Apa itu Angiografi Mata

Triknews.id - Apa pengertian Angiografi Mata ? - Angiografi mata adalah sebuah prosedur medis menggunakan tinta fluorescent (sinar pendar) yang diinjeksikan ke dalam aliran darah. Tinta akan menyorot pembuluh darah di balik bola mata agar dapat diambil gambarnya. Prosedur medis ini umum dilakukan untuk perawatan gangguan mata, Dokter Anda akan melakukan prosedur untuk mengonfirmasi diagnosis sebelumnya, untuk menentukan terapi yang sesuai, atau untuk mengawasi kondisi pembuluh darah di belakang bola mata Anda.


Kapan menjalani pemeriksaan angiografi mata?

Prosedur medis ini dilakukan untuk memeriksa jika aliran darah dalam pembuluh yang terletak dua lapis di belakang bola mata Anda bekerja dengan baik. Angiografi mata juga dapat dilakukan untuk mendiagnosis masalah-masalah pada mata atau untuk menentukan apakah perawatan mata tertentu bekerja dengan baik.
Pencegahan & peringatan

Apa yang harus di ketahui sebelum menjalani angiografi mata?

Pada umumnya, dokter tidak akan menganjurkan prosedur ini dilakukan selama masa kehamilan—khusunya pada trimester awal. Tinta fluorescent dapat terserap oleh ASI, tidak aman untuk menyusui selama 24-48 jam setelah prosedur. Pompa ASI Anda dan buang segera, lakukan sampai Anda rasa aman untuk kembali menyusui. Alternatifnya, beberapa hari sebelum prosedur Anda dapat memompa ASI dan menyimpannya, atau membeli susu formula, untuk digunakan saat dan setelah prosedur.

Tinta akan disaring ginjal dan mengalir keluar dari dalam tubuh melalui urin dalam 48 jam. Urin dapat berwarna kuning terang atau oranye selama 2 hari tersebut. Tinta yang disebut indocyanine hijau akan lebih baik dalam mendeteksi beberapa tipe masalah mata daripada tinta fluorescent. Tinta hijau ini akan membantu dokter untuk memeriksa apakah ada kebocoran pada pembuluh darah di bawah retina. Hasil tes akan lebih sulit untuk dibaca pada pasien katarak.


Informasi yang terkait dengan penyakit mata :

Proses

Apa yang harus di lakukan sebelum menjalani angiografi mata?

Jangan mengendarai kendaraan sendiri pada hari prosedur. Mintalah teman atau anggota keluarga Anda untuk mengantar jemput dan menemani Anda pada hari prosedur. Pupil mata Anda akan membesar selama kurang lebih 12 jam setelah tes. Pastikan untuk menginformasikan dokter Anda sebelum prosedur mengenai pengobatan (resep/nonresep, produk herbal, suplemen) dan terapi lain yang sedang Anda jalani. Beri tahukan dokter Anda jika Anda memiliki alergi iodine. Jika Anda menggunakan lensa kontak, lepaskan lensa sebelum menjalani pemeriksaan.

Bagaimana proses angiografi mata?

Anda akan diberikan obat tetes mata yang berfungsi untuk melebarkan pupil. Anda akan diharuskan untuk menopang dagu pada dudukan kamera dan menyenderkan dahi Anda kepada bar pendukung untuk menjaga kepala Anda tidak bergerak selama prosedur. Dokter akan mengambil gambar dalam mata Anda. Setelah beberapa gambar pertama diambil, tinta fluorescent akan diinjeksikan ke dalam nadi, biasanya di lipatan dalam siku Anda. Kemudian, sebuah kamera khusus akan mengambil gambar sementara tinta mengalir dalam pembuluh darah di belakang bola mata Anda.

Apa yang harus di lakukan setelah menjalani angiografi mata?

Saat tes selesai, penglihatan Anda akan mengabur selama kurang lebih 12 jam. Jangan mengendarai kendaraan sendiri sampai efek dari obat mata benar-benar habis. Mintalah teman atau anggota keluarga Anda untuk mengantar jemput dan menemani Anda pada hari prosedur. Gunakan kacamata sampai ukuran pupil Anda kembali normal guna menghindari paparan cahaya terang dan sinar matahari langsung yang dapat mencederai mata Anda.

Penjelasan dari Hasil Tes

Apa arti hasil tes yang saya dapat?
Lama tes berkisar hingga 30 menit. Hasil akan dapat diterima dan diteliti oleh dokter Anda langsung setelah prosedur.

Hasil normal
Aliran tinta mengalir normal tanpa hambatan. Tidak ditemukan kebocoran atau pemblokiran.

Hasil abnormal
  • aliran tinta lambat
  • aliran tinta tersumbat
  • tinta bocor keluar dari pembuluh darah
  • terdapat penggumpalan di area sekitar mata atau optic disc

Perhatian : *Informasi dalam artikel ini bukanlah resep atau nasehat medis. Jika Anda perlu bantuan atau hendak berobat berkonsultasilah dengan tenaga kesehatan medis profesional.
Sumber : www.hellosehat.com

6 komentar :

  1. Ternyata pengobatan kirain penyakit mata. Efek pengobatannya bisa mengaburkan pengelihatan lumayan lama juga sampai 12 jam..

    BalasHapus
  2. aku trauma dengan istilah pengobatan ribet seperti ini mas Asnaji, angiography, ekg, MRI waduh

    BalasHapus
  3. Kayaknya saya belum pernah di angiografi ini mas.. Kalau tidak aman untuk ibu menyusui, asumsi saya ini agak berbahaya.. Semoga ga pernah dites pakai alat ini aamiin

    BalasHapus
  4. Belum pernah tahu soal angiografi, setelah baca pos ini baru tahu saya, Mas Asnaji hehehe. Mau cari tahu ah nanti di keponakan. Makasih informasinya, Mas.

    BalasHapus
  5. Wahh bentukannya kalau dilihat jadi kayak hujan timbul petir gitu ya

    BalasHapus
  6. Aku kira awalnya ada hubungannya sama alam. Eh, gak taunya pengobatan mata hehe. Bentuknya kaya langit yg ada petirnya pas malam-malam ya hehe

    BalasHapus