Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Beberapa Langkah Sederhana dan Terbukti Ampuh

Triknews.id - Laptop lemot memang sering Kita jumpai saat melakukan beragam pekerjaan, browsing, olah data ataupun saat bermain game. Tapi Anda tak perlu khawatir, karena kami akan memberi tips Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Beberapa Langkah Sederhana dan Terbukti Ampuh dan sudah saya praktekkan pada perangkat komputer saya.

Komputer atau laptop juga sangat dibutuhkan oleh para pekerja apalagi pekerja kantor pasti sangat membutuhkan laptop. Untuk menyimpan file yang penting bagi perusahaan, apalagi sekarang banyak komputer yang memiliki spesifikasi tinggi. Dengan kemampuan yang tinggi dapat multitasking sehingga mudah untuk digunakan kapan saja.

Namun sebagai manusia pasti kita pernah merasa kelelahan dan ingin sekali istirahat, komputer maupun laptop juga sama. Apabila digunakan terus – menerus akan mengalami kerusakan yang gejala awalnya ialah lemot. Pasti laptop atau komputer yang kita gunakan pernah mengalami lemot dan lama saat dinyalakan. Itu adalah tanda bahwa komputer atau laptop kita perlu diperbaiki.

Namun sebelum melangkah ke penjelasan yang lebih jauh pastikan penyimpanan data, file serta dokument penting lainya tersimpan di drive D: atau E

Usahakan agar partisi drive C: hanya berisi file-file System Windows saja.
Jadi pindahkan data dan dokumen yang ada di C. Jangan memenuhi drive C dengan data atau file, apalagi sampai bertanda merah dan muncul peringatan "Low Disk Space" yang bisa memperlambat kinerja laptop.
Data-data di drive C terdapat di folder "user". Buka data yang ada di folder user tersebut yang meliputi:
  • Desktop
  • Download
  • My Documents
  • My Music
  • My Pictures
  • My Videos

Pindahkan file-file di dalam folder tersebut diatas dengan cara di "cut" (potong) lalu "paste" (pindahkan) ke drive D: atau E:

Perlu anda ketahui : Apa Saja Faktor dan Penyebab Performa Laptop windows 7,8,10 Menjadi Lemot ? pelajari selengkapnya...

Bagaimana Cara Mengatasi Komputer Lemot?

Cara mengatasi pc yang lemot terbilang mudah dan cukup simple, apa saja langkah – langkahnya simak pembahasannya berikut ini:

1- Hapus file sampah local Disc
Hapus sampah file menggunakan Tools Disk Cleanup, Komputer memiliki penyimpanan yang sangat besar, dari 350 GB – 2 TB. Oleh karena itu kita pasti secara tidak sengaja menyimpan file yang tidak penting. Seperti kita saat asal save dan lupa folder savenya. Sehingga menimbulkan sampah yang berlebih untuk komputer atau pc. Jika terlalu banyak file sampah maka komputer akan terasa lemot dan membuat susah dikendalikan. Pada windows sendiri tekah di sediakan tools yang bberfungsi sebagai pembersih file sampah yaitu Disk Cleanup. Tenang...penghapusan file sampah ini hanya menghapus sisa-sisa file sampah yang tidak di gunakan, dan file serta dokumen penting anda tetapa aman.

Cara menggunakan Tools Disk Cleanup:
Klik Start ► Pilih All Program ► pilih Accessories ►pilih Sistem tools ► Disk Cleanup

Centang semua opsi yang terdapat pada kota dialog.


2- Uninstall aplikasi tidak digunakan
System operasi yang kita gunakan pasti memiliki aplikasi bawaan yang memudahkan kita. Namun ada beberapa aplikasi yang tidak ada dan mengharuskan kita menginstall aplikasi tersebut. Aplikasi yang sudah kita install biasanya hanya digunakan beberapa kali saja, setelah itu kita tinggalkan. Sebaiknya kita uninstall aplikasi atau software yang kita gunakan untuk membuat komputer kita lebih baik dan mudah digunakan.

Cara Uninstall aplikasi tidak digunakan
Klik Start ►Pilih Control Panel ►Uninstall a program


Pilih daftar aplikasi yang dirasa tidak peru dan jarang anda gunakan



3- Install ulang pc atau komputer
Langkah atau option terakhir adalah dengan menginstall ulang komputer atau laptop sehingga akan kembali seperti awal. Langkah ini terbilang sangat ampuh karena menghilangkan berbagai virus, file sampah, dan aplikasi yang tidak digunakan. Setelah menginstall ulang pasti akan terasa ringan dan mudah digunakan.

Pelajari : Cara Reset Ulang Laptop Windows 7,8,10 ke Pengaturan Awal

This Is The Newest Post

4 komentar :

  1. Asik nih disini dijelaskan tahapan cara-caranya mengatasi laptop lemot, tanpa perlu lagi bentar-bentar dibawa ke tukang servis.

    BalasHapus
  2. Kalau saya dari awal sudah saya setting, aplikasih yang bukan hal penting otomatis masuk ke folder D. Dan yang sudah tidak terpakai hapus.

    BalasHapus
  3. aku lama nggak bersih bersih syukur jadi ingat deh bac artikel ini

    BalasHapus