Tampilan Task Manager Berubah, Bagaimana Cara Mengembalikan ke Semula ?

Triknews.id - Cara mengembalikan tampilan task manager yang berubah ke semula untuk Windows XP, Windows Vista, Windows 7. Beberapa hari yang lalu, tampilan task manager saya berubah menjadi aneh, tidak ada sub menu File, Option, dan sebagainya. Awalnya saya tidak terlalu peduli karena saya pikir hanya salah klik dan hanya sementara jadi saya biarin, Namun pikiran tidak nyaman muncul ketika saya tidak bisa mengecek tempratur CPU, RAM serta aplikasi yang aktif di belakang layar.

Usut punya usut ternyata saya pernah tidak sengaja salah tekan pada area books Tak Manager, sehingga menyebabkan laman dialog Taks Manager berubah menjadi aneh seakan tidak memiliki fungsi. Berikut ini adalah tampilan Taks Manager defauld lengkap dengan menu dan opsi pada bagian atas Taks manager.


Taks Manager untuk mengecek sistem program yang aktif.




Taks Manager untuk mengecek tempratur CPU dan penggunaan RAM.


Apa fungsi Windows Task Manager ?

Task Manager sering digunakan untuk memecahkan masalah dalam sistem operasi windows, seperti menutup aplikasi yang tidak bekerja dengan baik atau memantau penggunaan sumber daya sistem. Namun, ada banyak lagi yang dapat kita lakukan melalui Task Manager di Windows XP, Windows Vista, Windows 7.

Baca juga :

Untuk segera membuka Task Manager, klik kanan pada taskbar dan pilih “Start Task Manager”. Anda juga dapat menekan Ctrl + Shift + Esc untuk membuka jendela Task Manager. Windows 8 juga memiliki task manager baru yang lebih bagus, tetapi sebagian dari kita masih banyak yang menggunakan Windows 7.

Task Manager di Windows juga merupakan salah satu program yang penting fungsinya, dari sini kita bisa melacak apa saja proses aplikasi yang sedang berjalan di belakang layar yang tidak kita ketahui yang menyebabkan perangkat lambat membaca (lemot). Tapi salah satu masalah yang kadang ditanyakan mengenai Task Manager adalah tampilannya berubah atau seakan – akan rusak. Jadi tidak ada title bar (judul), menu bar (opsi – opsi), border (batas) aplikasi. Hilang begitu saja. lihat gambar..


Cara mengembalikan tampilan Taks manager yang berubah ke tampilan semula sangat mudah, anda tidak perlu membawa laptop ke bengkel layanan perbaikan, jadi pada gambar diatas, ini bukan Task Managernya rusak atau ada masalah melainkan ini bentuk tampilan alternatifnya yang dinamakan “Tiny Footprint Mode”, sudah didesain begitu dari pembuatnya. Dari ingatan saya dari Windows XP, Windows Vista, Windows 7 dan seterusnya masih bisa dilakukan.

Lalu bagaimana cara mengembalikan tampilan Task Manager ke semula? Cukup lakukan double-click di batas tepi program, bisa bagian atas, bawah, kanan, kiri yang berwarna putih, jika Sudah, Anda akan mendapatkan pada Taks manager ada menubar, title bar, dan tombol – tombol muncul kembali dalam keadaan normal (defauld) seperti gambar paling atas, nomer 1-2.


4 comments :

  1. Ooohh!! Ternyata nggak perlu bawa ke ahli komputer yaa pada masalah seperti itu..Pernah ngalamin setahun yang lalu saya pikir kena virus.. Ternyata.😄😄

    Saya sempat menyuruh teman mengatasinya cuma pada saat itu saya tinggal jadi saya tidak tahu proses kerjanya.. Ternyata tidak terlalu sulit..

    Thanks mas Asnaji info dan triks kerennya..👍👍👍

    ReplyDelete
  2. mas ada juga task manager yang hilang di taskbar. cara mengembalikannya dimana ya?

    ReplyDelete
  3. Belum alami yang tiny footprint mode. Tapi kalau alami sudah tahu solusinya dari pos ini hehehe. Makasih Mas.

    ReplyDelete
  4. Ya ampunnn, postingan ini sederhana, tapi amat sering terjadi dalam kehidupan berlaptop sehari2.
    Apalagi kalau emak2 kayak saya, abis nyalain laptop disambi masak, trus laptopnya di klak klik si bayi, kacaauuuu semuanya hahahah

    ReplyDelete