Youtube dan ngeblog mana yang lebih cepat menghasilkan uang

Ingin menghasilkan uang dari Blog atau dari Youtube, mana yang lebih cepat di monetisasi ? - Apakah anda pemain google adsense, atau anda hobi bermain Youtube ? Pernah gak anda berpikir kira-kira Youtube dengan Blogger, mana sih yang lebih cepat menghasilkan duit?....sabar, tunggu dulu jangan buru-buru bahas masalah duit jika anda mempertimbangkan soal pendapatan adsense Youtube dengan ngeblog.

Terus terang saya sendiri hingga saat ini belum sukses gajian rutin tiap bulan dari adsense, masih dalam tahap belajar dan memperbanyak konten. Namun, pada artikel ini saya mencoba memberikan opini yang sesuai pengalaman pribadi tentang mengenal dunia adsense youtube dan blogger.
Saat ini, menjadi seorang YouTuber dan menjadi seorang Blogger adalah 2 cara yang paling diminati oleh kebanyakan orang untuk mendapatkan uang dari internet, mengingat kedua pekerjaan ini tidak membutuhkan kemampuan khusus, modal, dan resiko yang sangat minim.

Mulai dari anak anak, remaja, dewasa, hingga kakek-nenek pun dapat mengerjakan pekerjaaan ini untuk bertahan hidup di era globalisasi, bahkan tidak sedikit dari mereka yang sukses dan mendapatkan kekayaan layaknya seorang pengusaha.

Walaupun sama-sama dapat mendatangkan penghasilan yang cukup memuaskan, tidak sedikit ada orang yang mempertanyakan hal-hal yang menjadi perbedaan antara penghasilan jika menjadi seorang YouTuber dan Blogger, terutama dalam hal revenue atau pendapatan yang didapat.

Pada dasarnya, jika di ukur dari jumlah penayangan (page view) dan jumlah pendapatan yang disetarakan, penghasilan yang didapat dari YouTube dan Blog memang tidak jauh berbeda, katakanlah 11/12, tinggal Anda mau percaya atau tidak, penghasilan yang didapat dari YouTube lebih besar daripada Blog, ini pendapat dari pakar Youtuber yang hanya khusus memainkan video, dengan ketentuan cara melakukan monetize-nya sama, yakni dengan iklan Google Adsense. Namun disisi lain, pakar dan ahli ngeblog juga angkat bicara bahwa, penghasilan dari ngeblog pun tidak kalah dengan Youtuber.

Namun seperti yang Anda tahu, pendapatan bukan satu-satunya alasan orang-orang memilih ngeblog ataupun menjadi seorang YouTuber sebagai pilihan untuk menghasilkan uang. Mungkin karena hobi, mereka memilih untuk memprioritaskan hal yang mereka suka untuk dijadikan sebagai sebuah pekerjaan, dibanding jumlah pendapatan yang didapat.

Mana yang lebih cepat menghasilkan uang, Youtube atau Blogger ?

1. Adsense Youtube

Adsense Youtube merupakan jenis cara menghasilkan uang dari adsense dengan mempublikasikan atau rajin mengupload video di situs youtube, kemudian video tersebut kita kaitkan dengan adsense dan iklan akan muncul di setiap penayangan video yang kita miliki. Kemudian pemilik konten video akan mendapatkan royalti atau bagi hasil dengan pihak youtube berdasarkan iklan yang tayang dan jumlah klik yang terjadi pada iklan tersebut.

Orang yang aktif dan ahli membuat video di youtube disebut sebagai Youtuber. Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui jika ingin serius untuk terjun ke dunia adsense youtube agar dapat mengahsilkan duit.

Butuh skill yang mumpuni dalam membuat video atau konten yang menarik, segar, unik, berkualitas dan menghibur, itu tidak mudah. Mencari banyak penonton merupakaan target utama seorang youtuber. Untuk meraih itu, youtuber dituntut untuk lebih encer otaknya dalam membuat konten video yang menarik, berkualitas dan menghibur. Sehingga penonton akan berminat dengan video anda dan view atau jumlah tayangan pada video anda pun bakal meningkat. Dan subscriber pun perlahan meningkat seiring makin bertambahnya video-video dalam chanel anda jika video anda dirasa baik dan berguna oleh penonton.

Namun, hal yang perlu anda ketahui banyak orang yang menganggap mencari duit online itu gampang, terlebih lagi menjadi youtuber. Persepsi yang mungkin keliru bagi anda yang baru terjun di dunia adsense dengan mindset seperti itu.

Mencari uang online itu tidak ada cara yang mudah untuk ditempuh. Semuanya butuh waktu dan proses konsistensi serta kerja keras yang memadai. Karena di dunia apapun tempat anda mencari uang, baik dunia maya maupun nyata. Kerja keras serta ketekunan itu hukumnya wajib jika anda ingin sukses, terlebih lagi dalam adsense. Tidak ada uang datang dengan sendirinya jika anda hanya duduk manis berpangku tangan.

