Bagaimana Cara Mengenali Ciri-ciri NyamuK Deman Berdarah?

Triknews.id - Ciri-ciri NyamuK Deman Berdarah. Penyakit demam berdarah disebabkan oleh adanya virus dengue yang diketahui memiliki empat serotipe virus dengue, di antaranya DEN-1, DEN-2, DEN-3, dan DEN-4. Penyebaran virus NyamuK Deman Berdarah sering kali mewabah saat musim penghujan dan pasca musim dingin.

NyamuK Deman Berdarah Aedes aegypti yang dikenal sebagai penyebar virus dengue, Nyamuk demam berdarah ini juga menjadi penyebab dari penyakit chikungunya, mayaro, dan zika. Aedes aegypti berasal dari daratan benua Afrika, saat ini juga banyak ditemukan di Asia Tenggara.

Jenis nyamuk demam berdarah ini memiliki sifat anthropofilik, artinya mereka lebih memilih untuk menghisap darah manusia. Selain itu juga bersifat multiple feeding, artinya untuk memenuhi kebutuhan darah sampai kenyang biasanya nyamuk ini bisa menghisap darah beberapa kali.


Bagaimana Cara Mengenali Ciri-ciri Nyamuk Demam Berdarah

Warna dan Jenis nyamuk demam berdarah
Nyamuk demam berdarah Aedes albopictus memiliki corak warna hitam dan putih dengan ukuran panjang tubuh berjarak 8 milimeter (mm) hingga 10 mm. Ukuran nyamuk ini beradaptasi dengan ketersediaan makanan dan kondisi lingkungan di mana mereka tinggal. Semakin banyak persediaan makanan (darah), maka ukurannya bisa lebih besar dari ukuran umumnya.


Rekomendasi penting untuk Anda ketahui : Daftar Nama Penyakit dari A sampai Z lengkap

Bila Anda menemukan nyamuk dengan ciri-ciri berukuran kecil dan berwarna hitam dengan belang (loreng) putih di seluruh tubuh, maka dapat dipastikan itu merupakan nyamuk demam berdarah. Nyamuk ini memiliki kemampuan untuk terbang setinggi 100 meter sehingga daya jangkau penularannya cukup jauh.

Waktu gigit nyamuk demam berdarah

Sifat khas yang dimiliki oleh nyamuk demam berdarah dapat dilihat dari waktu gigitanya. Nyamuk demam berdarah aktif menggigit pada pagi hingga sore hari, paling aktif saat dua jam setelah matahari terbit dan beberapa jam sebelum matahari terbenam.

Nyamuk demam berdarah terkadang menggigit tanpa sepengetahuan Anda karena biasanya nyamuk ini menggigit dari belakang tubuh Anda dan menuju pergelangan kaki dan siku. Gigitannya pun seringkali tidak menimbulkan rasa sakit sehingga Anda mungkin tidak sadar saat terkena gigitan nyamuk demam berdarah.

Baca lebih lanjut ...Mengetahui Secara Dini Tanda-tanda Penyakit Deman Berdarah (DBD)

Tempat perkembangbiakan nyamuk demam berdarah

Nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus termasuk jenis nyamuk pemukiman. Jadi, nyamuk ini menyukai tempat atau wadah penampungan air yang jernih untuk meletakkan telurnya. Tempat-tempat ini pun tidak hanya di dalam rumah saja, sebab tempat penampungan di luar rumah pun bisa menjadi tempat perkembangbiakannya dan seringkali luput dari perhatian.

Secara umum, nyamuk demam berdarah menyukai tempat yang agak gelap dan lembap. Nyamuk Aedes aegypti lebih banyak ditemukan berkembang biak di tempat-tempat penampungan air buatan, misalnya bak mandi, ember, vas bunga, tempat minum burung, kaleng bekas, dan tempat-tempat sejenis.

Sementara itu, nyamuk Aedes albopictus lebih banyak ditemukan di penampungan air alami di luar rumah, seperti ketiak daun, lubang pohon, dan potongan bambu.

Bila Anda memiliki kebiasaan menggantung baju di belakang pintu, Anda perlu waspada sebab tumpukan baju ini juga menjadi tempat hinggap yang disenangi oleh nyamuk demam berdarah.
Pola jentik nyamuk demam berdarah

Selain mengetahui ciri-ciri nyamuk demam berdarah, Anda juga perlu tahu jentik mana yang merupakan jentik nyamuk demam berdarah. Saat Anda mengecek bak mandi atau tempat penampungan lainnya, jentik nyamuk demam berdarah biasanya bergerak aktif dari bawah ke atas permukaan air secara berulang-ulang. Nah, bila Anda menemukannya, segeralah untuk menguras bak mandi guna mencegah perkembangbiakan nyamuk demam berdarah.

Ketahui Pola jentik nyamuk demam berdarah

Selain mengetahui ciri-ciri nyamuk demam berdarah, Anda juga perlu tahu jentik seperti apa yang merupakan jentik nyamuk demam berdarah. Saat Anda mengecek bak mandi atau tempat penampungan lainnya, jentik nyamuk demam berdarah biasanya bergerak aktif dari bawah ke atas permukaan air secara berulang-ulang. Nah, bila Anda menemukannya, segeralah untuk menguras bak mandi guna mencegah perkembangbiakan nyamuk demam berdarah.

Cara mencegah dan menghindari gigitan nyamuk

Setelah mengetahui ciri-ciri nyamuk demam berdarah, sudah saatnya Anda melakukan pencegahan agar tidak terkena gigitan nyamuk demam berdarah. Nah, berikut beberapa cara yang bisa Anda ikuti sebagai langkah pencegahan:

  1. Gunakan baju lengan panjang, celana panjang, kaus kaki, dan sepatu di waktu-waktu aktif persebaran nyamuk demam berdarah
  2. Gunakan lotion anti nyamuk untuk menghindari gigitan nyamuk.
  3. Gunakan kelambu pada tempat tidur atau kereta bayi agar Anda dan keluarga terlindungi dari gigitan nyamuk saat tidur.
  4. Lakukan 3-ME, yaitu menutup, menguras, mengubur, dan mendaur ulang barang-barang bekas yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk demam berdarah.

Selesai, wassalam

2 comments :

  1. Wah informasi yang sangat penting nih. Terima kasih informasinya

    ReplyDelete
  2. Untuk menghindari, gunakan juga kipas angin kalau tidur, nyamuknya tak sanggup melawan kibasan angin dari kipas hehehe. Atau AC :D

    ReplyDelete