Bukan Adsense Yang Lesu, Tetapi Kontennya Yang Kurang Bermutu

Mengapa Pendapatan AdSense Semakin Kecil, Mengapa Penghasilan Adsense Lesu, Apa Penyebab Penghasilan Adsense lambat meningkat ?, 3 pertanyaan yang sering dikeluhkan para publiser. Mendapatkan banyak klik adsense dengan jumlah yang sigdifikan merupakan keinginan dari sekian banyaknya publiser adsense. Hal ini akan bisa terwujud tidak terlepas dari potensi konten yang terdapat dalam website itu sendiri, serta seberapa keistemewaan mutu konten yang kita sajikan kepada pengunjung.


Dari hasil investigasi yang saya lakukan menunjukkan bahwa begitu banyak konten konten yang kurang bernilai, cara penyajian yang kurang mengena dihati para pembaca, sumber data yang begitu masif pembuktian serta fakta yang begitu fiktiv sehingga pengunjung kurang percaya yang menyebabkan pengunjung menjadi kapok untuk berkunjung kembali di lain waktu, Nah inilah dampak dari cara posting blog yang asal asalan, yang penting hadir yang penting posting.

Tidak lama ini ada kawan blogger yang menanyakan kepada saya, ‘Mengapa penghasilan Adsense seringkali berubah atau ada kenaikan dan penurunan secara drastis pada nilai CTR dan RPM?. Hal pertama yang harus di pahami tentang Adsense adalah, bahwa seberapa banyak yang Anda peroleh, tergantung dari seberapa besar uang yang dibelanjakan oleh pengiklan AdWords.

Ingat, iklan yang tampil di blog kita, dibayar oleh pengiklan AdWords!

Analisa sistem dan mengatasi masalah

Diantara beberapa faktor untuk mendorong pendapatan dari Iklan Google AdSense yang paling berpengaruh adalah :

  • Readable Content.
  • Visitor Organik.

jika anda tidak memiliki keduanya maka siap-siap saja iklan dalam blog anda tidak terlihat, atau blog menjadi lahan parkir gratis bagi iklan Google AdSense.

Apa Sih Readable Content ?
Readable Content adalah hal hal yang berkaitan dengan nilai dan bobot konten, Secara bahasa umum Adalah konten yang enak dan pas untuk dibaca, sedangkan secara teoritis adalah konten yang dapat memberikan kenyamanan kepada pembaca karena ada manfaat yang dapat mereka ambil sehingga bisa berdampak baik terhadap psikologinya.

Visitor Organik
Jika blog dalam satu hari dibanjiri visitor kisaran, tidak usah banyak banyak 3K saja maka tidak menutup kemungkinan kita memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan banyak klik iklan, tapi ingat ini hanya peluang yang artinya belum menjadi kenyataan karena bisa jadi pengunjung enggan mengklik iklan.

Dari dua poin diatas adalah benefit yang dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap situs sekaligus pengelolanya. Dengan begitu situs akan memiliki reputasi tinggi di search engine dan tidak menutup kemungkinan akan menjadi situs referensi yang diprioritaskan oleh Google untuk di favoritkan dan di munculkan di search pencari.

Baca juga : Jangan Membuat konten Berkualitas, Kok Bisa ? Ini Alasanya

Jika ke dua poin ini terabaikan, maka tidak ada hal produktif yang bisa berdampak kepada pengguna, sehingga wajar kalau mereka tidak tertarik untuk melakukan surfing di halaman situs anda.

Jika situs memiliki riwayat lalulintas visitor yang baik maka hal ini akan sangat berpengaruh kepada latensi iklan, paling tidak frekwensi tayangan iklan tinggi sehingga bisa memicu bot Google Adsense untuk menampilkan iklan yang lebih baik.

Visitor yang baik adalah mereka yang sedang mencari referensi kemudian menemukan topik yang dicarinya pada situs kita, dikenal dengan istilah uv (unique visitor) atau visitor organik. Biasanya visitor organik ini bisa bertahan lama di halaman landing karena pengunjung benar-benar memperhatikan dan menikmati konten, karna sejatinya konten adalah raja, konten adalah sebuah umpan dalam kail yang diburu pembaca.

