Cara Investasi Emas Yang Benar Bagi Pemula

Triknews.id - Cara Investasi Emas Yang Benar Bagi Pemula. Dari generasi ke generasi investasi emas lah yang selalu menjadi pilihan banyak orang? Bagaimana cara memulainya? temukan jawabanya dengan membaca artikel ini sampai selesai. Dari berbagai instrumen investasi yang ada saat ini, emas masih dianggap paling aman, apalagi bagi para kaum wanita. Jenis investasi lain kurang diminati karena dianggap terlalu rumit atau beresiko.


Misalnya saja saham atau valas, jika investor tak siap, maka bisa jantungan melihat fluktuasi harga, atau investasi properti yang harus menyiapkan modal besar untuk memulainya. Selain aman, investasi emas juga memiliki beberapa kelebihan dibanding instrumen investasi lain. Apa saja?

Sebagai salah satu logam mulia yang sangat didambakan dan diidamkan oleh setiap orang, emas saat ini dianggap sebagai salah satu investasi yang menguntungkan. Meskipun ada banyak jenis investasi, namun emas tetap menjadi pilihan banyak kalangan untuk mendapatkan keuntungan di masa depan. Mengapa demikian? Tentu saja hal ini dikarenakan emas menjadi barang yang harganya cenderung terus naik tiap tahunnya dan jarang terjadi penurunan secara signifikan.

Semakin terbatasnya jumlah sumber daya alam penghasil emas diduga menjadi penyebab harga emas semakin tahun semakin tinggi. Maka dari itu, semakin hari keinginan orang untuk menyimpan kekayaan dalam bentuk emas semakin meningkat. Kenaikan atau pun penurunan harga emas sudah tak terlalu berdampak lagi pada antusiasme masyarakat ini, tak jarang malah terjadi kelangkaan stok emas di hampir setuap tolo emas.

Pada dasarnya, investasi emas memang jauh lebih menguntungkan dibandingkan bentuk investasi lain seperti bangunan, tanah atau mata uang dollar AS. Hal ini disebabkan karena emas memiliki nilai yang cenderung konstan, per tahunnya emas cenderung mengalami kenaikan.

Berbeda dengan investasi mata uang dollar yang masih terkait dengan inflasi. Keuntungannya adalah nilai emas mampu mengalahkan naik turunnya inflasi. Sehingga masyarakat tak perlu was-was dengan kemerosotan nilai emas, walaupun tetap perlu dilakukan pemantauan harga emas di pasaran.

Konstan atau cenderun naiknya harga nilai emas ini juga beralasan, karena emas merupakan sumber daya alam berbasis tambang, yang memiliki jumlah yang terbatas.

Berikut rekomendasi yang bisa dilakukan bagi pemula untuk cerdas berinvestasi dengan emas.

Baca juga :

1- Berapapun nominalnya, latihlah diri sendiri untuk membeli emas.
Ketika baru mendapatkan gaji di awal bulan, coba sisihkan uang yang dimiliki untuk membeli emas. Uang tersebut bisa ditabung untuk dibelikan emas, bisa membeli dari 1 gram, hingga 2 gram emas saja. Dengan begitu, uang yang semulanya kita sisihkan untuk ditabung, nilainya semakin stabil ketika berubah bentuk menjadi emas.

Hilangkan persepsi bahwa untuk membeli emas harus membeli dalam nominal dan gram yang besar. Karena dengan “mengoleksi” emas dengan gram yang lebih kecil, membuat kita lebih mudah untuk menjualnya kembali. Hal ini perlu diingat, karena bisa saja terjadi peristiwa darurat yang mengharuskan kita untuk memiliki uang, sehingga emas dengan kepingan kecil mampu memudahkan kita.

Pakar CEO dan Co-Founder dari Tamasia, Muhammad Assad mengatakan, “Latih diri kita untuk menyisihkan berapapun uang kita, untuk menabung dan membeli emas. Emas itu adalah bentuk investasi yang akan selalu naik, karena track record-nya memang cenderung naik dari tahun ke tahun.”




2- Pantau harga emas secara berkala.
Menurut pantauan penulis, “Masyarakat itu enggak suka melihat up & down-nya sebuah nilai. Bedai siklus emas dengan jenis investasi lain, karena emas memang cenderung mengalami kenaikan,”

3- Lakukan transaksi jual beli emas di tempat yang terpercaya.
Menilik metode jual beli emas secara konvensional, kita harus membawa sejumlah uang tunai untuk membeli emas ke sebuah toko. Dari metode ini, banyak kasus dan cerita-cerita dimana penjual emas kerap mengelabui para pembeli.

Jika kita tidak teliti, penjual-penjual "nakal" ini mampu memalsukan dan mengurangi kadar dari emas yang kita beli. Dengan begitu, uang yang kita beli tidak akan sepadan dengan emas yang kita dapatkan.

Alih-alih berinvestasi dan mendapatkan keuntungan, dalam kasus ini kita malah mendapatkan kerugian. Maka dari itu, perlu bagi calon pembeli emas untuk melihat tempat yang terpercaya, baik dari segi penjual dan kemanan selama bertransaksi.

Dengan resiko membeli emas secara konvensional, pemula atau generasi muda bisa coba melakukan transaksi jual beli emas di tempat yang terpercaya, memang membeli emas ke toko dengan membawa uang itu cukup beresiko dari segi keamanan-nya.

4- Gunakan investasi emas untuk kebutuhan masa depan.
Berinvestasi dengan emas memang bicara soal jangka panjang. Maka dari itu, pemula harus mulai menetapkan tujuan investasinya ketika memulai investasi. Berbagai kebutuhan masa depan seperti membangun rumah, menabung untuk menikah dan tabungan hari tua bagi anak bisa dimanfaatkan melalui investasi emas.

Dengan berinvestasi emas, bisa kita gunakan untuk pergi haji, karena antrian haji saat ini sudah mencapai belasan tahun ya.

Karena jika kita menyimpan emas dalam waktu yang lama, nilai emas akan semakin tinggi dan bisa menjadi begitu berharga dan bermanfaat bagi kita di masa depan. Maka dari itu, penting bagi kita untuk memiliki visi yang lebih dalam berinvestasi, hal tersebut mampu menjadi motivasi kita untuk menabung dan menyisihkan uang untuk membeli emas.

11 komentar :

  1. pingin banget mas asnaji tapi modalnya belum ada he he

    BalasHapus
  2. Hyess, ini keren. Betul Mas Asnaji, seperti yang sudah saya bilang, saat ini saya sendiri lebih pada menabung emas saja di Tabungan Emas Pegadaian, belajar investasi sedikit-sedikit hehehe.

    BalasHapus
  3. Exactly, emas adalah investasi menguntungkan yang paling mudah dilakukan. Dan menyimpannya juga cukup mudah dan simple. Modalnya kecil, bisa beli berapa gram, terserah kemampuan. Tapi yang sulit adalah memilih toko terpercaya mas, ada trik khususnya kah?? Thanks for sharing, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  4. Kira-kira minimal modal untuk investasi emas ini berapa mas?

    BalasHapus
  5. Wah terima kasih kak informasinya, sangat membantu :)

    BalasHapus