Buah dan sayuran yang baik untuk vitamin mata

Buah dan sayuran serta vitamin yang baik untuk mata - Mata adalah organ tubuh yang paling vital dari kelima panca indra manusia. Agar dapat berfungsi dengan optimal, Maka mata sangat membutuhkan nutrisi serta vitamin yang di dapat kan dari makanan kita sehari hari. Jika kekurangan nutrisi ini, mata bisa lebih cepat mengalami banyak gangguan sehingga mata tidak bisa berfungsi secara normal. Mata kabur, mata minus, mata katarak atau karena degenerasi makula. Tentu saja akan sangat mengganggu jika jika mata Kita mengalami gangguan tersebut, terutama aktifitas sehari-hari yang sangat mengandalkan mata.

Cara untuk menjaga kesehatan mata dari luar misalnya dengan menggunakan pelindung mata seperti helm dan kacamata ketika berkendara agar debu dan kotoran dari luar tidak masuk dan mengganggu kesehatan mata. Debu dan kotoran yang masuk ke dalam mata dapat menyebabkan iritasi sehingga akan menyebabkan mata merah dan bengkak.

Sedangkan cara untuk menjaga kesehatan mata dari dalam bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat yang baik untuk kesehatan mata. Makana tersebut contohnya adalah buah-buahan yang bisa didapat di sekitar kita.

Mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung senyawa penting bagi kesehatan mata setiap hari adalah solusi terbaik, agar terhindar dari segala kondisi kesehatan mata hingga kita Tua nanti.

Berikut adalah daftar makanan yang memiliki nutrisi untuk memperbaiki kesehatan mata :

Baca juga :




1. Wortel
Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang kaya akan betakaroten sebagai salah satu jenis vitamin A yang membantu fungsi kerja retina dan bagian-bagian lain dari mata. Vitamin A ini yang memberikan warna jingga pada wortel. Wortel dapat dikonsumsi sebagai campuran dalam beberapa jenis hidangan seperti sup atau tumis. Selain itu, wortel juga umum dikonsumsi sebagai minuman dalam bentuk jus.

2. Daun selada
Selada adalah salah satu jenis sayuran yang kaya akan lutein dan zeaxanthin yang merupakan senyawa antioksidan. Menurut penelitian, kedua senyawa ini dapat membantu dengan cara mencegah katarak atau gangguan mata lainnya.

3. Kuning Telur
Telur terutama pada bagian kuningnya merupakan sumber lutein dan zeaxanthin. Kelebihannya, telur juga memiliki kandungan zinc atau seng yang akan membantu dalam mencegah penurunan daya penglihatan mata.

4. Tomat
Selain dapat dipakai untuk menjaga kesehatan kulit, ternyata tomat juga dapat membantu kesehatan mata. Kandungan gizi tomat antara lain vitamin C, vitamin A, dan likopen yang merupakan nutrisi untuk membantu mempertahankan kesehatan mata.

5. Jeruk
Jeruk mengandung vitamin C, serat, folat, kalsium, dan kalium. Vitamin C di dalamnya dapat mengurangi risiko kekeruhan pada lensa mata (katarak).

6. Pepaya
Buah ini mengandung lutein dan zeaxanthin dan yang dipercaya mampu mengurangi risiko penyakit degenerasi makula.

7. Anggur
Flavonoid dalam anggur berperan dalam menjaga mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Post a Comment

7 Comments

  1. Wortel enak banget kalau dibuat jus, saya suka banget, hehe.

    ReplyDelete
  2. baru tau kak kalau Daun selada itu mengandung vitamin mata.
    terima kasih untuk artikelnya yang informatif :)

    ReplyDelete
  3. sip
    wortel nomor satu, selalu saya konsumsi sekarang karena mata kanan saya agak kabur

    ReplyDelete
  4. Mantap dah, untung semua buah dan sayur di atas saya suka dan sering mengkonsumsi, sehingga kesehatan mata 👀 tetap terjaga.

    ReplyDelete
  5. yang biasa aku konsumsi pepaya ama jeruk bang kalau anggur sekali sebulan lah

    ReplyDelete
  6. Biar ngga bosan dan variatif ... wortel diblender dengan perasan jeruk.
    Mata sehat juga seger badan

    ReplyDelete
  7. sebuah keharusan buat orang yang
    sehari hari mantengin layar untuk konsumsi sayur dan buah di atas

    ReplyDelete

Please comment with the identity of the Gmail account, so we can visit back to your website.