Catatan untuk perbaikan :
Mulai sekarang perbaiki isi konten, sorot nilai konten yang sering di buru pembaca, berpikirlah anda seperti membeli baju di toko, tentunya anda tahu mana baju yang kualitasnya bagus dan awet di pake, meskipun fungsi dan bahanya baju itu sama.

31 Responses to "Bukan Adsense Yang Lesu, Tetapi Kontennya Yang Kurang Bermutu"

Riyan Pedia said...

Thanks tipsnya Mas, dan semoga saja saya senantiasa bisa menulis konten yang bermutu. :)

himawan sant said...

Terimakasih tipsnya.
Bermanfaat buat kita semua untuk selalu menulis artikel yang baik.

Unggul Arif said...

Point kedua yang lumayan susah karena penulis tidak bisa mengatur pengunjung untuk mengklik iklan.Walaupun visitor banyak tapi pengunjung masih enggan untuk mengklik iklan.

Nucky said...

Semakin sulit dalam adsense banyak yang harus di pertimbangkan sebelum masuk terlalu jauh di dalam nya

triknews said...

ya adsense itu untung untungan Mas, kalau memeang rejeki ya ..ada ada saja pengunjung yang suka klik iklan

Faranggi Eva Lutvika said...

aku sendiri belum pernah menerapkan adsense sama blog yang ku kelola. selama ini blogging cuma sarana buat sharing informasi penting, media penayur bakat nulis dan yang pasti nyari temen penulis. tapi dalam waktu dekat sih pengen juga nyobain. tapi sebelumnya harus memenuhi blog sama konten bermutu dulu ya biar ke depannya komitmen untuk memberikan konten bermutu tetap terjaga.

triknews said...

Saya do'a kan semoga kedepanya bisa terwujud neng.
☁🎈🎈☁🎈🎈☁
🎈🎈🎈🎈🎈🎈🎈
🎈🎈🎈🎈🎈🎈🎈
☁🎈🎈🎈🎈🎈☁
☁☁🎈🎈🎈☁☁
☁☁☁🎈☁☁☁

triknews said...

Itu yang saya harapkan mas..


👩💬Cool💫
👚👏💥
👖
👠👠


😭💬💬💬😲
👔👉☎👈👚
📱 Call me 📱

triknews said...

Tentu dong..
😊😊😊😊😊😊
😊😊😊😊😊😊
☁☁😊😊☁☁
☁☁😊😊☁☁
☁☁😊😊☁☁
☁☁😊😊☁☁
☁☁☁☁☁☁
🙏🙏☁☁🙏🙏
🙏🙏☁☁🙏🙏
🙏🙏🙏🙏🙏🙏
🙏🙏🙏🙏🙏🙏
🙏🙏☁☁🙏🙏
🙏🙏☁☁🙏🙏
☁☁☁☁☁☁
😁😁☁☁😁😁
😁😁☁☁😁😁
☁😁😁😁😁☁
☁☁😁😁☁☁
☁😁😁😁😁☁
😁😁☁☁😁😁
😁😁☁☁😁😁

Andi Nugraha said...

Terkadang kalau udah terpasang adsense tuh rasanya pengen nerima aja dan nggak mau berjuang. Padahal masih jauh perjuangannya ya, Mas. Ini tulisan nyemangati aku sebelum istirahat, udah mau tidur sebenarnya, tapi sempatin baca dulu lah..he

Sukses selalu, Mas.

Ahmad Zaelani said...

Berarti butuh konten yang berkualitas dong yah dan juga panjang pembahasannya,,, kalau singkat padat dan jelas saja belum cukup... hahah
Baca komen saya di : Jangan Membuat konten Berkualitas Yang Salah Kaprah, Kok Bisa ? Ini Alasanya

jangan dibanding - bandingvkan sama situs besar kayak merdeka detik de el el, wong mereka itu perusahaan besar dan terkenal, yah wajar ajah dong kalau mau posting 50 kata doang hahah... nah dalam lomba blog juga butuh yang berkualitas dan jelas, bukan hanya sekedar singkat pada dan jelas aja, hal tergantung dari apa yang disampaikan dan dibicarakan, kalau soal kehidupan pribadi contoh kek "ng*ntip tetangga lagi,,,," yah paling cukup seratus kata, wong gak penting hahaha :D

Anisa AE said...

