Buah dan Tanaman Herbal Ini Mampu Menurunkan Tensi Penyakit Demam Berdarah

Triknews.id - Musim hujan tiba, waspadalah terhadap serangan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Beberapa daerah di Indonesia saat ini sedang mewabah demam berdarah. Sebelum kena, sebaiknya kita Mengetahui Secara Dini Tanda-tanda Penyakit Deman Berdarah dan Cara Mencegah Serta Langkah Cepat Mengobati Bemam Berdarah Dengeu (DBD) hingga mengenali Ciri-ciri Nyamuk Deman Berdarah.

Ketahui Secara Dini Tanda-tanda Penyakit Deman Berdarah (DBD)
Baca selengkapnya...


Kunci utama untuk menurunkan kemungkinan komplikasi atau kematian pada penderita demam berdarah adalah dengan memberikan asupan yang dapat menaikkan jumlah trombosit pada saat memasuki fase kritis. Bagaimana caranya? caranya adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang saya sebutkan berikut ini :


1- Jambu biji
Jambu biji mengandung trombinol yang mampu merangsang trombopoietin lebih aktif, sehingga dapat menghasilkan keping darah yang lebih banyak memicu pembentukan platelet atau trombosit darah baru. Karena pasien demam berdarah memerlukan asupan yang mudah dicerna, maka sebaiknya jambu biji diolah dulu menjadi jus. Kandungan air pada jus juga baik untuk mencegah dehidrasi sehingga dapat mempercepat penyembuhan demam berdarah.



2- Angkak
Angkak untuk menyembuhkan DBD
Selain jambu biji, ada angkak yang dipercaya baik dikonsumsi saat gejala demam berdarah menyerang. Sudah banyak berbagai penelitian yang dilakukan untuk membuktikan mengenai angkak sebagai obat demam berdarah alami. Perlu diketahui, angkak adalah salah satu jenis beras merah dari Tiongkok yang difermentasi dengan ragi Monascus purpureus. Sebuah penelitian dari IPB tahun 2012 menunjukkan bahwa pemberian kapsul angkak dapat meningkatkan trombosit pada tikus putih yang dibuat trombositopenia (kadar trombosit dalam darah yang rendah).

Seperti yang kita tahu bahwa pasien DBD mempunyai kadar trombosit yang rendah yang membuat penyakitnya semakin parah. Dengan pemberian angkak yang dapat membantu peningkatan kadar trombosit, maka pasien DBD kemungkinan lebih cepat sembuh.





3- Echinacea
manfaat echinacea:
Echinacea merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang umumnya digunakan untuk mengobati demam dan flu pada masyarakat Amerika bagian Utara. Menurut Pakistan Journal of Clinical and Biomedical Research, echinacea dapat memicu produksi protein dan interferon tambahan, sebagai reaksi terhadap serangan bakteri dan virus. Maka dari itu, echinacea mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengoptimalkan kemampuan sel darah putih dalam menangani infeksi virus, termasuk virus dengue.

Rekomendasi penting untuk Anda ketahui : Daftar Nama Penyakit dari A sampai Z lengkap


4- Daun pepaya
manfaat daun pepaya Dua peneliti dari India telah meninjau laporan-laporan penelitian yang telah dilakukan dan mendapatkan bahwa ekstrak daun pepaya dapat membantu meningkatkan angka trombosit dalam darah seseorang yang mengalami demam berdarah dengue. Ini diduga karena daun pepaya dapat membantu menstabilkan dinding sel keping darah sehingga tidak mudah dihancurkan oleh virus dengue.

Anda bisa menggunakan 50 gram daun pepaya sebagai obat demam berdarah alami dengan cara mencucinya dahulu menggunakan air hingga bersih. Setelahnya, tumbuk daun hingga halus, namun jangan sampai menjadi bubuk. Lalu, Anda bisa mencampurkan air dan peras air tumbukan daun pepaya. Minum air daun pepaya sebanyak 3 kali dalam sehari.


5- Makan buah atau sayuran yang kaya akan kandungan vitamin C
kebutuhan vitamin C saat puasa Vitamin C, yang juga dikenal sebagai asam askorbat, memiliki beberapa peran penting dalam tubuh. ini membantu dalam perbaikan, pertumbuhan dan perkembangan jaringan sel tubuh. Pentingnya lagi, vitamin C daoat memberi kekuatan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan antibodi dan produksi sel darah putih.


