Apa itu Abses ? Gejala dan Penyebabnya

Apa yang di makhsud Abses? - Untuk memahami tentang penyebab dan gejala awal terjadinya penyakit Abses perlu ketelitian serta sering seringlah memperhatikan kesehatan kulit anda. Abses adalah reaksi alami tubuh akibat adanya perlawanan dari sistem kekebalan tubuh terhadap suatu infeksi yang menyerang jaringan tertentu. Perlawanan sistem kekebalan tubuh sendiri diwakili oleh sel darah putih. Sel ini akan bergerak melalui dinding pembuluh darah dan berkumpul di dalam jaringan yang mengalami kerusakan.

Proses ini kemudian akan menghasilkan cairan yang biasa kita sebut nanah. Nanah yang dihasilkan dari proses perlawanan ini terdiri dari sel darah putih yang hidup maupun yang sudah mati, jaringan yang mati, bakteri, atau benda asing lainnya. Sebagian bakteri memiliki kemampuan membentuk bahan kimia yang bertujuan mengganggu kesehatan manusia, maka dari itu kelompok bakteri tersebut mampu menghasilkan nanah lebih banyak daripada bakteri lainnya. Contohnya adalah Staphyl0c0ccus aureus dan Strept0coccus pyogenes.

Apa penyebab abses

Beberapa bakteri pembentuk nanah antara lain adalah Pseudomonas sp, cocci pyogenes (kelompok Streptococus dan Staphylococcus), kadang-kadang Escherichia coli yang merupakan bakteri yang umumnya terdapat di lingkungan kandang hewan. Luka yang terbuka di bagian permukaan tubuh akan memudahkan bakteri masuk secara persisten dan akan menyebabkan terbentuknya eksudat purulen. Isi dari abses sendiri adalah bentuk cair mengandung sel-sel mati, bakteri, dan debris lainnya. Isi abses ini mulai semakin banyak, menciptakan ketegangan di bawah kulit dan peradangan lebih lanjut dari jaringan sekitarnya. Tekanan dan peradangan menyebabkan rasa sakit.

Orang dengan sistem kekebalan yang lemah dapat terkena abses lebih sering. Dan berisiko mengalami abses yang lebih parah. Hal ini karena tubuh memiliki penurunan kemampuan untuk menangkal infeksi.

Di Mana Abses Bisa muncul?

Kebanyakan dari kita hanya menduga bahwa abses alias konsentrasi nanah hanya bisa terjadi di area luar tubuh atau kulit. Faktanya, nanah juga bisa terbentuk di bagian dalam tubuh.

Kulit :
Memang kebanyakan abses terbentuk di bawah kulit. Contoh paling umum dari abses jenis ini adalah bisul, yaitu infeksi di akar atau folikel rambut yang kemudian berkembang menjadi abses kecil di area tersebut. Gejala dari terkonsentrasinya nanah di kulit biasanya berupa pembengkakan. Selain itu, abses bisa juga memunculkan warna kulit di daerah yang terkena infeksi menjadi kemerahan, terasa nyeri, dan terasa panas.

Dalam tubuh :
Abses juga bisa terbentuk di dalam tubuh seseorang, baik di dalam organ tubuh maupun di dalam ruang antar organ tubuh. Untuk menentukan terjadinya abses di dalam tubuh, pemeriksaan bisa dilakukan dengan pemindaian utras0n0grafi. Salah satu contoh dari abses jenis ini adalah abses hati yang bisa muncul tatkala 0rgan hati mengalami infeksi. Mengenai gejalanya akan sangat tergantung kepada bagian mana yang terkena.


EmoticonEmoticon