Pentingnya Membuat Link Nofollow Pada Setiap Postingan Review

Pentingnya Membuat Link Nofollow Pada Setiap Postingan Review Agar Blog Tetap SEO - Sebagai blogger pastinya hampir semua sering menerima tawaran atau pembuatan konten review yang didalamnya terdapat link keluar yang menuju ke web orang lain, nah disinilah kita sebagai admin blogger sangat penting untuk mengetahui Apa itu link Dofollow dan Nofollow serta bagaimana cara yang benar menerapkanya didalam postingan.


Google sendiri sangat menganjurkan agar lebih seleksi dalam menyertakan link keluar pada setiap konten review, khususnya link Nofollow, bukan hanya kepada blog yang sering mendapat tawaran review, tapi juga kepada blog yang sering membuat ulasan tentang produk atau aplikasi tertentu secara sukarela alias tanpa di bayar.

Seperti rekomendasi Google baru-baru ini yang mengeluarkan imbauan kepada seluruh blogger di dunia agar mengurangi pemberian link dofollow kepada situs-situs yang sedang direview.

Imbauan Google ini memang bersifat umum kepada blog-blog yang sering kali mendapat pesanan review. Jika memang harus terpaksa memberi link ke situs produk yang sedang di review, sebaiknya menyertakan link mode nofollow saja, hal ini bertujuan agar Boot Google secara khusus melakukan crawl (perayapan) hanya link tautan milik website kita sendiri saja, karna setiap kali Boot Google melakukan perayapan pada peta situs Google Boot akan mengindex semua URL sampai ke akar-akarnya.

Begitupun juga para pengiklan review kebanyakan dari mereka tidak menyoalkan link nofollow ataupun dofollow, yang penting dalam satu konten review ada setidaknya 2 link keluar yang mengarah ke situs mereka, begitu postingan selesai dipublis lalu meminta url segera dikirim ke kontak mereka.

Link tujuan nofollow dan dofollow memang sangat tipis perbedaanya tetapi fungsinya sama, yaitu sebuah perintah untuk mengalihkan dari halaman situs kita ke halaman situs lain, hanya saja Link tujuan nofollow dan dofollow lebih mengarah untuk mengisyaratkan kepada Boot Google agar menyeleksi mana link yang harus di indeks dan mana yang tidak.

Biasanya tautan dofollow disematkan di dalam kata kunci yang ditargetkan. Hal ini untuk memperkuat nilai SEO dari suatu konten.

Secara manual kita dapat melakukan pengecekan apakah tautan tersebut dofollow atau nofollow. Caranya dengan melihat baris kode di bawah ini.

Contoh link nofollow
<a href=”https://www.triknews.id/” rel=”nofollow”>triknews</a>

Secara default Google telah menyediakan link dofollow dalam edit html postingan, jadi setiap link dalam postingan akan otomatis dofollow jadi kita tidak perlu melakukan apa-apa atau mengedit link kalau berniat membuat link dofollow.

Contoh link dofollow
<a href=”https://www.triknews.id/”>triknews</a>

Jika ingin memberikan link nofollow kepada orang lain dalam setiap membuat konten review sebaiknya link tersebut ditautkan dalam teks yang mengandung kata kunci tertentu sesuai tema review agar saat Google melakukan perayapan, kata kunci yang disematkan pada link langsung di index dengan cepat, dengan demikian admin blog dan pemasang iklan konten review sama-sama mendapat keuntungan.

5 comments :

  1. Dampaknya apa mas ke kita kalo kebanyakan link dofollow?

    ReplyDelete
  2. Tapi kebanyakan klien meminta link dofollow untuk tulisan review mereka, karena harapannya link tersebut bisa menambah nilai SEO ke web mereka, apakah demikian tidak masalah? atau bakal menyebabkan dampak yang tidak bagus untuk blog kita?

    ReplyDelete
  3. Berat euy, soalnya kalo kaitan sama job pada mintanya link dofollow hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah... Nggak tuh bang, dari sekian banyaknya para pengiklan yang pernah mampir kesaya mereka tidak menyoalkan link nofollow ataupun dofollow.

      Yang penting dalam satu konten review ada 2 link keluar yang mengarah ke situs mereka, postingan jadi lalu kirim url. gitu sudah selesai.

      Delete
  4. Saya ga pernah utak atik yang itu deh. Adanya cuma ketik dan publish, udah segitu doang!

    ReplyDelete