Masih perlu banyak survey kalau mau bikin konten yang berkualitas dan bermutu. Supaya adsense menigkat dan cepat cair, hahaha.

Kang Nata said...

Konten bermutu memang agak sulit dibuat, sepertinya saya harus banyak belajar dari Blog ini agar bisa bikin konten bermutu. :)

Andrie Kristianto said...

betul sekali itu mas, kalo artikel bahasa inggris sama indo penghasilannya sama ga ya, atau ada perbedaan

triknews said...

sukses sampai dimana itu Mas ?

triknews said...

kalau dah cair jangan lupa saya..

Asnaji said...

terwujud nikah maksudnya...

Asnaji said...

lhoo bukan kah kita ngeblog dengan mencontoh web papan atas agar kita termotivasi itu malah bagus Mas,

nah ini perlu di jabarkan agar menjadi jelas, kita sebagai admin blog personal kalau tidak mengikuti atau mencontoh blog blog sukses papan atas, perkembangan prestasi ngeblog kita jadi lambat, bahkan bisa dikatakan tidak ada kemajuan karna tidak ada target obyek yang kuat.

Maaf,, bukan berarti saya meremehkan blog dari teman bloger, tetapi ini prinsip pribadi saya.

kita mustinya berpikir seperti saat menghadapi ujian nasional, bagaimana jika diberi pelajaran soal yang gampang, yang ada kita malah mengerjakan soal dengan tidak sungguh sungguh karna tidak target yang menantang, yang menyebabkan kecerdasan otak tidak terasah, tidak ada kepekaan dalam berkreasi.

berbeda jika kita di tantang dengan pelajaran yang mungkin lebih sulit,

nah disitulah skil dan ketrampilan kita sedang diuji, yang bisa memicul otak menjadi cerdas...

bagaimana ..? apakah anda termasuk blogger yang siap maju seperti blogger web papan atas, ?

atau anda puas dengan apa yang anda dapatkan lalu berdiam diri ditempat, ?

pikirkan hal itu..!

Asnaji said...

bayar.....
emang saya guru blogger .

Asnaji said...

berbeda Mas, bayaran klik iklan asing lebih mahal di banding klik lokal

Ella fitria said...

Waaah, jd semangat nih buat nulis konten yg bermutu. Wkwkw
Ajarin aku nulis yg berkualitas dong kak😅

Maya said...

Setiap admin blog punya misi masing-masing, yang berburu dolar ya harus menetapkan kiat-kiat yang mengarah kesana, buat yang sekedar ingin menyalurkan kesenangan dg menulis, tentunya tak ingin terbebani dg hal yang berhubungan dg pencapaian penghasilan adsene, terima kasih untuk tipsnya

Asnaji said...

jawaban yang super sekali....lanjuut

Mayuf said...

Terimakasih tipsnya suhu ��
Saya memang perlu banyak" belajar lagi tentang konten yang berkualitas dan bermanfaat :D

Fajrin.web.Id said...

sangat jelas penjelasannya.. terima kasih

vika hamidah said...

Iya nih kang maaf barubisa bw, soalnya kemarin long weekend jadi website ikutan liburan dulu ahhahaaa.. bener banget nah itu dia bikin tulisan bermutu kudu banyak mikir nih kang hehee, tapi saya akan berusaha meningkatkan kinerja dalam menulis. Semangattt 45

Hans said...

Dari awal ngeblog 2008 sampai sekarang belum nyobain adsense sih mas, heheh.
Tapi emang penting sih soal konten.
Gimanapun juga konten adalah raja :D

Nugraha Fauzi said...

di grup facebook lagi banyak yang ngeluh, mungkin ini penyebabnya, Banyaknya konten rewrite yang cuman ngejar kuantitas dengan mengabaikan kualitas, ya jadinya begini...

Akhmad Muhaimin Azzet said...

Terus memperbaiki kualitas konten ya, Sob...

Maya said...

lanjut kemana nih? Hehe kalau blog jejak maya dengan admin yang sekedar enjoy menulis terbebani dengan konten dan semua atribut yang menyertainya bisa-bisa nggak ada isinya ntar blognya

Bang Day said...

saya suka quote di paragraf akhirnya. trims mas

Post a Comment