Kenali Sejak Dini Apa itu Penyakit Abses Paru?

Ketahui lebih jauh Apa itu Penyakit Abses Paru? - Pengertian abses paru? - Abses paru adalah infeksi paru-paru. Penyakit ini menyebabkan pembengkakan yang mengandung nanah, kematian jaringan (nekrotik) pada jaringan paru-paru, dan pembentukan rongga yang berisi butiran nekrotik akibat infeksi mikroba. Pembentukan banyak abses dapat menyebabkan pneumonia atau nekrosis paru-paru.


Abses paru disebabkan infeksi bakteri yang menyebabkan jaringan paru-paru menjadi bernanah. Penyakit yang menyerang organ paru-paru ini, kemungkinan dapat mengancam nyawa Anda jika tidak ditangani dengan segera. Abses paru dapat dibagi menjadi dua yaitu primer dan sekunder. Abses paru primer biasanya diawali dari infeksi paru, seperti pneumonia. Sedangkan, abses paru sekunder bisa terjadi akibat adanya gangguan atau kelainan pada paru, menghirup benda asing atau infeksi dari organ lainnya yang menyebar ke paru.

Apalah semua orang bisa terkena abses paru?

Abses paru adalah salah satu penyakit yang dapat terjadi pada usia berapa pun. Namun, orang yang berusia lebih dari 60 tahun berisiko lebih tinggi terkena penyakit ini. Anda dapat mencegah penyakit ini dengan mengurangi faktor risiko. Silakan konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut. Tanda-tanda dan gejala Apa saja munculnya penyakit abses paru ini ?

Gejala abses paru biasanya terjadi dalam jangka waktu beberapa minggu sampai beberapa bulan. Beberapa gejala khas dari abses paru adalah :

Faktor lain apakah yang berisiko yang bisa meningkatkan penyakit abses paru-paru? Faktor-faktor tertentu yang meningkatkan risiko Anda mengalami abses paru-paru yaitu:

Pecandu alkohol, Penyalahgunaan narkoba, Memiliki kondisi lain seperti stroke, epilepsi, dan penyakit periodontal, emfisema, kanker paru-paru dan gangguan esofagus Pengobatan Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. Harap selalu berkonsultasi pada dokter Anda. Apa saja pilihan pengobatan terbaik untuk abses paru-paru? Pertama-tama dokter akan menghilangkan mikroorganisme yang menyebabkan abses paru-paru. Perlu di ketahui daya tahan serta karakter tubuh masing­-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Ketahui Daftar Nama Penyakit dari A sampai Z lengkap

Penyebab-Penyebab lain terjadinya abses paru.
Abses paru juga juga bisa dipicu oleh banyak faktor. Beberapa penyebab abses paru adalah partikel asing dari makanan, minuman, muntah, atau sekresi dari mulut yang terhirup ke dalam paru-paru.

Infeksi bakteri dan mikroorganisme lain seperti parasit dan jamur juga dapat menyebabkan infeksi paru-paru yang memicu terjadinya abses. Bakteri yang menyebabkan abses paru biasanya anaerob (tumbuh tanpa oksigen) dan berasal dari mulut.

Atasi Sedini Mungkin Penyakit Abses Paru

Jika mengalami gejala dan memiliki kondisi medis tertentu yang berisiko terkena abses paru, disarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter guna mengetahui penyebab dan cara mengatasi abses paru sedini mungkin.

Untuk mengetahui bakteri penyebab abses paru, dokter mungkin akan menelusuri riwayat keluhan Anda, kemudian melanjutkan dengan pemeriksaan fisik. Bila dirasa perlu, dokter mungkin akan menganjurkan Anda melakukan pemeriksaan darah. Pemeriksaan darah ini juga bermanfaat untuk mengetahui jenis obat apa yang cocok untuk mengatasi abses paru yang diderita.

Selain tes darah, pemeriksaan penunjang yang mungkin disarankan adalah foto rontgen, USG, CT scan, atau MRI. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui letak dari abses paru, dan seberapa luas gangguan yang diderita.

Adapun setelah dilakukan pemeriksaan dan terbukti menderita abses paru, pengobatan yang mungkin akan diberikan meliputi:

Pemberian antibiotik
Setidaknya 80-90% penyakit abses paru dapat teratasi dengan obat antibiotik. Obat antibiotik yang biasa digunakan untuk mengatasi abses paru adalah clindamycin, penisilin, dan kombinasi metronidazole dengan penisilin.

Fisioterapi dada

Dokter mungkin merekomendasikan fisioterapi. Terapi ini dapat membantu mengeluarkan cairan yang terdapat di paru sehingga diharapkan dapat mempermudah proses penyembuhan.

Terapi bronkoskopi
Terapi ini dilakukan untuk mengangkat benda asing dan membantu proses drainase cairan nanah yang terdapat di paru dengan cepat.

Operasi

Operasi atau tindakan pembedahan menjadi pilihan pengobatan untuk kasus abses paru yang serius, bila pengobatan konservatif tidak lagi dinilai cukup membantu.

Menjaga kebersihan dan membiasakan diri untuk menjalani hidup sehat merupakan langkah yang tepat untuk menghindari penyakit abses paru. Cara ini dapat ditempuh dengan mencuci tangan setiap usai beraktivitas, menggunakan tisu saat batuk atau bersin.

Kemudian hindari menyentuh wajah, mata, hidung dan mulut tanpa mencuci tangan sebelumnya. Serta, meminimalisir kontak dekat dalam jangka panjang dengan penderita penyakit pernapasan, terutama bila daya tahan tubuh sedang lemah.

Untuk Anda yang mengalami gejala penyakit abses paru, segeralah berkonsultasi ke dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat. Sebab, pada beberapa kasus, abses paru yang parah dapat berpengaruh terhadap organ tubuh lain dan tak jarang dapat menyebabkan kematian.

Perhatian : *Informasi dalam artikel ini bukanlah resep atau nasehat medis. Jika Anda perlu bantuan atau hendak berobat berkonsultasilah dengan tenaga kesehatan medis profesional. Agar artikel ini memenuhi standar kelayakan sebagai pedoman kesehatan, bantu kami dengan pengalaman terbaik anda, tulis opini tentang Penyakit Abses Paru pada kolom komentar !

1 Response to "Kenali Sejak Dini Apa itu Penyakit Abses Paru? "

  1. Nice artikel,. Bahaya juga ya kalo sering gak sengaja menghirup sesuatu, macam virus.

    ReplyDelete