Ingin jadi Youtuber, Dari mana kreator youtube mendapat bayaran?

Triknews.id - Jadi Youtuber siapa yang membayar?. Di era modernisasi seperti sekarang ini, orang lebih suka dimanjakan dengan hiburan bersifat visual vieo dibandingkan tulisan teks karena dianggap lebih efektif. Maka, tidak heran kalau semakin banyak orang yang bekerja di bidang pembuatan konten video atau YouTuber.

Mungkin, pekerjaan menjadi seorang YouTuber tampak sepele, yakni tinggal rekam video, edit, bagikan di akun YouTube, dan menunggu pembayaran dari pihak perusahaan pengiklan. Lalu, benarkah sesederhana dan semudah itu?




Bagi yang tidak turun ke lapangan, memang akan menganggap pekerjaan ini mudah. Tapi sejatinya, pekerjaan ini membutuhkan upaya yang sangat besar agar bisa menjadi YouTuber sukses.

Telah banyak orang menjadikan Youtube sebagai sumber pendapatan mereka, tentu dengan jumlah yang tidak sedikit. Lumayan besar, tergantung pada jumlah pengunjung dan juga jumlah klik pada iklan yang terdapat di dalam video tersebut. Para youtuber ini pada umumnya memiliki kreatifitas yang tinggi dan mampu membuat video yang viral di dunia maya, sehingga mereka bisa mendapatkan banyak jumlah klik pada iklan mereka.



YouTube kini telah menjadi nama terbesar di dunia internet!. Nama yang bukan hanya menghasilkan uang jauh lebih besar untuk Google, tapi juga untuk sebagian besar penggunanya! Baik direncanakan atau tidak, YouTube berkembang menjadi semacam industri tersendiri, dengan pengguna yang dapat menjadikan YouTube sebagai lahan untuk peluang mendapatkan income, atau bahkan sebagai profesinya!

Rekomendasi untuk anda:
Lagu yang menceritakan Kisah pilu gadis yang terenggut kesuciannya....simak tayangan video ini...kamu pasti nangis..berlinang air mata.


Para kreator konten video ini lebih akrab disebut dengan istilah “YouTuber”. YouTuber, baik individu, kelompok, komunitas, hingga perusahaan besar, memproduksi video- video unik dari hasil ide dan karya sendiri, khusus untuk ditampilkan di YouTube, dan percaya atau nggak percaya, sebagian dari mereka berhasil meraih kesuksesan dan menjadikan YouTube sebagai sumber mata pencaharian. Dengan membuat video sesuai Passion mereka, YouTube membantu mereka menjadi passionpreneur!.

Tetapi tahukah anda, dari mana asal uang atau bayaran para YouTuber ini? Mengingat kita sebagai penonton tidak membayar sama sekali untuk menonton karya mereka, bagaimana mereka mendapatkan uang? baca artikel ini hingga selesai.!




Jadi Youtuber siapa yang membayar?


Pertama, adalah “Monetizing Options” dari Google youyutbe. Ketika YouTuber, atau misalnya Anda, mengupload video di YouTube, Anda diberi pilihan untuk bisa menyalakan pilihan “Monetize” atau memonetisasi video itu. Ini artinya, Anda mengizinkan Youtube/ Google untuk menempatkan iklan di dalam video Anda, dan sebagai timbal baliknya, Anda akan mendapatkan bagi hasil dari iklan itu, dengan pembagian 45 persen untuk YouTube dan 55 persen untuk Youtuber/ Anda. Pada dasarnya, ada tiga jenis iklan yang muncul dan dihitung sebagai sumber income.