Wajib memiliki kamera yang memadai
Kamera adalah komponen dasar dalam pembuatan video. Jika anda benar-benar serius untuk bergelut di dunia adsense youtube setidaknya anda harus memiliki kamera. Baik kamera poket, mirorrles, atau kamera DSLR. Untuk mendapatkan kamera berkualitas bagus seperti mirorrles dan DSLR anda harus berani merogoh kocek yang dalam, karena harga kamera untuk saat ini sangatlah mahal bagi kita yang tidak memiliki hobi dalam dunia fotografi atau videografi.

Memiliki perangkat Komputer/Laptop
Dalam bergelut dunia adsense youtube hal yang perlu anda perhatikan adalah memiliki perangkat atau komputer/laptop yang bisa anda gunakan dalam pembuatan atau mengedit video. Dalam membuat video yang baik dan berkualitas tentu membutuhkan spesifikasi dan tipe laptop yang mumpuni pula. Kalau anda hanya menggunakan notebook, saya rasa anda hanya bisa membuat video dengan menggunakan aplikasi movie maker dan sejenisnya. Tentu software ini masih jauh dari kata profesionalisme dalam membuat konten yang berkualitas dan bagus ala Yuotuber.

Membutuhkan kuota internet yang cukup untuk upload video
Video yang baik dan memiliki kualitas bagus biasanya sesuai dengan size atau kapasitas video tersebut. Nah, untuk rajin mengupload video secara rutin tentu kuota internet anda juga harus memadai atau cukuplah untuk mengupload video yang memiliki kualitas baik.
Baca juga :

2. Adsense Blogger

Untuk adsense blogger, anda tak perlu banyak perangkat atau mengeluarkan modal yang banyak untuk memulainya, cukup punya kuota internet dengan laptop seadanya pun anda sudah bisa berkecimpung di dunia blogger. Karena tugas anda dalam adsense blogger adalah hanya membuat artikel serta konten yang bervariasi unik segar dan mengelitik, bagi yang tidak terbiasa membuat artikel mungkin ini titik terberatnya, minimal anda harus bisa membuat artikel yang baik, informatif dan juga menarik untuk pembaca di internet.

Wajib memiliki laptop/komputer
Laptop merupakan syarat wajib di dalam dunia blogger, atau bisa juga anda menggunakan HP android jika anda sanggup mengelola blog dengan HP. Namun, tidak bisa dipandang sebelah mata juga meskipun menggunakan HP, ada juga mereka yang sudah sukses ngeblog cuma mengandalkan HP android untuk mengelola blognya. Tapi, kebayang nggak gimana rasanya mengelola blog cuma lewat HP. Saya nggak habis pikir susahnya buat blog pakai HP, pakai komputer pun masih susah dan merasa kebingungan. Pasti anak yang sukses menghasilkan uang dari ngeblog menggunakan HP tersebut orang super banget ya para pembaca, kok bisa ya ..?

Memiliki kemampuan dasar dalam membuat blog
Ini skill dasar yang harus anda kuasai jika ingin bergelut di dunia adsense blog, terlebih lagi jika anda orang yang tidak memiliki latar belakang ilmu Teknologi yang mumpuni seperti saya, pasti butuh waktu yang tidak sedikit untuk belajar dasar bahasa pemrograman. Karena untuk membuat blog dengan pengetahuan yang nol tentang web tentu kita dituntut ekstra kerja keras untuk belajar. Namun, tidak menutup kemungkinan juga jika anda tidak mau membuat blog sendiri, bisa anda pesan lewat jasa pembuatan blog, dengan mengeluarkan sedikit modal anda untuk bayar jasa pembuatan blog, kemudian anda tinggal membuat postingan atau artikel saja. Mudah kan? makanya pilih aja ngeblog.

Memiliki kemampuan dalam menulis artikel.
Menulis merupakan salah satu skil dan modal dasar yang tidak semua orang bisa. Banyak orang menganggap menulis itu susah. Memang sangat susah kalau melihat dari pengalaman saya pribadi yang tidak paham atau tidak terbiasa menulis. Jika anda memiliki skil ini, itu berarti anda sudah cukup modal dasar dalam bergelut di dunia adsense blogger. Karena sudah terbiasa membuat artikel.

Jika anda belum terbiasa menulis tetaplah untuk mencoba menulis dan menulis, dimulai dari pengetahuan apa yang anda ketahui, jangan malu atau takut untuk memulai belajar menulis, karena apapun itu, meskipun kita tidak mempunyai bakat akan datang dengan sendirinya jika sudah terbiasa.
Kalau anda baru belajar menulis, jangan pernah berpikir tentang aturan baku dalam menulis yang baik sesuai anjuran guru bahasa Indonesia anda saat masih duduk di bangku sekolah.

