Mengetahui Penyakit Polip Hidung dan Cara Mengobatinya

Triknews.id - Penyakit Polip Hidung sangat erat kaitanya dengan Penyakit Sinusitis. Apa itu Penyakit Polip ? Polip hidung adalah tumor pada rongga hidung yang ditandai dengan hipertrofi atau radang pada membran mukosa. Polip umumnya tumbuh pada bagian tengah rongga hidung dan dapat berjumlah lebih dari satu. Polip Hidung dapat menyebabkan pernapasan tersumbat dan Sinusitis.


Tanda-tanda Penyakit Polip Hidung

Hidung sering mampet, suara bengek, terlihat ada benjolan putih kemerah-merahan yang tampak dari luar? Atau sejak bulan terakhir terserang pilek yang tak kunjung sembuh dan selalu bersin-bersin mulu, sakit kepala dan disertai hidung mampet, tenggorokan terasa penuh lendir atau dahak? Bersamaan dengan itu anehnya bentuk hidung mulai terlihat tak sama besarnya lagi (besar sebelah) atau sering dikatakan hidung bengkok? aaneh ?

Polip hidung merupakan salah satu jenis penyakit tenggorokan, hidung dan telinga (THT) yang sudah sering kita dengar di masyarakat. Sebagian orang sering menyebutnya sebagai tumbuh daging dalam hidung. Polip hidung sebenarnya suatu pertumbuhan selaput lendir hidung yang bersifat jinak.

Polip hidung bukan penyakit yang murni berdiri sendiri, pembentukannya sangat terkait erat dengan masalah/penyakit THT lainnya. Pilek yang berkepanjangan (sinusitis) rinitas alergi, asma radang kronis pada mukosa sinus paranasal, kista fibrosis, intoransipada aspirin an lain lain.

Dengan adanya faktor alergi dan radang kronis yang berulang-ulang, maka terjadilah perubahan pada mukosa hidung, pembuluh darah, dan juga pembuluh limfe. Keadaan ini akan berkembang terjadinya hambatan balik cairan intertatial. Cairan yang berkumpul selanjutnya akan menimbulkan semacam bendungan yang bersifat pasif, dari keadaan ini berkembang menjadi pembengkakan di mukosa hidung akan bertambah panjang sampai pada akhirnya terbentuk tangkai maka terbentuklah polip.

Polip biasanya tumbuh di daerah selaput lendir membengkak akibat penimbunan cairan seperti di sekitar lubang sinus pada rongga hidung, ketika baru terbentuk sebuah polip tampak seperti air mata dan jika telah matang menyerupai buah anggur yang berwarna putih kemerah-merahan.

Baca juga : Gejala Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Sinusitis



Faktor-faktor Yang beresiko Terjadinya Polip Hidung

  • Memiliki riwayat penyakit asma
  • Memiliki sensitivitas pada aspirin
  • Memiliki sinusitis alergi jamur
  • Memiliki cystic fibrosis
  • Memiliki Churg-Strauss syndrome.


Sebab

Penyebab pasti tumbuhnya polip hidung belum diketahui, namun alergi yang tidak diobati dapat menimbulkan polip hidung. Alergi yang terus terjadi akan menyebabkan radang pada selaput hidung dan membentuk polip.

Gejala

Penderita polip hidung akan mengalami peningkatan produksi lendir, pernapasan yang tersumbat, dan tekanan di dalam hidung. Polip yang baru tumbuh akan melekat pada dasar dinding rongga hidung, sedangkan polip yang telah matang akan memiliki tangkai. Polip yang dibiarkan akan berujung pada sinusitis atau bahkan keretakan pada tulang hidung bila polip terus membesar.

Pengobatan

Polip harus diangkat lewat operasi atau dengan mengobati alergi secara total. Jika polip telah tumbuh cukup besar dan mengganggu pernapasan, maka dapat digunakan prosedur Caldwell-Luc untuk mencegah polip kambuh kembali.

Rekomendasi penting untuk Anda ketahui : Daftar Nama Penyakit dari A sampai Z lengkap


Pengobatan Dini di Rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi polip hidung?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi polip hidung:
  • Atasi sgera alergi dan asma.
  • Hindari iritan hidung, hindari zat yang membahayakan pernapasan, seperti alergen, asap rokok, asap kimia, debu dan reruntuhan halus.
  • Jaga kebersihan, seperti mencuci tangan dengan rutin dan bersih untuk melindungi dari infeksi bakteri dan virus yang menyebabkan peradangan saluran hidung dan sinus.
  • Gunakan humidifier di rumah Anda untuk melembapkan saluran pernapasan, memperbaiki aliran lendir dari sinus, dan mencegah penyumbatan dan peradangan.
    Gunakan nasal rinse atau nasal lavage untuk membilas saluran hidung dan menghilangkan alergen dan iritan lainnya.

Perhatian : *Informasi dalam artikel ini bukanlah resep atau nasehat medis. Jika Anda perlu bantuan atau hendak berobat berkonsultasilah dengan tenaga kesehatan medis profesional.

7 komentar :

  1. Wah lengkap banget informasinya. Terima kasih :)

    BalasHapus
  2. Ternyata itu tah yang menyebabkan penyakit polip hidung

    BalasHapus
  3. Ternyata penyakit polip hidung bisa diobati di rumah ya

    BalasHapus
  4. Terima kasih informasinya kak tentang mengetahui penyakit polip hidung

    BalasHapus
  5. Wah harus extra hati-hati lho yang mempunyai penyakit yang beresiko munculnya penyakit polip

    BalasHapus
  6. bagi yang belum terkenapolip hidung sangat sukeren dengan adanya gejala gejalanya, dengan demikian jadi bisa mencegahnya sebelum mengobati...bukan gituh mang?

    BalasHapus
  7. Terima kasih informasinya Mas Asnaji, semoga kita terhindar dari sakit ini ya ...

    BalasHapus