Baca juga :

Iklan yang muncul di awal sebelum video, yang disebut “In- Stream Ads”, di pojok kanan atas halaman browser yang disebut “Display Ads”, dan yang ada di bawah video, “Overlay Ads”. YouTube dan Anda, mendapat uang setiap ada yang melihat iklan- iklan ini. Sistem yang digunakan untuk menghitung jumlah pemasukan dari iklan ini adalah CPM, atau Cost Per Mille, artinya, nilai iklannya dibayar per 1.000 view video itu. Artinya 1 dollar AS CPM menunjukkan pengiklan akan membayar 1 dollar AS untuk setiap 1.000 view iklan itu di video Anda.

Kedua, “Brand Deals” Memiliki subscriber dan viewer tinggi artinya Anda punya massa atau follower "subscriber" yang setia melihat video Anda. YouTuber yang memiliki subscriber dengan jumlah yang tinggi bisa menarik banyak potensi untuk sponsor, pengiklan luar YouTube, atau bahkan program investor ke dalam channel youtube-nya, dan ini adalah sumber income lainnya dari YouTuber.



Dengan mendapatkan sponsor, YouTuber bisa mendapatkan bayaran untuk menempatkan brand placement atau iklan di luar sistem Google dalam video mereka, dengan harga yang bervariasi, tergantung sepopuler apa channelnya, dan seberapa tinggi keuntungan para sponsor.

Ketiga, “Celebrity Jobs” pastinya juga sudah Anda perhatikan, belakangan ini makin banyak bintang- bintang artis di media mainstream, dan celebrity nasional ataupun internasional yang lahir dari YouTube. Beberapa dari mereka bahkan sukses mendunia, seperti Justin Beiber dan Psy. Dari Indonesia sendiri, kita kenal Eka Gustiwana, Sacha Stevenson, Atta Halilintar atau program sukses dari Raditya Dika yang lahir dari YouTube dan pernah ditayangkan di Hitam Putih trans7 TV.

YouTuber membuka diri dari bakat dan karakter untuk umum, dan dengan ini, membuka peluang untuk mendapatkan proyek- proyek publik, dari menjadi public speaker, TV host, sampai aktor di film layar lebar.

Dan inilah potensi income ketiga dari YouTuber. Buat saya pribadi, yang paling keren dari YouTube, adalah saya bisa membuka kesempatan, kemungkinan, ataupun peluang untuk bisa langsung terhubung dengan pembisinis dan investor secara umum dan masyarakat global. Dan dengan peluang ini, saya mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan apa yang saya sukai, membuka pasar, membuat video sesuai passion saya, dan membangun Channel Youtube sebagai tambahan penghasilan selain dari pekerjaan dan kegiatan saya sehari-hari!

Trimaksih...salam triknews, ketemu lagi nanti di internet.

This Is The Newest Post

44 comments :

  1. Lumayan nih penghasilan sebagai Youtuber.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Youtuber lama tapi.
      Youtuber baru butuh proses waktu yang panjang...

      Delete
    2. Paling tidak butuh waktu 3 bahkan sampai 5 tahun,
      Tergantung kwalitas dan seberapa banyak konten videonya Mbak Evi

      Delete
  2. Adsen,..semua blogger rata-rata dapat penghasilan dari adsen ya mas 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penghasilan adsense jika di padukan dengan penghasilan youtube andai akun sudah di monetisasi maka tingkat pendapatan akan semakin cepat

      Delete
  3. Kalo tampang ganteng bisa kayaknya bisa cepet banyak viewernya. Kalo kayak saya bisa mual2 yang nonton

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah jangan begitu dong...
      Youtuber pemula umumnya malu malu di depan kamera,

      Tetapi dengan latihan ngehost didepan kamera smartphone sendiri terus menerus, lama lama akan terbiasa, muncul PD gitu lhoo

      Delete
    2. Bang day ini jadang-kadang lucu juga ya,..😂😂😂

      Delete
    3. eh ada bang Anyu... jadi malu

      Delete
  4. Wah YouTube-ku stagnan di angka 399 subscribers... bikin video tak semudah bikin artikel hikss

    Iya, celebrity jobs bisa jadi dari Youtube atau malah kebalikannya, dari selebriti bikin channel juga dan tentu saja karena popularitas itu mereka gampang banget membangun channel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.... bikin video butuh keahlihan editing..konten dasar, file dan macem-macem...kesediaan kuota harus full....

