Mengetahui Lebih Jauh Apa itu Penyakit Abses Anorektal

Mengetahui Lebih Jauh Apa itu Penyakit Abses Anorektal - Abses anorektal adalah suatu penyakit yang menimbulkan nyeri pada daerah anus akibat infeksi pada kelenjar-kelenjar kecil di dinding anus. Katup anus internal (sphincter ani internus) berfungsi untuk mencegah infeksi dari rongga usus ke jaringan di sekitar anus (perianal). Namun, jika infeksi dari usus berhasil menembus katup ini, penyebaran infeksi dapat mencapai jaringan perianal dan menyebabkan abses.


Abses anorektal biasanya disebabkan oleh infeksi anal atau kelenjar yang tersumbat. Dapat terjadi akibat transmisi atau gangguan 5eksua1, seperti penyakit Crohn atau diverticulitis. Gejala dapat berupa nyeri anal, sembelit, dan demam. Pengobatan standar yang paling umum untuk abses anorektal adalah Pembedahan.

Abses anus atau dengan nama lain disebut juga Abses Anorektal, merupakan penyakit yang terjadi pada daerah sekitar keluarnya kotoran pada tubuh kita. Sebelum menuju anus, saluran pencernaan akhir atau usus akan dipisahkan dengan sebuah katup anus internal (nama lain: spicncter ani internus) dengan fungsi mencegah infeksi dari rongga usus dengan berbagai penyebab infeksi usus. Jika infeksi sudah dapat menembus pertahanan katup, penyebaran dapat sampai hingga jaringan perianal, menyebabkan abses anus.

Abses yang terjadi sering muncul dalam bentuk lepuh berisi nanah dan pembengkakan di daerah anus. Jika disentuh, pembengkakan ini dapat terasa hangat dan berwarna kemerahan. Namun pada abses yang letaknya dalam, terkadang tidak dapat terlihat maupun teraba. Berdasarkan lokasi abses yang terjadi akibat penyebaran infeksi, abses anus dapat dibeda-bedakan sebagai berikut:
  • Abses perianal (merupakan jenis abses anus yang paling umum terjadi).
  • Abses ischiorectal yaitu pada rongga postanal.
  • Abses pada rongga supralevator.
  • Abses pada rongga intersphincter.

Pelajari : Cara Tepat Mengobati Penyakit Abses Anorektal.

Gejala munculnya Abses Anus.

Gejala abses anus yang muncul pada setiap penderita itu berbeda-beda bergantung lokasi munculnya abses. Jika abses terjadi di daerah perianal, gejala yang muncul adalah :

  • Nyeri pada anus secara terus-menerus, terasa menusuk, dan bertambah parah pada saat duduk.
  • Iritasi kulit di sekitar anus yang disertai dengan kemerahan, pembengkakan, dan pengerasan kulit.
  • Keluarnya nanah dari anus.
  • Sembelit dan nyeri yang diakibatkan oleh pergerakkan usus.

Pada abses yang terjadi di daerah anus yang lebih dalam, seperti abses supralevator, gejala yang dapat muncul antara lain:

  • Demam.
  • Kedinginan.
  • Tidak enak badan.

Pada beberapa kasus abses anus yang letaknya dalam, terkadang malah hanya muncul gejala demam saja sehingga cukup menyulitkan diagnosis dan memerlukan bantuan MRI atau CT scan.

Baca juga : Daftar Nama Penyakit dari A sampai Z lengkap .

Perhatian : * Jika Anda perlu bantuan atau hendak berobat berkonsultasilah dengan tenaga kesehatan medis profesional.

4 komentar

waduh baru tau nih nama penyakitnya. dibacanya aja susah.

Wih serem juga nih, kadang gak terdetek gejalanya.

Harus waspada sama gejaanya supaya cepat diketahui nih.

Terimakasih penjelasannya, baru tahu nih.


EmoticonEmoticon