Wisata Unik Makam Mbah Mudzakir Sayung Kabupaten Demak

Triknews.id - Wisata Makam Apung Tengah Laut Mbah Mudzakir yang saat ini lagi populer di kalangan warga masyarakat kota Demak dan sekitarnya, Selain karna faktor libur akhir pekan, puluhan ribu orang terus berdatangan selama dua hari ini juga karena bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri.


Makam Mbah Mudzakir Sayung Kabupaten Demak.

KH Abdullah Mudzakir inilah nama yang sudah melegenda yang biasa di sebut sebut oleh masyarakat kota Wali Demak Yang berlokasi di Dusun Tambaksari, Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Untuk menuju Makam Mbah Mudzakir ini pengunjung harus melewati gerbang di desa Purwosari kecamatan Sayung. Selain Makam Mbah Mudzakir, ada dua obyek wisata lainnya yaitu Pantai Morosari dan juga Hutan Konservasi Mangrove di dukuh Senik. Jalan menuju makam dari desa Purwosari tidak begitu lebar sehingga mobil besar seperti bus diharapkan berhati-hati karena jalan yang masih tahap renovasi dan kanan kirinya merupakan tambak dan sungai.


Makam Mbah Mudzakir Sayung Kabupaten Demak.

Lokasi Makam Tengah Laut Mbah Mudzakir bisa ditempuh dengan jalur darat dan laut. Jika melewati darat, akses jalan yang mendekati tempat parkir mobil masih bentuk bebatuan tanah padas. Jika musim kemarau kondisi ini tidak menjadi masalah ,namun jika musim hujan pengunjung harus berhati-hati karena jalanan cukup licin, jalan penghubung berupa rankaian kayu sepanjang 200 meter dari Dusun Tambaksari, Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Demak.

Bila air laut rob pasang, jalan setapak menuju Makam Mbah Mudzakir tak lagi dapat dilalui karena tergenang air. Jika jalan setapak di Dusun Tambaksari juga tak bisa dilewati saat air pasang tinggi, Untuk sampai ke lokasi peziarah atau pengunjung harus naik perahu tarif hanya Rp 5.000 perorang, tetapi jika berkeliling melihat kampung Senik yang tenggelam ongkosnya tambah Rp 5.000 jadinya Rp 10.000 sekali jalan”, kata tukang Ojek,

Panorama pemandangan bibir pantai serta hembusan angin semribit juga tak boleh anda lewatkan, manfaatkan momen ini, ambil beberapa gaya photo selfie mu dengan latar belakang pinggiran pantai yang eksotis menawan dan cantik.

Admin web triknews bersama anak bungsu


Admin web triknews bersama anak sulung


Foto Mbak Inka




Dik Puji lagi galau

Selanjutnya setelah Turun dari perahu peziarah berjalan lagi diatas jembatan kayu sepanjang 200 meter untuk menuju ke makam ditengah laut ini. Awalnya makam ini tidak ada atap dan tidak begitu luas . Seiring berjalannya waktu makam inipun mendapatkan rehap dari ahli waris Mbah Mudzakir yang menjadi pengelola Makam Keramat ini.


Mulanya area pemakaman menyatu dengan daratan Dusun Tambaksari, Namun sejak mulai tahun 2000 Tambaksari terkikis oleh abrasi ombak pantai ketika air laut pasang, seluruh perkampungan pun tergenang, awalnya air pasang hanya menggenangi jalan, tetapi lama-kelamaan mencapai 60 cm, kondisi itu membuat 80% keluarga di dusun itu memilih pindah. Sekitar tahun 2003, sebagian besar rumah rumah kayu mereka cabut untuk pindah ke Desa Purwosari.

Namun penulis mendapat kabar bahwa lima keluarga yang mempunyai hubungan saudara dengan Mbah Mudzakir memilih untuk bertahan karena merasa berkewajiban menjaga makam leluhurnya itu.

17 komentar

mudik nih bang di jawa, mohon maaf lahir dan bathin ya

Baru kali ini loh aku lihat foto sosok mas admin triknews ☺
Soalnya selama ini kayak mistery guest, nebak-nebak wajahnya ..hehehe

Unik ya, makamnya berada di tengah lautan akibat abrasi.
Rute kesananya juga semribit .. kena angin laut.

Wow.. Keren mang admin ada penampakan, tampak berbeda dari biasanya.

Makam ini berada di tengah laut, kalau mau ziarah sedangkan air laut sedang pasang cukup repot juga dong ya?

saya baru tahu padahal sering melewati demak ternyata ada Wisata Makam Apung Tengah Laut Mbah Mudzakir, bagus juga ditengah laut silir angin

Cieee..cieee fotonya si admin. :) kayak Anggota. :) mudah2an tdk membuat para blogger wanita jadi lupa suami.hahahha....upss maaf2... :) peace.

emang adminya ternyata masih ganteng gitu Mas kok sampai pada mau lupa suaminya..?

buruan dateng kesono Mas, mumpung masih suasana lebaran

kalau air lautnya lagi pasang ya...terpaksa jalanya cincing celana Mas

iya Mas silahkan di review sejarah Makamnya di blog Mas Himawan

Hahahaha....
Berarti si Mang yang itu emang suka asal ya kalau ngomong? Masa udah punya anak yang cantik dan gagah gitu dibilang JONES.

Maaf nih, Mas. Saya komentarnya di luar topik.

Air laut semakin meninggi, daratan semakin merendah. Tenggelamlah sudah. Kampung sampai tenggelam, kasihan warga yang harus terpaksa mengungsi atau bedol deso. Kalau dibilang, ongkosnya tergolong murah, berkisar 10ribuan.

bagus dan keren tempatnya nich, bisa jadi rekomendasi juga untuk jalan-jalan kesana

ko bisa di tengah gitu yah makamnya, emang udah dari awalnya dah gitu atau kena abrasi nih gan?

Menarik nih, mas. Makam di tengah laut. Aku pernah lewat Demak dan suka banget sama alun-alunnya. Bolehlah eksplor Demak kalau ada kesempatan ke deket-deket sana lagi.

wah akhirnya kang asnaji launching foto bersama anak sulung ya hehehee.. jadi semakin tau keluarga nya admin triknews ini,, xixixixi jadi pengen euy wisaata kesana.. semoga suatu hari nanti kesampaian.. Amin hehehe

Baru tahu klo mimin triknews update fhoto juga. Gak kayak blog aku yang miminnya selalu narsis, hahaha..

Unik ada di tengah laut gitu

Please comment with the identity of the Gmail account, so we can visit back to your website.
EmoticonEmoticon