Ingin Domain Blogmu Aktif Selamanya ? Begini Caranya

Cara membuat domain blog aktif selamanya - Domain adalah suatu nama URL blog unik yang menjadi pilihan yang sebelumnya sudah melalui pertimbangan matang, yang berguna untuk mengindentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server dijaringan komputer ataupun internet.

Fungsi domain itu sendiri ialah untuk mempermudah pengguna internet saat melakukan akses ke server. Domain juga diartikan sebagai sebuah kesatuan suatu situs web misal, blogger.com, facebook.com dan lain sebagainya. Nama domain juga sering disebut pula dengan istilah URL atau alamat website.

Di dunia internet Domain sudah bukanlah hal yang asing, melainkan sebuah kewajiban untuk dimiliki karena nama domain ini dapat memudahkan setiap pengguna menemukan alamat website anda. Ada banyak jenis domain yang bisa sobat dapatkan di internet mulai dari yang gratis maupun yang berbayar.

Namun kenyataanya pada sebagian pengguna domain berbayar ini ada yang tidak menyadari bahwa domain tersebut ada masa berlakunnya atau masa aktif pada masa dan waktu tertentu. Pembelian Domain sering kali di salah artikan bagi mereka yang belum tahu betul peraturan dan ketentuan ketentuan yang di berikan pada penyedia layanan Domain. Mereka membeli domain hanya sekedar membeli saja, sehinnga mereka tidak mengingat dan menyimpan data data login dasbor untuk keperluan jika suatu saat domain diperlukan untuk di perpanjang.

Nah kali ini Mas Admin triknews akan mengingatkan sekali gus memberi satu tips agar anda selaku pengguna domain berbayar, bagaimana agar domain URL blog anda akan terus aktif sepanjang waktu, caranya sebagai berikut.

Baca jua : Cara Memilih Domain Yang Baik dan Seo

  1. Ingat tanggal masa aktif umur domain.
    Pada umunya pengguna domain berbayar kelas menengah kebawah, mereka membeli domain satu kali untuk masa aktif satu tahun, agar anda tetap bisa memperpanjang masa aktif domain sebelum masa aktif habis, ingat tanggal jatuh tempo domain berlaku.
  2. Simpan data login.
    Agar anda tetap bisa mengakses akun dasboard domain, anda di haruskan menyimpan data data terkait dengan domain anda, termasuk email dan paswoord saat anda mendaftar dan membeli domain tersebut.
  3. Perpanjang masa aktif domain sebelum masa aktif habis (kadaluarsa).
    Agar server DNS yang terhubung dengan domain blog anda akan terus berfungsi, anda diwajibkan memperpanjang masa aktif domain sebelum masa aktif habis. jika tidak makan server DNS serta jaringan yang berkaitan dengan URL domain blog anda akan terputus secara otomatis dan hal ini di luar tanggung jawab pihak penyedia layanan domain.
  4. Simpan ke Bookmark situs penyedia layanan domain.
    Untuk berjaga jaga setiap saat agar anda tetap mudah mengakses ke situs penyedia layanan domain, sebaiknya anda menyimpan alamat situs penyedia layanan domain dimana anda mendaftar dan membeli domain tersebut, kunjungi situs penyedia layanan domain paling tidak satu bulan sekali agar anda mengetahui informasi informasi terbaru yang mungkin ada kaitanya dengan domain yang anda beli.

Baca juga : Cara Mengetahui Umur Domain dan Alamat Admin Blog.

Dengan menyimpan dan mengingat ingat 4 tips diatas maka anda tidak bakal kehilangan domain blog yang anda sayangi, dan anda akan tetap bisa memperpanjang usia domain kapan pun sesuai masa aktif yang anda kehendaki.

7 komentar

Kalau aku lihat kinerjanya dulu. Kalau pelayanan baik dan server tidak sering down, ya hajar aja mas :-)

Mungkin domain blogku akan bernasip tidak diperpanjang, entahlah aku bingung

neng Maya mungkin baru menyadari bahwa domain itu ada masa aktifnya ya....dan neng maya mingkin sudah kehilangan data data untuk login....

saya kira ada cara lain yang tanpa harus keluar biaya.. hehehe

This comment has been removed by a blog administrator.

Salah satunya begitu, tp tahu kalau suatu saat masa aktif akan berakhir
tapi ada masalah lain yang tak mungkin utk diungkapkan
tp jujur ngeblog tetap suatu keinginan dan menulis adalah penyaluran hobi

Horror banget kalau sampai kehilangan domain blog. :'D


EmoticonEmoticon