Perbedaan antara Google Admob dan AdWords

Apa Itu Google Adwords dan Googlem Admob ? apa yang menjadi perbedaan antara keduanya ? Bagi anda yang baru saja menekuni dunia digital marketing atau dunia ngeblog, saya yaqin anda sering mendengar istilah istilah yang terkait dengan periklanan seperti Adwords, Adsense, ataupun Admob.


Bagi anda pemula yang belum tahu banyak tentang hal hal yang berbau bisnis periklanan jelas akan sedikit membingungkan, karena dari ketiga jenis istilah tersebut diatas memang membahas tentang periklanan. Jika semua membahas tentang iklan, lantas beda nya dimana? Walaupun sama-sama periklanan, namun dari ketiga jenis iklan ini memiliki tugas dan fungsi yang berbeda walaupun berasal dari satu skenario yaqni Google (pengelola).


Ketahui juga : Apa Perbedaan Antara AdWords dan AdSense?

1- Google Admob :
Secara deskripsi, AdMob adalah perpaduan semua fungsi iklan seluler (mobile) yang di butuhkan dalam satu platform, sehingga pupliser dapat menyelesaikan lebih banyak hal dan mencoba memperoleh lebih banyak pendapatan. Desain yang khususkan pada aplikasi yang akan menonjolkan aplikasi Anda.

Jika Anda sudah mahir memproduksi bebagai macam Applikasi seperi Game, Browser, Applikasi tutorial, pokoknya sesuat yang berbahu Applikasi, agar karya anda bisa menjadi sumber penghasilan, anda sangat direkomendasikan mendaftar ke AdMob menggunakan Akun Google yang ada atau membuat akun baru. AdMob juga menggunakan akun AdSense dan AdWords untuk mengelola beberapa fiturnya, seperti pembayaran dan iklan internal. Jika Anda belum memiliki akun ini, Google akan membantu membuatkannya saat Anda mendaftar.

Penjelasan lain, Admob adalah adik saudaranya adsense dan cara kerjanya kurang lebih hampir sama, namun bedanya admob berjalan di platform mobile, Adsense di platform web atau situs mitra google, Pernah nggak ketika anda sedang menggunakan aplikasi di android tiba-tiba muncul iklan? Nah itu adalah iklan dari admob.

2- Google Adwords :
Singkatnya google adwords ini merupakan platform buat pengiklan. Dengan adwords, anda bisa mengiklankan bisnis anda di semua produk google yang mendukung iklan adwords serta situs-situs mitranya google. Jika melakukan searcing di google dan anda melihat hasil pencarian yang ada label ‘Ads’ atau ‘iklan’ dengan lingkaran biru tanda seru, itu merupakan iklan dari google adwords. Banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan adwords, salah satunya ialah produk anda bisa tampil di halaman google tanpa perlu memikiran SEO. Meskipun SEO masih memiliki hubungan dengan adwords, namun keduanya berbeda.

Ok apakah anda sudah paham tentang perbedaan diantara kedua produk google tersebut ? Inti poin dari penjelasan diatas sebenarnya sangat sederhana, kira - kira seperti ini :

Adwords : Tempat beriklan (pengelola Google), anda yang membayar ke google.
Admob : Iklan google tampil di aplikasi dan google yang membayar anda.

6 komentar

keyen nih kang asnaji, baru baca artikel mengenai perbedaan keduanya diatas, biasanya kebanyakan jarang banget penulis membahas mengenai google admob ya kang

persamaannya sama-sama iklan ya, kadang yang seperti ini terlewatkan terutama pemula seperti saya belum terpikirkan
terima kasih informasi menambah wawasan saya yang cuma sibuk ngurusin kasur sumur dapur hehe

Saya jadi paham dan mengerti perbedaannya. Dan google sering mengasih atau menawarkan google adword kepada saya, tapi sering saya tolak, karena isi kantong saya belum cukup.

Meski tanpa memikirkan SEO tentu OKE juga ini Google Adwords yaa...

TErimakasih atas informasinya, saya jadi lebih mengerti perbedaanya. SUkses selalu salam kenal

Setelah membaca artikel menarik ini, aku jadi paham apa itu perbedaan Admob dan Adword.

Semoga pembaca lain juga tercerahkan.
Terimakasih mas Asnaji Triknews.


EmoticonEmoticon