Apa Pengertian Hilal Dalam Sidang Isbat Satu Ramadhan Atau Satu Syawal

Apa Pengertian Hilal ? - Pemantauan hilang sering dilakukan oleh pakar ahli ulama islam atau astronomi guna menetukan awal penanggalan bulan hijriyyah. Dari hasil pemantauan hilal ini berlanjut ke ruang Sidang oleh semua pemuka agama. Kata isbat sendiri (secara harfiah isbat berarti penyungguhan, penetapan, dan penentuan). Sidang isbat adalah sidang penetapan dalil syar'i di hadapan hakim dalam suatu majelis untuk menetapkan suatu kebenaran atau peristiwa yang terjadi.
Penentuan awal Bulan Kalender Hijriyah yang berbeda seringkali menyebabkan perbedaan penentuan awal bulan, yang berakibat adanya perbedaan hari melaksanakan ibadah seperti puasa Ramadhan atau Hari Raya Idul Fitri. Di Indonesia, perbedaan tersebut pernah terjadi beberapa kali.

Siapa Manusia Pertama Yang Melakukan Ibadah Puasa ?

Pemantauan hilal atau Penentuan Awal Bulan.

  • Hisab. Secara harfiah artinya 'perhitungan. Dalam dunia Islam istilah hisab sering digunakan dalam ilmu falak (astronomi) untuk memperkirakan posisi Matahari dan bulan terhadap bumi. Posisi Matahari menjadi penting karena menjadi patokan umat Islam dalam menentukan masuknya waktu shalat. Sementara posisi bulan diperkirakan untuk mengetahui terjadinya hilal sebagai penanda masuknya periode bulan baru dalam kalender Hijriyah.
  • Rukyat. Adalah aktivitas mengamati visibilitas hilal, yakni penampakan bulan sabit yang pertama kali tampak setelah terjadinya ijtimak. Rukyat dapat dilakukan dengan mata telanjang, atau dengan alat bantu optik seperti teleskop. Aktivitas rukyat dilakukan pada saat menjelang terbenamnya Matahari pertama kali setelah ijtimak (pada waktu ini, posisi Bulan berada di ufuk barat, dan Bulan terbenam sesaat setelah terbenamnya Matahari). Apabila hilal terlihat, maka pada petang (Maghrib) waktu setempat telah memasuki tanggal 1.

Hilal adalah bulan sabit muda pertama yang dapat dilihat
setelah terjadinya konjungsi (ijtimak, bulan baru) pada arah dekat matahari terbenam yang menjadi acuan permulaan bulan dalam kalender Islam. Biasanya hilal diamati pada hari ke-29 dari bulan Islam untuk menentukan apakah hari berikutnya sudah terjadi pergantian bulan atau belum. Hilal juga merupakan bagian dari fase - fase bulan.

Penentuan hilal bulan syawal adalah salah satu aktivitas penting yang dilakukan lembaga hisab untuk menentukan hari terakhir pada bulan Ramadan. Hal ini akan menentukan kapan ummat muslim terakhir melakukan puasa dan merayakan Idul Fitri. Metode penentuan hilal yang biasa dilakukan ada dua macam yakni metode hisab dan rukyat.

Selesai.

3 komentar

Dengan melihat hilal pertanda pergantian bulan begitu ya maksudnya mas

Bulan sabit muda ini kadang ngumpet saat mendung atau berawan. Sehingga hisab bisa jadi refrensi lain

Akhirnya hilal terlihat juga yaa kang xixixi sempet bingung puasa itu jumat atau kamis, akirnya ketauan hari kamis.. xixiix


EmoticonEmoticon