Faktor dan Penyebab Performa Laptop windows 7,8,10 Menjadi Lemot

Triknews.id - Apa Penyebab Performa Laptop windows 7,8,10 Menjadi Lemot atau lambat membaca. Laptop Anda lemot? yaa.. siapa sih yang tidak pernah mengalami hal yang menjengkelkan saat asyik browsing atau olah data namun performa laptop / PC mendadak lemot.


Laptop lemot memang sering Kita jumpai saat melakukan beragam pekerjaan. Mengesalkan? Pastinya. Tapi Anda tak perlu khawatir, karena kami akan memberi tips Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Beberapa Langkah Sederhana dan Terbukti Ampuh dan sudah saya praktekkan pada perangkat komputer saya.

Seiring dengan kebutuhan pengguna komputer, banyak orang meninggalkan PC dan mulai beralih ke laptop. Kami Admin web triknews sangat yakin alasannya, karena laptop cenderung tergolong lebih praktis. Meskipun komputer jinjing atau laptop lebih praktis, nggak dapat dipungkiri yang namanya lemot tetap bisa terjadi seperti halnya pada PC.

Supaya laptop kamu tetap whuuuss ngebut, terlebih dahulu yuk simak apa saja penyebab laptop yang suka lemot berikut ini!

Apa Yang Jadi Penyebab Laptop Lemot?

Ada beberapa faktor kenapa laptop lemot ataupun PC kamu menjadi lambat. Dengan mengetahui akar permasalahannya, kamu bisa melakukan pencegahan supaya di masa mendatang laptop dan PC enggak lagi lelet / lambat!

1- Terlalu Banyak Startup Programs.

Beberapa aplikasi akan berjalan di belakang layar secara otomatis ketika kamu mulai menyalakan laptop kamu. Semakin banyak aplikasi yang berjalan otomatis ketika booting, maka akan semakin lambat laptopmu. Segera buka System Configuration untuk mengecek serta menonaktifkannya.


Cara memanggil System Configuration untuk mengetahui Startup apa saja yang sedang berjalan sangatlah mudah, cukup jalankan run dialog (tekan tombol Windows+R) kemudian ketikkan msconfig dan tekan ENTER / OK .

Sekilas fungsi System Configuration
System Configuration merupakan tools dalam system operasi Windows 7 yang dapat membantu mengidentifikasi masalah (problem) yang menyebabkan komputer tidak bisa startup dengan benar dan cenderung lemot. System Configuration ini pada versi Windows XP kebawah sering disebut dengan Msconfig (Microsoft System Configuration Utility).

Dalam System Configuration ini kita dapat melakukan troubleshooting khususnya yang menyangkut proses startup windows. Dalam System Configuration ini kita juga bisa mendisable software, device driver dan windows service yang bisa menyebabkan komputer lambat, atau misalkan kita ingin melakukan pengaturan proses booting misalnya secara default windows dipaksa booting ke dalam “safe mode”.

Dalam jendela System Configuration ini terdapat 5 tab utama, yaitu :

General, Boot, Services, Startup, Tools
Pada Tab General : Berisi pengaturan untuk memilih software atau aplikasi yang harus dibuka saat Windows startup. Disini terdapat 3 pilihan yaitu:
system configuration general
  • Normal startup.
    Windows akan menjalankan semua aplikasi yang telah dijadwalkan berjalan pada saat windows startup.
  • Diagnostic startup .
    Ketika kita mengaktifkan opsi ini, maka pada saat windows akan berjalan, akan muncul pertanyaan terlebih dahulu tentang aplikasi apa saja yang akan kita jalankan atau tidak (kita tinggal ketik Y atau N aja (yes/no) sebagai jawabannya)
  • Selective startup .
    Disini kita bisa memilih dan menentukan aplikasi atau service apa saja yang boleh atau tidak boleh dijalankan saat windows start up. Item-item tersebut sebelumnya kita pilih terlebih dahulu pada tab Startup dan Services. Misalnya ketika kita mendisable beberapa item yang terdapat pada tab Startup maka secara otomatis pilihan Selective Startup ini akan aktif.


Baca juga :

2- Hardisk Hampir penuh 95%

Terlalu banyak data yang tersimpan pada laptop juga menyebabkan performa laptopmu menjadi berat. Menurut seorang pakar yang mengatakan bahwa hardisk yang penuh hingga 95% akan memperlambat komputer hingga 50%.


3- Browser Terlalu Banyak Menginstal Add-ons

Perlu di ketahui bagi anda yang sering menambahkan add-ons ke dalam browser. Telitilah sebelum memasang add-ons karena beberapa di antara Add-ons berpotensi memperlambat kinerja laptop.

4- Banyaknya program yang dijalankan secara bersamaan (multitasking)

Salah satu yang menyebabkan laptop menjadi lemot adalah berjalannya banyak program dalam satu waktu. Hal ini menyebabkan kerja komponen utama laptop, seperti processor cepat panas dan RAM menjadi berat.


5- Terdeteksi Adanya virus atau malware pada laptop anda

Yang namanya virus, kerjaannya pasti merusak. Lebih menjengkelkannya lagi virus ini bisa menggandakan diri (mutasi) dan menjadi penyebab utama kinerja laptop menjadi lambat. Selain merusak data-data penting anda, virus ini juga dapat merusak file-file system yang menyebabkan laptop menjadi lelet dan hang.


6- Terlalu Banyak Browser Tabs yang Dibuka

Percaya tidak percaya, membuka tab terlalu banyak di browser juga menguras RAM laptop. Apalagi kalau situs yang sedang kamu buka memiliki fitur auto-refreshing.

Naaah...agar performa laptop kamu makin wuusss cepat dan nggak lemot , selalu perhatikan 6 Penyebab yang saya sebutkan diatas ya..?

4 komentar :

  1. Kadang temen saya ada yang gak memperhatikan soal hardisk, download-download aja, tau-tau penuh dan lemot. Terima kasih, Mas. Semoga bisa membantu buat yang lainnya.

    BalasHapus
  2. Oohh ternyata hardisk pengaruh juga yaa bila sudah full 95% Nomor 2 dan 3 sering banget saya lakukan...Yaa memang terasa lemot meski terkadang jaringan bagus..

    Ok mas thanks sudah berbagi info.😄😄

    BalasHapus
  3. Pantesan, saya kalo ngakses internet, ga satu tab yang dibuka..

    BalasHapus
  4. karena untungnya laptop buat kerja isinya cuma file tulisan doang dan untuk nyimpen film, musik dan drama korea ada di laptop beda, tapi artikelnya ngasih manfaat buat saya yang gaptek

    BalasHapus