Awas Demam Berdarah, Musim Hujan Virus Demam Berdarah Mudah Menyebar

Triknews.id - Musim hujan tiba, waspadalah terhadap serangan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Beberapa daerah di Indonesia saat ini sedang mewabah demam berdarah. Sebelum kena, sebaiknya kita Mengetahui Secara Dini Tanda-tanda Penyakit Deman Berdarah dan Cara Mencegah Serta Langkah Cepat Mengobati Bemam Berdarah Dengeu (DBD) hingga mengenali Ciri-ciri Nyamuk Deman Berdarah.


Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah infeksi yang disebabkan oleh virus dengue. Ada 2 Nyamuk jenis nyamuk yang menularkan atau menyebarkan virus dengue. Demam dengue juga disebut sebagai "breakbone fever" atau "bonebreak fever" (demam sendi), karena demam tersebut dapat menyebabkan penderitanya mengalami nyeri hebat seakan-akan tulang mereka patah.





Virus ini masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus, yang hidup di wilayah tropis dan subtropis. Namun hingga saat ini belum ada penanganan yang spesifik untuk Penyakit demam berdarah ini. Sementara, vaksin demam berdarah telah dikembangkan oleh WHO pada bulan April 2016. Vaksin tersebut berfungsi untuk mencegah terjadinya fase lanjutan ke-2 demam berdarah.

Rekomendasi penting untuk Anda ketahui : Daftar Nama Penyakit dari A sampai Z lengkap

Apa saja tanda-tanda dan gejala demam berdarah dengue (DBD)?

  • Gejala dari demam berdarah biasanya diawali dengan demam selama 4 hingga 7 hari setelah digigit oleh nyamuk yang terinfeksi, serta:Demam tinggi, hingga 40 derajat C
  • Kulit kemerahan yang tampak seperti campak
  • Yeri otot dan persendian.
  • Rasa sakit kepala yang hebat
  • Mual dan muntah
  • Ruam

Demam dengue dapat berubah menjadi satu dari dua bentuk yang mengancam jiwa. Yang pertama adalah demam berdarah yang menyebabkan pendarahan, kebocoran pembuluh darah (saluran yang mengalirkan darah), dan rendahnya tingkat trombosit darah (yang menyebabkan darah membeku). Yang kedua adalah sindrom renjat dengue, yang menyebabkan tekanan darah rendah yang berbahaya.

Ada satu jurus ampuh sebagai pertolongan dini alternatif untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti itu, yakni perbanyak minum.

Ketua Divisi Infeksi dan Pediatri Tropik Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSCM-FKUI, dr Mulya Rahma Karyanti menyebutkan jurus ampuh tersebut juga berlaku saat demam biasa.

“Pokoknya Obat yang bersfat cairan"

Bagaimana Cara Mengenali Ciri-ciri NyamuK Deman Berdarah?
Baca selengkapnya...

Bagaimana mencegah gejala demam berdarah terjadi?

1. Bersihkan bak mandi Anda seminggu sekali
Air merupakan tempat berkembang biak nyamuk Aedes aegypti . Nyamuk betina bertelur pada dinding bak yang terisi air, larva nyamuk kemudian akan mendapat makanan dari mikroorganisme yang hidup di sekitarnya. Selama masa ini, larva nyamuk akan melepaskan kulit pelindung mereka dan berkembang biak hingga mencapai tahap terakhir. Ketika larva nyamuk sudah cukup kuat, selanjutnya larva akan berubah menjadi pupa. Pada tahap pupa, tidak dibutuhkan makanan. Pupa hanya akan mengalami perubahan bentuk hingga akhirnya menjadi nyamuk biasa yang siap terbang.

Keseluruhan siklus ini berlangsung 8 – 10 hari dalam suhu ruang. Membersihkan bak mandi Anda setidaknya satu minggu sekali dapat memutus siklus hidup nyamuk Aedes aegypti.

2. Tutup perabotan rumah tangga Anda yang menampung air
Baskom berisi air, vas bunga, ember, dan wadah lain yang dapat menampung air berpotensi menjadi tempat nyamuk bersarang. Rajin-rajinlah membersihkan tempat-tempat tersebut setidaknya dua kali seminggu untuk mengurangi risiko munculnya nyamuk pembawa demam berdarah.

3. Gunakan kasa nyamuk
Kasa atau kain filter nyamuk berguna untuk mencegah masuknya nyamuk dari luar rumah. Anda bisa memasang kasa nyamuk ini pada pintu dan jendela Anda.

4. Jangan menumpuk atau menggantung baju terlalu lama
Sesekali perhatikanlah gantungan baju Anda di balik pintu. Baju kotor yang menumpuk dapat menjadi tempat favorit untuk dihinggapi nyamuk. Memang tumpukan baju kotor bukan tempat nyamuk berkembang biak, tetapi merupakan tempat favorit nyamuk hinggap. Hal ini dikarenakan nyamuk menyukai aroma tubuh manusia. Jika Anda memang harus menyimpan kembali baju yang telah dipakai, letakkan baju pada tempat yang bersih dan tertutup.

5. Gunakan lotion anti nyamuk atau kelambu
Ketika Anda hendak bepergian, jangan lupa gunakan lotion anti nyamuk terutama pada bagian tubuh yang tidak tertutup oleh pakaian. Namun tidak hanya saat bepergian, Anda tetap harus melindungi diri dari gigitan nyamuk ketika sedang tidur karena nyamuk demam berdarah aktif pada malam hari hingga menjelang subuh.

Selain menggunakan lotion anti nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur juga dapat membantu menghindari gigitan nyamuk dan mencegah demam berdarah.

Buah dan Tanaman Herbal Ini Mampu Menurunkan Tensi Penyakit Demam Berdarah

Baca selengkapnya...

Perhatian : *Informasi dalam artikel ini bukanlah resep atau nasehat medis. Jika Anda perlu bantuan atau hendak berobat berkonsultasilah dengan tenaga kesehatan medis profesional.

3 komentar :

  1. Lagi musimnya demam berdarah nih kang, mudah-mudahan keluarga kita dijauhkan dari penyakit ini ya kang.

    BalasHapus
  2. pernah kena malaria aja. itupun rasanya sangat tersiksa min... semoga aja gak kena lagi malaria atau demam berdarah. bisa semaput dibuatnya....
    makasih infonya min. salam sahabat blogger

    BalasHapus
  3. Membersihan bak mandi memang penting ya. Penting banget malah.

    BalasHapus