      Delete
  5. Yup... Kelihatannya emang mudah. Padahal ada perjuangan yang tidaknkita lihat dibalik layarnya.
    Apalagi untuk YouTuber yang bukan artis atau yang memulai jumlah subscribenya bukan karena dia sudah dikenal banyak orang, untuk mencapai video dimonetisasi, tentunya butuh perjuangan sendiri.

    ReplyDelete
  6. Perlu modal gede nih untuk nyiapin alatnya seperti kamera. Tapi klo hasilnya setimpal sih gak apa2 ya. he..he

    ReplyDelete
  7. Sama kaya google adsense begitukah kira2 gan.

    ReplyDelete
  8. perlu kesabaran karena persyaratan makin ketat. bener sih aturan harus diperketat karena ada oknum yang mengambil untung dengan membajak video orang lain.

    ReplyDelete
  9. Tapi sayangnya algoritma youtube yang sekarang benar-benar menyulitkan youtuber baru, 1000 subs dan 4000 wactchtime dalam waktu setahun. Banyak youtuber baru yang mati karena hal itu dan belum lagi sekarang kuantitas yang paling di junjung, siapa yang bisa setiap hari buat vidio maka dia akan cepat sukses di youtube.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia .., paling suliiit adalah ngejar minimal jam tayang sejumlah 4000 jam.

      Itu bukanlah hal mudah.
      Harus rutin saling kunjung antar youtuber dengan persyaratan berkomentar setelah menonton lebih dari 2 menit ..., barulah berkomentar.

      Berkomentar kurang dari 2 menit nontonnya, komentar akan masuk sebagai spam.
      Spam : nyampah.

      Delete
  10. Ternyata jalannya gak semudah melupakan mantan ya, wkwkwkwk. Butuh kerja keras dan kreativitas untuk menjangkau semua itu.

    Sementara saya masih fokus di blog, untuk YouTube entah kapan akan mulai.

    Paling mudah ya artis, karena mereka udah punya nama dan dikenal masyarakat.. makanya gak heran banyak artis yang ikutan bikin channel, ladang kita diambil para artis yang kurang puas dengan penghasilannya

    ReplyDelete
  11. aku cuma nggak punya waktu bang untuk jadi youtuber

    ReplyDelete
  12. Wow wow wow...

    Akakku merambah jadi yutuber sekarang nih eh? Memang sekarang makin ke sini orang makin malas baca, dan lebih nyaman dengarkan penjelasan di video. Sepertinya. Hehe

    ReplyDelete
  13. Saya itu sebenarnya mau jadi konten creator mas, seperti seorang youtubers cuma terkadang sulit membagi waktu 😀

    ReplyDelete
  14. Cuma sekarang syarat untuk bisa di monetize semakin berat saja ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul....syarat untuk menjadi youtuber itu mudah,

      Yang berat itu syarat untuk memonetisasi konten videonya

      Delete
  15. Youtube aku kena ban, mas...yang kedua saya bikin cuma buat melengkapi tutorial koding

    ReplyDelete
  16. jaman sekarang semakin canggih, cari duit bisa lewat youtube, sebenernya kepengen sih, cuman setelah lihat syarat-syaratnya itu yang berat banget, jadi rada pesimis, mending saya jadi blogger saja :D

    ReplyDelete
  17. untuk itu saya mulai membuat konten di youtube juga, wheheh,,,, bisa dapat penghasilan ini enak, sama seperti blog.

    sebenarnya sekarang kalo mau cari uang di internet mudah, asal tau triknya aja

    ReplyDelete
  18. Aku punya youtube dr jaman belum di beli google 😃
    Nggak ada subscripe jadi mau update jg malas hihi
    Tapi tergantung viewer sih soalnya sama kaya adsense web

