Ketahui lebih jauh apa itu abses otak ?

Apa itu Abses otak.? - Abses otak adalah infeksi bakteri yang di sebabkan karna adanya penimbunan nanah di dalam otak, yang bersamaan pembengkakan pada area organ tersebut. Kondisi ini biasa terjadi setelah bakteri atau jamur masuk ke jaringan otak akibat kepala mengalami benturan keras sehingga terjadilah infeksi atau yang biasa di sebut Abses otak. Kata lain pengertian abses otak adalah Sekumpulan nanah yang berkembang di otak akibat adanya infeksi.


Penyakit Abses otak masuk dalam kategori penyakit langka, artinya jarang terjadi pada sebagian banyak orang, Namun satu hal yang perlu anda ketahui bahwa Abses otak sangat rawan serta berbahaya jika tidak segera di tangani secara medis. Tentang abses otak, Siapa pun dapat mengalaminya, namun risiko ini umumnya meningkat sebagian besar pada orang-orang dengan riwayat penyakit seperti:
  • HIV/AIDS, kanker, serta penyakit kronis.
  • Infeksi pada telinga bagian tengah (otitis media).
  • Sinusitis
  • Penyakit jantung bawaan (PJB), seperti tetralogy of fallot (ToF).
    Meningitis.

Ada beberapa macam jenis penyakit Abses yaitu :

  1. Abses (Penimbunan Nanah) more...
  2. Abses Abdomen more...
  3. Abses Anorektal more...
  4. Abses Kepala dan Leher more...
  5. Abses Kulit (Abses Kutaneus) more...
  6. Abses Otak more...
  7. Abses Otot more...
  8. Abses Parafaringeal
  9. Abses Paru
  10. Abses Periapikal
  11. Abses Peritonsiler
  12. Abses Retrofaringeal
  13. Abses Tangan

Penyebab paling umum Abses Otak

Abses otak dapat timbul apabila patogen-patogen menemukan jalan untuk masuk ke otak dan menyebabkan infeksi. Patogen-patogen tersebut dapat memasuki otak melalui jaringan luka kulit yang terbuka pada kepala atau aliran darah. Sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap infeksi ini dengan mengirimkan lebih banyak sel darah putih ke area ini. Respons kekebalan tubuh tersebut menyebabkan iritasi dan peradangan.

Kondisi ini dapat menyerang siapa saja dari segala usia. Namun selain dari orang yang memiliki riwayat penyakit diatas ?. Orang yang mengidap penyakit meningitis dan yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah pun termasuk rentan akan resiko penyakit abses otak ini. Saat sistem kekebalan tubuh seseorang lemah, kemampuan tubuhnya untuk melawan patogen akan menurun.

Sistem kekebalan tubuh dapat melemah karena penyakit dan obat-obatan tertentu. Ini termasuk obat imunosupresan yang dikonsumsi untuk membatasi aktivitas sistem kekebalan agar tidak menyerang sel dan jaringan sehat. Namun, dengan menahan sistem kekebalan, pasien menjadi lebih rentan terhadap infeksi. Sistem kekebalan orang-orang tua biasanya lebih lemah dibandingkan dengan orang-orang yang lebih muda. Riwayat cedera atau operasi sebelumnya juga dapat meningkatkan risiko infeksi.

Baca lebih lengkap : Daftar Nama Penyakit dari A sampai Z lengkap

Beberapa penyakit tertentu yang dapat menyebabkan abses otak, adalah :

  1. Penyakit jantung sianotik. Salah satu jenis penyakit jantung bawaan yang mengakibatkan jantung tidak mampu mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh dan memicu terjadinya infeksi.
  2. Pulmonary arteriovenous fistula. Kelainan yang terjadi pada pembuluh darah paru, mengakibatkan bakteri masuk ke dalam darah dan mengalir menuju otak.
  3. Abses gigi.
  4. Infeksi. Kondisi ini meliputi infeksi paru (misalnya pneumonia), infeksi jantung (misalnya endokarditis), infeksi di rongga perut (misalnya peritonitis), infeksi panggul (misalnya cystitis), dan infeksi kulit.

Gejala dini abses otak

Membutuhkan diagnosis medis, Gejala bervariasi, tergantung pada lokasi abses otak, tetapi dapat berupa sakit kepala dan mual akibat peningkatan tekanan di otak. Gejala neurologis juga dapat hadir pada kasus yang jarang terjadi.

Pengobatan abses otak

Pengobatan abses otak terdiri dari antibiotik dan prosedur medis.
Perawatan termasuk antibiotik dan pemantauan ketat. Dalam beberapa kasus, abses mungkin perlu dikeringkan melalui pembedahan.

Prosedur medis
Aspirasi jarum halus
Memasukkan jarum tipis ke dalam tubuh untuk mendapatkan sampel sel atau cairan. Sampel tersebut lalu diuji di bawah mikroskop untuk memeriksa penyakit.

Drain
Selang dimasukkan ke dalam luka atau bukaan operasi untuk mengeluarkan nanah, darah, atau cairan lain.

Obat Antibiotik dapat Menghentikan pertumbuhan atau membunuh bakteri. Antibiotik penisilin Menghentikan pertumbuhan atau membunuh bakteri tertentu.

Perawatan pendukung.
Pengawasan ketat Memantau kondisi medis sebagai ganti mengambil tindakan langsung.

Perhatian : *Informasi dalam artikel ini bukanlah resep atau nasehat medis. Jika Anda perlu bantuan atau hendak berobat berkonsultasilah dengan tenaga kesehatan medis profesional. Agar artikel ini memenuhi standar kelayakan sebagai pedoman kesehatan, bantu kami dengan pengalaman terbaik anda, tulis opini tentang abses otak pada kolom komentar !

2 komentar

Ehh.. baca informasi seputar kesehatan malah bikin saya merinding gini. Tapi makasih banyak ya mas untuk informasinya soalnya jadi nambah pengetahuan soal penyakit yang ada di otak.

duh bca artikelnya jadi serem iii.. semogga kita selalu diberikan kesehtan ya kang asnaji dan dijauhkan dari berbagai penyakit mematikan. Aminnn


EmoticonEmoticon