Mesin Penanam Padi Modern Terlaris di Indonesia

Saat ini, teknologi baru untuk pertanian terus dikembangkan. Berbagai penelitian dilakukan agar memperoleh hasil tani yang maksimal, produksi dan produktifitas meningkat, dapat meminimalisirkan hama dan penyakit tanaman padi, namun mampu menghemat biaya, waktu dan tenaga.


Hal itulah yang terus-menerus dilakukan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian di seluruh Indonesia. Kini seluruh Dinas Pertanian Indonesia mulai mensosialisasikan teknologi mesin seperti alat berat, dengan tipe (NSPU-68C). Mesin ini hanya membutuhkan 1 orang saja untuk menjalankannya. Dan mesin ini dapat menanam bibit padi secara otomatis.



Jadi, tidak perlu lagi tenaga manusia. Cukup bibit- bibit tersebut diletakkan di tungku atas pada mesin yang sudah tersedia, lalu dijalankan ke lahan yang sudah disiapkan di kiri dan kanan untuk menanam padi, mesin ini sangat hemat biaya. Yakni, hanya membutuhkan anggaran sebesar Rp 50 ribu sekali operasi dalam satu hari. Hal ini, karena membutuhkan Bahan Bakar Minyak (BBM) agar bisa beroperasi. Kita hanya mensosialisasikan bahwa menanam padi tidak perlu lagi menggunakan tenaga orang, cukup dengan menggunakan teknologi mesin. Dan saat ini sudah banyak beredar di wilayah-wilayah centra padi di seluruh Indonesia.
Baca juga :
Daftar Harga Mesin Pertanian Perontok Padi / Traktor Sawah Modern Terlengkap


Di beberapa negara sudah ada banyak mesin untuk menanam benih. Menggunakan mesin ini memang menimbulkan pekerjaan lebih singkat dan ekonomis tenaga dan biaya. Misalnya mesin penanam padi dengan nama NSPU-68C. Mesin ini berbentuk ibarat traktor dengan bidang khusus untuk benih padi di sisi belakang. Sembari berjalan, mesin ini akan dengan sendirinya menanam benih padi tersebut. Sebagai operator, mereka cukup menjalankan mesin ini maju ke depan sesuai dengan contoh yang ada dan kecepatan maksimal yang di rekomendasikan.

Spesifikasi Mesin Penanam Padi Modern (NSPU-68C)

Drive Type 4-Wheel drive
Dimensions Length : 3075 mm
Width : 2200 mm
Heigth : 1620
Weitgh 650 kg
Engine Model Honda GX 610 K1
Type Water-cooled, 4-cycle, 2 cylinder, OHV Gasoline Engine
Full Tank Capacity 20 L
System Intergral power steering
Reserved Seedling Racks 6 pcs
Operation Speed 0-1.45 m/s
Operation Effeciency estimated value Max 0,6 ha/hour
Max rpm 3600
Harga 125.000.000 juta
yuuk...tonton videonya geratis lhoo...

4 comments :

  1. Ditempat nenek saya dikampung, sudah ada mesin pemanennya.tapi kayaknya belum ada mesin untuk menanamnya,mungkin bisa saya rekomendasikan nih siapa tau petani di sana tertarik kan bisa bisnis dikit2 hehe

    ReplyDelete
  2. Wah cocok banget tuh buat petani

    ReplyDelete
  3. Bibit padi berapa hari yg bisa ditanam pakai mesin ini..

    ReplyDelete