Ingin Sukses Usaha Ternak Ayam Potong ? Begini Cara Memilih Bibit Ayam Potong Yang Benar

Triknews.id - Cara Memilih Bibit Ayam Yang Baik dan Benar ? | Bibit ayam broiler atau DOC (Day Old Chick) adalah istilah anak ayam yang berusia satu hari yang di produksi oleh peternak untuk menghasilkan daging ayam. DOC atau Ayam Potong Pedaging berkontribusi 30 persen dalam usaha ternak Ayam Broiler selain pakan dan kandang serta perlengkapan lain.


Salah satu kunci utama keberhasilah usaha ternak ayam broiler adalah dengan memilih DOC atau bibit ayam yang berkualitas. Bibit / DOC memiliki kontribusi yang cukup besar dalam usaha peternakan ayam broiler. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan bibit ayam, diantaranya adalah pakan yang sesuai kebutuhan, lokasi yang ideal untuk lokasi peternakan, temperatur udara dan terbebas dari penyakit. Selain itu, Anda harus pintar memilih bibit ayam (DOC) dan strain yang berkualitas. Tujuannya adalah agar produktifitas ayam broiler yang dipelihara dapat berkembang secara maksimal.'

Penyedia Bibit Ayam Broiler saat bisa berupa usaha dalam produksi kecil rumahan atau pun dalam sekala besar atau pabrik. Tapi tentunya kualitas Doc yang baik itu biasanya diproduksi oleh pabrik.
Terdapat tiga jenis Doc Ayam Broiler berdasarkan kualitas bibit:


Baca juga :

Grade A
Ini adalah Bibit pilihan dengan bobot 40 gram keatas dan biasanya Doc Ayam Broiler ini dijual oleh parik dengan harga tinggi karena merupakan Bibit pilihan dengan kualitas terbaik.

Grade B
Merupakan Bibit yang di hasilkan dari sortiran Grade A yang beratnya dibawah 40 gram, Bibit ini bukan berarti tidak bagus akan tetapi pemilihan atau pembagian bibit ayam yang besar dan kecil saja sehingga dalam pemeliharaannya akan merata.

Grade C
Atau sering disebut Doc Polos merupakan sortiran dari Doc Broiler Grade B atau biasa dikatakan tingkatan Bibit paling bawah, dan bisanya dalam Doc Broiler polos ini banyak Bibit yang kecil dan cacat fisik tidak bagus dan suatu hal sangat wajar karena Bibit Polos ini harganya lebih murah.
Sebaik apa pun Bibit atau Doc Ayam Broiler kalau dalam pemeliharaannya tidak maksimal maka hasilnya tidak akan maksimal dan jika menggunakan Bibit atau Doc dengan kualitas rendah tetapi dalam pemeliharaannya maksimal dan bagus maka tidak menuntut kemungkinan akan mendapatkan hasil yang maksimal

Dalam memilih DOC ayam broiler yang berkualitas perlu adanya pedoman teknis untuk memilih bibit yang dapat dilihat dari penampilan luarnya, ciri- ciri ayam yang berpenampilan baik diantaranya :
  1. Terbebas dari penyakit terutama penyakit pullorum (berak putih) dan jamur.
  2. Berasal dari induk yang cukup umur dan dari pembibit yang berpengalaman.
  3. Bibit ayam terlihat aktif, mata cerah, dan lincah.
  4. Kaki besar dan basah seperti berminyak.
  5. Bulu cerah dan tidak kusam.
  6. Anus bersih serta tidak ada kotoran.
  7. Kondisi tubuh normal.
  8. Berat sesuai dengan standar strain tersebur.

Nah untuk hasil produktifitas yang optimal, memilih bibit ayam(DOC) yang memiliki kualitas bagus menjadi hal yang sangat penting. DOC memiliki peranan kesuksesan berkisar 30-40% selain pakan dan juga manajemen pemeliharaan.

3 komentar :

  1. saya pernah usaha ternak tapi ayam petelur mas lumayanlah cuma ya harus kotor-kotor gitu

    BalasHapus
  2. dulu saya ternak ayam juga mas, tapi ayam kampung.

    klu ada artikel seperti ini maka akan menambah pengetahuan para peternak ayam.

    BalasHapus
  3. Ternyata se detail itu ya hehe

    BalasHapus