Cara Mengetahui Secara Dini Adenokarsinoma Atau Kanker Pankreas

Apa sebenarnya Adenokarsinoma Atau Kanker Pankreas .? Adenokarsinoma Pankreas termasuk kategori tumor ganas yang berasal dari sel-sel yang melapisi saluran pankreas. Sekitar 95% tumor ganas pankreas merupakan adenokarsinoma. Biasanya, kanker pankreas ditemukan saat tumor sudah terlalu besar untuk diobati. Empat dari lima pasien kanker pankreas meninggal dalam waktu satu tahun setelah diagnosis.
Lebih dari 53.000 orang di Amerika Serikat didiagnosis menderita kanker pankreas setiap tahunnya. Ini adalah penyebab utama kematian akibat kanker keempat di Amerika Serikat. Pankreas sendiri merupakan organ di dalam perut yang letaknya horizontal di belakang bagian bawah perut. Pankreas mengeluarkan enzim yang membantu pencernaan dan hormon yang mengatur metabolisme gula.

Apa itu Kanker Pankreas?

Sebenarnya, kanker pankreas terjadi ketika sel-sel di pankreas Anda mengembangkan mutasi pada DNA. Mutasi ini menyebabkan sel tumbuh tak terkendali dan terus hidup setelah sel normal mati. Sel-sel ini dapat mengumpul membentuk tumor. Kebanyakan kanker pankreas dimulai di sel-sel yang melapisi saluran pankreas. Kanker jenis ini disebut adenokarsinoma pankreas atau kanker pankreas eksokrin. Kanker dapat terbentuk dalam produksi hormon-sel pankreas. Kanker jenis ini disebut kanker sel islet atau kanker pankreas endokrin.

Secara spesifik penyebab kanker pankreas belum diketahui, namun para ahli meyaqini bahwa merokok adalah faktor risiko utama, dengan perokok 2-3 kali, lebih mungkin untuk memiliki penyakit dibanding bukan perokok. Usia juga terkait dengan penyakit yang biasanya setelah usia 45. Diabetes juga berhubungan dengan kanker pankreas, dengan sekitar 10% -20% orang yang didiagnosis kanker memiliki diabetes.

Baca juga : Daftar Nama Penyakit dari A sampai Z lengkap

Gejala dini yang bisa di ketahui

Adenokarsinoma pankreas secara khusus tidak menyebabkan gejala sampai tumornya tumbuh besar. Jadi, ketika terdiagnosis, tumor sudah menyebar keluar pankreas menuju ke kelenjar getah bening di dekatnya atau ke hati atau paru-paru. Gejala pertama yang khas adalah nyeri dan penurunan berat badan. Penderita mengalami nyeri perut (biasanya nyeri yang hebat di perut bagian atas yang menjalar ke punggung) dan penurunan berat badan minimal 10% dari berat badan sebelumnya.

Sekitar 80% kanker terjadi di kepala pankreas (bagian pankreas yang dekat dengan usus dua belas jari dan saluran empedu utama), sehingga gejala awalnya yang khas adalah sakit kuning (jaundice) yang disebabkan adanya penyumbatan pada saluran empedu utama. Pada penderita dengan sakit kuning, kuning tidak hanya terjadi di kulit, tetapi juga di bagian putih mata (sklera) dan jaringan lainnya. Sakit kuning disertai dengan rasa gatal yang menyeluruh.

Tumor di badan dan ekor pankreas (bagian tengah dan bagian yang paling jauh dari usus dua belas jari), bisa menyumbat pembuluh balik yang berasal dari limpa dan menyebabkan pembesaran limpa dan varises (pembesaran dan pembengkakan pembuluh balik yang berkelok-kelok) di sekeliling lambung dan kerongkongan. Bila varises tersebut pecah, maka bisa terjadi perdarahan hebat, terutama dari kerongkongan.

Obstruksi usus. Kanker pankreas yang tumbuh ke dalam atau menekan pada usus kecil (duodenum) dapat memblokir aliran makanan yang dicerna dari lambung ke dalam usus Anda..

Perhatian : *Informasi dalam artikel ini bukanlah resep atau nasehat medis. Jika Anda perlu bantuan atau hendak berobat berkonsultasilah dengan tenaga kesehatan medis profesional.

Please comment with the identity of the Gmail account, so we can visit back to your website.
EmoticonEmoticon