    ReplyDelete
  19. Saya pikir kalau udah seratus ribuan subcriber, penghasilannya besar dan auto kaya, tapi ternyata biasa aja, banyak pengakuan menyedihkan yag beredar,

    sepertinya blogger juga bisa berpotensi lebih besar dibandingkan yt karena sama2 pakai platform iklan yg sama, bisa dibayakan aja kalau seandainya satu orang blogger, mengelola misalnya 50 blog/aplikasi/web, yang di monetize, belum lagi tambahan bisnis2 diblognya, yah itu itungan orang yng bukan non artis, kecuali kalau lu artis dan famous, dengan 11 jt sub, mungkin auto kaya,,, hahah

    tapi meskipun banyak yang gembor2in kalau diblog juga bisa menghasilkan tapi saya yakin tidak semua orang mau mencobanya... :D tapi kita tetep harus ikut tren, youtube jalan, blog juga harus jalan, semua org memang punya passion masing2..

    ReplyDelete
  20. Wahhh pengen banget jadi yutuber, tapi susah banget naikin viewersnya weh

    ReplyDelete
  21. jadi blogger aja deh mas, ga bakat edit video haha

    ReplyDelete
  22. Sekarang channel youtube artis banyak yang keren tuh dan subscribersnyapun banyak banget,..😀

    ReplyDelete
  23. 55 persen untuk youtuber tergolong besar juga ya. Kapan saya bisa segera gajian ya, atau setidaknya diundanglah biar jadi selebriti gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha kalo di onlen scara organik mah harus sabar bnyk banyak mas:( kalau cpt tuh bsa bayar dapt bnyk viewer dan pakai banyak tool. bayar mahal sih

      Delete
  24. Keliatan menjanjikan banget ya YouTube ini :D

    ReplyDelete
  25. Zaman sekarang ada banyak jalan buat mencari uang ya, asal kreatif dan mau usaha aja.
    Makin banyak loh orang2 yang memutuskan jadi yutuber, meskipun kadang saya risih liat kontennya kebanyakan ngeprank gaje gitu hehehe.

    ReplyDelete
  26. Hai Kak... Aku belum ada ketertarikan menuju ke dunia youtube sih karena lebih susah dari blog... Maksudku, ribet dibalik layarnya. hehehe...
    Harus bikin video, editing, dan segala macamnya.

    Tapi, kalau dilihat dari pembayarannya, sebenarnya jadi youtuber itu lebih enak. Hal ini karena sebanding sama kerja kerasnya sih Kak.

    Btw, semangat untuk para youtuber!

    ReplyDelete
  27. Tadi sudah kutonton tih video mas admin ngelumurin badan gedenya pakai pasir 😆 ...

    Kok ngga sekalian nyebur menyelam ke laut kayak putra duyung 😅 ?

    Catatan tambahan :

    Durasi video yang jadi persyaratan monetisasi adalah durasi tayang minimal 3 menit.
    Jadi, buat mas admin kalau mau diapprove monetisasi youtubenya harus rutin upload video dan bikin video dengan minimal durasi 3 menit.

    Semoga infoku ini membantu.

    ReplyDelete
  28. penghasilan dari youtube mirip2 dr blog yaaa

    ReplyDelete
  29. Youtuber sekelas Atta Halilintar iklan & subscriber yang ngejar-ngejar dia, tapi untuk pemula, jujur persaingannya sangat berat, untuk berlomba-lomba mengejar subscribe dan iklan tentunya butuh usaha keras, cerdas, & keberuntungan. Nice info

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul....apa yang adik katakan...vlogger sekelas Atta diuber uber para pengiklan

      Delete
    2. Masak sih...nanti saya cek.
      lhoo..

      Delete
  30. Kalau saya dari dulu tidak pede jadi youtuber, jadinya jadi blogger aja hehe

    ReplyDelete