Penyebab Mata Katarak , Gejala dan Cara Mengobatinya

Triknews.id - Penyebab Mata Katarak. Apa itu katarak? Katarak adalah lensa mata yang menjadi keruh, sehingga cahaya tidak dapat menembusnya, bervariasi sesuai tingkatannya dari sedikit sampai keburaman total. Dalam perkembangannya katarak yang terkait dengan usia penderita dapat menyebabkan pengerasan lensa, menyebabkan penderita menderita miopi, berwarna kuning menjadi coklat/putih secara bertahap dan keburaman lensa dapat mengurangi persepsi akan warna biru.



Sebagian besar katarak berkembang perlahan dan awalnya tidak terasa mengganggu. Namun lama kelamaan, katarak akan mengganggu penglihatan dan membuat pasien sulit menyetir, membaca dan melakukan aktivitas rutinnya.

Tanda-tanda dan gejala katarak

Penderita katarak akan mengalami pengelihatan yang buram, ketajaman pengelihatan berkurang, sensitivitas kontras juga hilang, sehingga kontur, warna bayangan dan visi kurang jelas karena cahaya tersebar oleh katarak ke mata. Tes sensitivitas kontras harus dilakukan dan jika kekurangan sensitivitas kontras terlihat makan dianjurkan untuk konsultasi dengan dokter spesialis mata.

Katarak dapat terjadi pada satu atau kedua mata namun tidak dapat menyebar dari satu mata ke mata yang lain. Berikut ini adalah beberapa tanda dan gejala katarak :
  • Pandangan kabur seperti berkabut
  • Warna di sekitar terlihat memudar
  • Rasa silau saat Anda melihat lampu mobil, matahari atau lampu. Anda juga dapat melihat lingkaran di sekeliling cahaya
  • Pandangan ganda
  • Penurunan penglihatan di malam hari
  • Sering mengganti ukuran kacamata

Segera konsultasi dengan dokter spesialis mata jika Anda mengalami gejala-gejala berikut ini:.
  • Beberapa gejala di atas yang mengganggu atau semakin memburuk
  • Saat gejala katarak sudah mengganggu aktivitas harian Anda
  • Atau saat Anda merasa nyeri pada mata Anda

Penyebab terjadinya katarak

Katarak berkembang karena berbagai sebab, seperti kontak dalam waktu lama dengan cahaya ultra violet, radiasi, efek sekunder dari penyakit seperti diabetes dan hipertensi, usia lanjut, atau trauma (dapat terjadi lebih awal) dan biasanya akibat denaturasi dari lensa protein. Faktor-faktor genetik sering menjadi penyebab katarak kongenital dan sejarah keluarga yang positif juga mungkin berperan dalam predisposisi seseorang untuk katarak pada usia lebih dini, fenomena "antisipasi" dalam katarak pra-senilis.

Informasi yang terkait dengan penyakit mata :

Katarak juga dapat diakibatkan oleh cedera pada mata atau trauma fisik. Sebuah studi menunjukan katarak berkembang di antara pilot-pilot pesawat komersial tiga kali lebih besar daripada orang-orang dengan pekerjaan selain pilot. Hal ini diduga disebabkan oleh radiasi berlebihan yang berasal dari luar angkasa. Katarak juga biasanya sering terjadi pada orang yang terkena radiasi inframerah, seperti para tukang (meniup)kaca yang menderita "sindrom Pengelupasan". Eksposur terhadap radiasi gelombang mikro juga dapat menyebabkan katarak. Kondisi atopik atau alergi yang juga dikenal untuk mempercepat perkembangan katarak, terutama pada anak-anak.

Katarak dapat terjadi hanya sebagian atau penuh seluruhnya, stasioner atau progresif, keras atau lembut.
Beberapa obat dapat menginduksi perkembangan katarak, seperti kortikosteron dan Seroquel.

Tes dan Deteksi yang biasa dilakukan untuk katarak?

Untuk memastikan diagnosis, dokter Anda akan melakukan evaluasi pada riwayat medis Anda dan melakukan pemeriksaan mata yang komprehensif. Anda akan dirujuk ke dokter spesialis mata (ophtalmogist), yang akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk memastikan katarak.

Pengobatan di rumah
Beberapa perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi gejala katarak adalah:
  • Pergi ke dokter jika masalah penglihatan Anda sudah mengganggu aktivitas harian Anda.
  • Periksa mata Anda secara teratur pada dokter ahli kacamata Anda
  • Lindungi mata Anda dari benturan dan cahaya matahari yang terlalu lama. Gunakan kacamata yang melindungi 100% dari sinar ultraviolet baik UVA dan UVB, khususnya selama musim panas.
  • Pertahankan kadar gula darah dalam rentang yang normal jika Anda menderita diabetes. Katarak lebih cepat berkembang jika kadar gula darah Anda tinggi.
  • Perbaiki pencahayaan di rumah Anda.
  • Gunakan kaca pembesar saat membaca.
  • Batasi kebiasaan menyetir di malam hari.
  • Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Perhatian : *Informasi dalam artikel ini bukanlah resep atau nasehat medis. Jika Anda perlu bantuan atau hendak berobat berkonsultasilah dengan tenaga kesehatan medis profesional.

2 komentar :

  1. Oh, baca artikel ini aku jadi teringatkan untuk selalu ngga ketinggalan bawa sunglasses saat travelling.
    Takut juga efeknya mata kena radiasi ultraviolet ...

    Biar aja kata banyak rang katanya kalau pakai sunglasses itu sok gegayaan hehehe ... tapi memang nyatanya punya manfaat baik daaaan .. nyatanya memang juga buat aksi gegayaan buat foto xixixi :)

    BalasHapus
  2. ibu saya sudah bertahun-tahun matanya selalu kelihatan buram saat melihat. hanya dengan operasi katarak alhamdulillah sembuh. :)

    BalasHapus