulu kenapa local disk c kamu bisa penuh, file apa yang paling banyak menggerogoti ruang penyimpanan.
  1. Caranya buka 'Settings app' dari Start menu,
  2. kemudian klik ► 'Komputer' dan pilih ► local disk C.
  3. Dari situlah kamu bisa melihat jelas, penyimpanan kamu habis karena apa? Ada banyak bagian, seperti System & reserved, Apps & games, Documents, Pictures, Music, Video, atau Mail.Biasanya yang paling besar mengambil penyimpanan adalah System & reserved dan Apps & games.



Jika kamu perlu melihat lebih detil, klik saja. Sebagai contoh, klik Apps & games dan kemudian urutkan berdasarkan ukuran untuk melihat apakah ada program ukuran besar yang tidak kamu gunakan.


2. Hapus Aplikasi atau Games yang Tidak Terpakai
Melanjukan cara di atas, kamu bakal melihat daftar aplikasi dan games berdasarkan ukuran yang paling besar. Sekarang keputusan sepenuhnya di tangan kamu, ingin menghapus yang mana.Jadi, bijaklah memilih mana yang dibutuhkan atau tidak.

3. Menghapus File Secara Manual
Semakin lama kamu menggunakan komputer, tentunya banyak file yang tersimpan di local disk C kamu. Beberapa ada yang penting, tapi banyak pula yang hanya file 'sampah'.Jadi, langkah selanjutnya untuk melapangkan penyimpanan adalah dengan cara menghapus file secara manual di File Explorer. Cara ini mungkin memakan waktu kamu, tapi pastikan kamu menghapus file yang memang tidak penting ya.

Silahkan pelajari : Cara Menghapus Local Disk C Yang Penuh Dengan Sendirinya

4. Menghapus File Secara Otomatis
Dalam OS Windows ada fitur utilitas yang bernama Disk Cleanup, yakni sebuah fitur yang dapat kamu gunakan untuk membersihkan junk/temporary atau file-file yang tidak dibutuhkan oleh sistem untuk untuk menghemat ruang pada partisi hardisk.

Caranya pilih partisi yang kamu inginkan, yakni local disk C. Lalu klik kanan dan klik Properties. Ketika jendela Properties sudah terbuka klik Disk Cleanup.

5. Pindahkan File ke Cloud Storage
Jika kamu memiliki banyak file data penting di local disk C, sebaiknya kamu pindahkan ke partisi lain atau pindahkan ke cloud storage seperti Google Drive atau Google dokumen. Instal aplikasi cloud storage, kemudian atur secara otomatis meng-upload file yang ada di folder yang telah kamu tentukan ke Google Drive atau Google dokumen, file anda akan terus aktif dan tersimpan disana (Google dokumen) tetapi jika anda ingin membukannya anda harus dalam keadaan online.

Baca juga : Cara menyalin atau mengupload file ke Google dokumen.

6. Buat Partisi yang Lebih Besar
Seharusnya dengan cara di atas sudah cukup untuk melapangkan ruang penyimpanan local disk C kamu. Namun, jika ternyata partisi local disk C memang terlalu kecil. Apa boleh buat, kamu harus membuat partisi yang lebih besar. Cara ini memang cukup teknis, tapi bisa dipelajari kok. kamu gak perlu repot repot dan ini mungkin cara termudah untuk kamu lakukan yaitu menambahkan ruang cadangan dengan cara menambahkan Flashdisk USB Storage.


7. Simpan file download di Cloud Storage.
Setiap kali anda mengunduh file entah itu berupa video, gambar, teks dokumen atau apalah yang penting jenis file yang memang memerlukan ruang memory, sebaiknnya anda menyimpan di Cloud Storage, kamu bisa menyimpannya di Cloud Storage E atau D. satu lagi seting penempatan file hasil download anda misanya Chrome. Pilih titik baris tiga pada pojok atas sebelah kanan, kemudian pilih Setelan, dan tentukan dimana file anda akan ditempatkan.


Demikian penjelasan kami mengenai artikel Itulah 7 cara untuk melapangkan ruang penyimpanan local disk C Semoga bisa menjadi referensi serta bermanfaat bagi anda.

4 komentar

Selama ini cuma pakai cara 1,2,3 dan 4 mungkin karena tidak terlalu banyak file yang harus disimpan ya
bolehlah kapan-kapan dipakai cara 5,6 dan 7
terima kasih uraiannya sangat jelas dan bisa dipahami

Cara gampangnya pakai disk clean up

Poin empat, menghapus secara otomatis, atau bahkan kadang saya menggunakan cara manual. Menyimpan di partisi hardisk D itu hal yang saya lakukan. Atau jika perlu menyimpan di flash disk, data photo atau lagu.

oh ya pakai cloud storage, sempat kepikiran tapi belum aku coba mas


EmoticonEmoticon