6- Buah kurma
Kandungan gula alami, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa,pada kurma terbukti mampu mengembalikan energi tubuh Anda yang masih lemas atau lemah pasca mengalami demam dengue. Tidak hanya itu, zat besi pada kurma secara alami juga dapat menambah jumlah trombosit dalam tubuh. Ditambah lagi, kandungan asam amino dan serat pada kurma juga mampu melancarkan pencernaan.

Anda bisa mengonsumi buah seperti jambu, lemon, jeruk, pepaya, stroberi, kiwi dan mangga untuk membantu proses penyembuhan DBD. Sedangkan sayuran kaya vitamin C yang bisa dikonsumsi saat terkena DBD adalah, kubis, brokoli, kembang kol, dan labu kuning.

25 comments :

  1. daun pepaya padahal salah satu makanan yg mengandung banyak manfaat tapi banyak orang tak suka daun ini karena pahit, padahal kalo udh biasa mah pasti enak aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. pahit tetapi memeliki khasiat sebagai obat

      Delete
  2. Daun pepaya saya paling suka, lebih praktis dan mudah didapatkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul itu Bang, daun pepaya selain memiliki khasiat sebagai obat, tetapi enak juga lho buat sayur

      Delete
    2. cari di belakang rumah biasa ada Kang

      Delete
    3. mantap mas, suka daun pepaya yah, pasti sehat terus insyaallah

      Delete
  3. jih....saya kosemua yang ada diatas baikbuah maupun obat herbalnya tak konsumsi semuahnya....keren ngga sih?

    ReplyDelete
  4. I love jambu biji bijian yang enaknya kebangetan. pantesan tensi normal karna sering makan jambu biji akooh wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah nyoba makan kah..?

      Delete
    2. ow...akohnya sekarang ngblog sambil makan biji yah?

      Delete
    3. Awaas .. , bijinya jangan ketelan, loh .. , ntar kena usus buntu kayak aku :(

      Delete
    4. Hihi serem yak kalau ampe ketelrn.. harus disaring kalau d jus ya kang hehehe

      Delete
  5. Lagi musim DBD, tanaman² berkhasiat obat seperti diatas banyak dicari orang untuk pengobatan. Nice post..

    ReplyDelete
  6. Ponakan kemarin hampir - hampiran, pas kena DBD, akhirnya dirawat di Siaga Medika, dan emang disaranin buat minum jus jambu ...

    ReplyDelete
  7. Ternyata buah jambu selain enak juga bisa menyembuhkan dari penyakit demam berdarah ya

    ReplyDelete
  8. Yg paling berat menurut saya yaitu kalau disuruh minum perasan air daun pepaya, coz rasanya super pahit dan getir, kalau pahitnya brotowali saya malah tahan.....btw kalau untuk DB minum jus jambu biji putih apa khasiatnya nggak sebagus yg biji merah mas?

    ReplyDelete
  9. Taunya cmn jambu biji. Ternyata pepaya dan jeruk jg khasiatnya sama yah.

    ReplyDelete
  10. Kadang tuh musim hujan banyak sekali demam berdarah, untuk ada tips ini jadi bermanfaat dan berkasiat banget nh

    ReplyDelete
  11. Oh, sekarang angkak udah ada produksi kapsulnya ya mas ?.

    Selama ini aku tau infonya hanya dijual di toko2 obat herbal Chinna.
    Bagus kalau sekarang sudah dibuat kemasan kapsul seperti itu, jadi lebih mudah dicarinya di apotek.

    Tapi mungkin loh ya, khasiatnya lebih cespleng dengan angkak yang dijual di toko herbal Chinna karena masih alami.

    ReplyDelete
  12. Bener nih penyakit ini lgi musim nya,,,belum ada seminggu saya udah jenguk 3 teman dan sodara saya di rumah sakit karena penyakit dbd

    ReplyDelete
  13. Selama ini cuma tahu jambu biji saja, makanya pernah itu ada temen yang membeli banyak Buavita rasa jambu ... terimakasih informasinya Mas Asnaji. Sekarang saya harus cari tahu angkak ini apa hahaha.

    ReplyDelete
  14. kalo Echinacea baru tau sih
    tapi jambu biji emang bener banget yg maerah penting itu
    sama daun pepaya walau pahit rasanya

    ReplyDelete
  15. Yang pernah saya buktikan sich jambu biji, yanh asli ya, bukan juice jambu biji yang kita beli di supermarket itu

    ReplyDelete