Cara Memulai Investasi Properti dengan Aman dan Benar

Keuntungan Investasi Properti - Cara Aman Investasi Properti Yang Benar dan Menguntungkan. Seiring maju pesat nya perkembangan ekonomi, kebutuhan akan properti hunian yang layak akan meningkat pula, maka dari itu investasi properti merupakan salah satu sektor investasi cerdas yang banyak dipilih untuk menjaga kestabilan keuangan supaya tidak terpengaruh dengan dampak inflasi yang semakin mengancam, ajar kalau akhirnya banyak sekali investor yang memilih bisnis properti untuk menyelamatkan harta mereka dari gerusan inflasi.


Tentu saja, dengan melakukan investasi properti, maka Anda akan jauh lebih mudah untuk mendapatkan uang tanpa harus bersusah payah dan melakukan beberapa pekerjaan yang berat lainnya yang kemungkinan mengandung risiko lebih besar.

Berinvestasi dengan cara membeli rumah merupakan impian semua orang. Maklum, jumlah uang yang harus dikeluarkan tidaklah sedikit. Apalagi jika Anda baru saja menikah, tentunya tidak nyaman jika tinggal bersama orang tua, sehingga rumah pertama menjadi tempat tinggal impian. Membeli rumah adalah sebuah keputusan besar. Pastikan kondisi keuangan Anda untuk kebutuhan hidup sehari-hari tidak terganggu ketika sedang membeli rumah, maupun setelahnya.

Tapi walaupun begitu, bisnis properti ini tidaklah semudah seperti yang ada lihat. Hasil masksimal dari bisnis properti ini sangat tergantung kepada strategi yang Anda jalankan. Dari mulai perencanaan yang harus benar-benar matang, pemilihan lokasi dan lainnya.

Selain itu, ada beberapa strategi investasi properti yang dinilai cukup sederhana tapi berpotensi menghasilkan keuntungan yang sangat besar, yakni keberanian Anda untuk memulai bisnis properti. Selain itu, Anda juga bisa melaksanakan beberapa strategi berikut ini yang bisa Anda terapkan untuk meraih keuntungan yang berlimpah.

Di samping itu, Membeli properti bisa dilakukan dengan cara tunai atau kredit. Akan tetapi, pembeli properti yang cerdik akan memerhatikan beberapa hal. Setidaknya, ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam pembiayaan properti, yakni tren suku bunga, tenor (masa cicilan) KPR, dan selisih suku bunga deposito dengan KPR (kredit pemilikan rumah).

Cari Developer Yang Baik
Yang pertama harus Anda lakukan adalah mencari pengembang atau developer yang baik.

Untuk mengetahui ini, Anda bisa melihatnya dari track-record yang mereka miliki. Beberapa point yang harus Anda perhitungkan ketika memilih pengembang adalah developer haru memiliki sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas tinggi, berpengalaman dengan proyek-proyek besar dan harus memiliki margin error yang sangat rendah.

Perlu Anda ketahui juga, semakin besar peluang bisnis properti yang akan Anda buka, maka secara otomatis ini akan membuat lebih banyak developer baru yang berdatangan.

Selain itu, kawasan properti baru dan terpadu biasanya akan dilakukan perusahaan pengembang properti yang besar dan berpengalaman. Maka dari itu, daripada Anda berspekulasi dengan pengembang yang baru, mendingan Anda memilih developer yang sudah memiliki pengalaman dalam berbagai proyek.

Cari lokasi properti yang strategis
Dalam bisnis properti, lokasi merupakan salah satu hal yang sangat penting dan harus bisa diperhatikan dengan bijak. Misalnya saja, ketika Anda memilih properti hunian, sebaiknya Anda lebih memilih hunian rumah yang dihuni oleh para end user. Hal tersebut karena kebanyakan pembeli yang merupakan end user, mereka biasanya akan tinggal lama dan bahkan akan mengajak yang lainnya (teman atau keluarga) untuk sama-sama membeli rumah dilokasi yang sama.

Tentu saja ini sangat menguntungkan, karena secara tidak sengaja, si user ini telah mempromosikan lokasi bisnis properti Anda, sehingga biaya promosi akan bisa ditekan sedemikian rupa. Selain itu, tehnik promosi dari mulut ke mulut ini merupakan salah satu tehnik promosi yang paling efektif dan berpoetnsi besar mendatangkan konsumen lainnya.

Lokasi terbaik untuk membuat perumahan adalah tempat-tempat strategis yang sangat dekat dengan pusat kota, yang memiliki akses transportasi yang memadai, baik itu angkutan umum atau fasilitas jalan yang baik, dekat dengan pusat pendidikan, seperti sekolah dan lainnya, dekat dengan kantor pemerintahan, minimalnya kantor kecamatan dan usahakan harus dekat dengan pusat bisnis seperti mall dan pasar.

Fasilitas Memadai
Selain lokasi, beberapa fasilitas dalam perumahan juga sangat penting untuk dicermati. Hal tersebut karena setiap orang pasti menginginkan lokasi properti yang sudah ditunjang oleh fasilitas yang memadai, dari mulai fasilitas pendidikan, pusat perbelanjaan, pusat olahraga, akses transportasi yang memadai dan fasilitas lainnya. Hal ini harus bisa Anda lakukan supaya pembeli bisa lebih nyaman dan mau membeli properti yang Anda tawarkan. Walaupun mungkin harga yang Anda tawarkan akan sedikit mahal.

Selain itu, dengan fasilitas yang lengkap juga, maka Anda seolah-olah berpeluang untuk membuka lahan bisnis lainnya. Misalnya saja, ketika daerah yang Anda bangun tersebut mengalami kemajuan yang pesat, maka bisa saja Anda mendirikan beberapa bangunan sebagai penunjang, misalnya Mall yang lebih dekat ke perumahan, Ruko dan bisnis penunjang lainnya.

Tambahan :
Pilihlah daerah “Sunrise Property”. Sunrise Property adalah properti yang berada di kawasan yang akan bersinar atau berkembang dalam kurun waktu 5 tahun mendatang. Harga properti di kawasan ini akan terus naik seiring dengan berkembangnya daerah tersebut. Hal ini dipengaruhi oleh pembangunan fasilitas-fasilitas umum, terutama infrastruktur seperti jalan utama, jalan tol, dan lainnya.

Investasi properti tidak seperti saham atau dana yang dikelola. Anda tidak bisa hanya menjual sebagian dari properti yang diinvestasikan. Anda juga dapat mempertimbangkan bekerjasama dengan mitra (partner) berpengalaman di sektor properti untuk membantu memulai bisnis investasi properti Anda.

Post a Comment

0 Comments