Kesimpulan sekaligus jawaban dari pembahasan ini adalah :
Adsense Youtube : merupakan pilihan tepat jika kepiawaian anda cenderung lebih mengarah ke dunia editing video, anda hanya tinggal meningkatkan daya kreasi produksi video dengan berbagai genre unik segar berkuwalitas dan menghibur.

Adsense blogger : juga pilihan yang tidak kalah bagus jika anda memiliki skil yang mumpuni di bidang olah kata penulisan serta konten dalam bergelut di dunia adsense blogger.

Ok.., itulah secerca harapan bagi anda yang ingin terjun di dunia Youtube ataupun ngeblog, dengan membaca dan mempertimbangkan dari tips-tips serta modal dasar di atas. Trimakasih, sampai ketemu lagi nanti di internet, salam triknews....

Post a Comment

20 Comments

  1. di blog pun sebenernya aku belum menghasilkan uang. cuma suka aja nulis

    ReplyDelete
  2. Jadi youtuber ataupun blogger sebenernya sama-sama bisa menghasilkan uang dan butuh modal juga hehe

    ReplyDelete
  3. Jadi youtuber atau blogger itu pilihan setiap orang, kalau saya sih memang karena suka ya, kalau dapat uang itu bosnus aja.

    ReplyDelete
  4. Dapet uang dari blog atau youtube sama-sama gak mudah ya, jadi mending tekuni bidang yang kita suka aja hehe

    ReplyDelete
  5. Penghasilan dari youtube dan blog sama-sama menggiurkan ya hehe

    ReplyDelete
  6. Youtube dan blog sebenarnya bisa jadi tempat berkarya

    ReplyDelete
  7. Jadi youtuber atau bloger sama-sama gak mudah ya, jadi tergantung passion kita dimana ya coba ditekuni disitu.

    ReplyDelete
  8. Bikin video berat juga, butuh kamera dan spek komputer dewa buat edit dan render videonya,, biasanya yang menghasilkan puluhan juta udah punya tim untuk melakukan itu semua, jadi kagak sendirian... yah kalau komputer cuman dual core, apa daya, cuman bisa screen cast aja, gak bisa alay2 yan depan kamera...

    ReplyDelete
  9. Saya belum pernah icip2 penghasilan dari youtube nih...

    ReplyDelete
  10. Blog dan youtube ku belum hasilkan uang
    Masih tetap berbuah rasa senang

    Hehe tapi terus berjuang
    Semoga cepat dapat banyak peluamg

    ReplyDelete
  11. Kalo dikolaborasikan dua-duanya tambah bagus.....

    ReplyDelete
  12. yang penting konsisten iya mas, apapun itu youtube atau blogger. pasti bakalan mendapatkan hasilnya sendiri.

    aku dulu nulis blog menggunakan laptop, sempat berhenti ngeblog karena laptopnya rusak. karena jadi suka nulis karena blog, aku ngeblognya pakai HP, sama aja sih, yah walapun sedikit ribet pakai HP dengan layar lebih kecil. tapi tak masalah :-)

    ReplyDelete
  13. sejauh ini masih di blog saya mas itupun butuh waktu lama untuk di bayar , akun youtube aduh masih jauh untuk punya subscriber aja susahnya minta ampun

    ReplyDelete
  14. kalau saya ikut menyimpulkan sih, usaha kreatif sama peluangnya menjanjikan. kalau potensi kayanya video mas, karena minat baca rendah kalah sama minat menonton he,,,

    ReplyDelete
  15. Klo travel blog juga harus punya kamera yg memadai mas 😁

    ReplyDelete
  16. wih, artikel yang bermanfaat nih min.
    enaknya tuh kalo bisa jadi blogger plus vlogger, jadi bisa manfaatin blog pribadi buat promosiin video yang nanti nge link ke youtube hihi

    keep sharing ya min!

    ReplyDelete
  17. Mau nanya adsense youtube itu sama dengan google adsen juga ndak ya ? terima kasih

    ReplyDelete
  18. Apalah aku yg cuma memanfaatkan nulis diblog sekedar curhatan.. Hhh
    Tp ya nggak dipungkiri sih, emg sering dapat job dr nulis di blog :)

    ReplyDelete
  19. Keduanya punya tantangan tersendiri dalam menghasilkan karya yang bagus dan sepertinya keduanya sama-sama menghasilkan pendapatan yang cukup menggiurkan, tapi itu tidaklah semudah membalikkan tangan karena perlu keuletan.

    ReplyDelete
  20. Terima kasih telah berbagi inspirasi, ilmu dan semangat. Jika suatu saat saya mampu melangkah jauh seperti mas Asnaji maka pilihan saya adalah blog karena saya tidak bisa edit video mas (untuk saat ini). Artikelnya menarik dan bermanfaat mas, sekali lagi terima kasih telah berbagi

    ReplyDelete

Please comment with the identity of the Gmail account, so we can visit back to your website.