Apa itu abses otot, penyebab, gejala, dan cara mengobatinya

Apa itu abses otot ? Abses Otot Seringkali muncul terbentuk di dalam area otot. Abses ini terjadi akibat penyebaran bakteri dari infeksi tulang atau jaringan lainnya di dekatnya atau akibat penyebaran melalui aliran darah dari infeksi di bagian tubuh yang jauh. Piomiositis merupakan suatu penyakit dimana otot terinfeksi oleh bakteri penghasil nanah yang seringkali menyebabkan terbentuknya abses.


Piomiositis lebih sering ditemukan di daerah tropis dan pada orang-orang yang mengalami gangguan sistem lemahnya kekebalan tubuh. Yang paling sering terkena adalah otot paha, bokong dan lengan atas serta otot di sekeliling bahu. Gejalanya berupa nyeri kram yang diikuti oleh pembengkakan, demam ringan dan rasa tidak nyaman, terutama ketika otot yang terkena digerakkan.

Faktor utama penyebab terjadinya abses otot karna akibat adanya penyebaran bakteri dari infeksi tulang atau jaringan lainnya di dekatnya, namun para ahli menyimpulkan bahwa abses otot (piomisitis) sering kali disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus.


Biasanya abses otot akan menimbulkan gejala yang kerap muncul dan dirasakan oleh penderitanya seperti : demam, nyeri otot dan peradangan pada daerah yang terkena.Otot yang terkena bisa terasa kram dengan adanya pembengkakan dan rasa tidak nyaman terutama ketika otot digerakkan.

Bagaimana abses bisa muncul?

Apabila terdapat infeksi bakteri dibagian otot atau kulit, tubuh akan merespon dengan mengirimkan sel darah putih untuk melawan infeksi di area tubuh tersebut. Sel darah putih kemudian akan menyerang bakteri.

Selama proses ini terjadi, beberapa jaringan di sekitarnya akan mati, meninggalkan lubang yang berisi nanah. Nanah itu sendiri terdiri dari jaringan mati, sel darah putih, dan bakteri.

Ada beberapa macam jenis penyakit Abses yaitu :

  1. Abses (Penimbunan Nanah) more...
  2. Abses Abdomen more...
  3. Abses Anorektal more...
  4. Abses Kepala dan Leher more...
  5. Abses Kulit (Abses Kutaneus) more...
  6. Abses Otak more...
  7. Abses Otot more...
  8. Abses Parafaringeal
  9. Abses Paru
  10. Abses Periapikal
  11. Abses Peritonsiler
  12. Abses Retrofaringeal
  13. Abses Tangan

Pelajari semua tentang penyakit dari A sampai Z lengkap

Bagaimana mengobati abses otot?

Jenis penyakit Abses otot tergolong abses ringan dapat sembuh dengan sendirinya, menghilang tanpa diperlukan perawatan. Namun, terkecuali jika abses berukuran besar sering kali memerlukan pengobatan antibiotik untuk melawan infeksi.

Beberapa prosedur tertentu juga dapat dilakukan untuk mengeluarkan nanah. Biasanya, dokter akan mengeringkan abses dengan memasukkan jarum ke dalam otot atau kulit, atau membuat sayatan kecil pada abses.

Jika Anda memiliki abses yang belum sembuh total, jangan dulu memakai benda-benda yang digunakan bersama orang lain, misalnya peralatan di gym, saun,a atau kolam renang, untuk mencegah bakteri di abses Anda menyebar pada orang lain.

Jangan pula mencoba untuk mengeluarkan nanah sendiri, karena malah bisa memicu penyebaran bakteri pada otot kulit di sekitarnya. Buang semua tisu yang sudah Anda gunakan untuk membersihkan nanah, dan cuci tangan dengan bersih setelahnya.

Perhatian : *Informasi dalam artikel ini bukanlah resep atau nasehat medis. Jika Anda perlu bantuan atau hendak berobat berkonsultasilah dengan tenaga kesehatan medis profesional. Agar artikel ini memenuhi standar kelayakan sebagai pedoman kesehatan, bantu kami dengan pengalaman terbaik anda, tulis opini tentang penyakit Abses otot pada kolom komentar !

2 komentar

Rasa nyeri atau ngilu pada tulang bisa jadi gejala penyakit abses tulang dong ya, kudu periksa ke dokter ini mah supaya jelas penyakit apa yang diderita sehingga bisa ditentukan jenis pengobatannya.

Akibat dari bakteri staphylococcus aureus, aduh serem. Semoga terhindar dari penyakit ini.


EmoticonEmoticon